Bear Market Tiba! Charles Hoskinson Prediksi Cardano Tetap Sehat

Naufal Muhammad

11th May, 2022

Pergerakan yang negatif terhadap pasar crypto telah memicu beberapa analis dan tokoh besar di dunia crypto untuk menyatakan bahwa saat ini investor telah masuk ke bear market.

Salah satunya adalah Charles Hoskinson yang menyatakan bahwa saat ini bear market telah dimulai.

Walau begitu, ia masih positif bahwa Cardano akan tetap tumbuh sebagai perusahaan terutama dari sisi keuangan. 

Crypto Masuk Bear Market 

Dalam sebuah cuitan di Twitter, Hoskinson menyatakan bahwa saat ini pasar crypto telah memasuki bear market namun masih menyatakan kehebatan Cardano (ADA). 

Ia menyatakan bahwa saat ini Cardano tumbuh sebagai salah satu jaringan terkuat dan tercepat dan bergerak untuk lebih terdesentralisasi.

Ia juga menyatakan bahwa Cardano terus tumbuh tidak hanya dari teknologi namun juga dari sisi komunitas dan adopsi. 

Setelah menyatakan perkembangan tersebut, Hoskinson juga menyatakan bahwa saat ini crypto sedang memasuki bear market. 

Pernyataan ini dinyatakan untuk menanggapi banyaknya investor ADA yang kecewa karena walau bertumbuhan jaringan baik namun harga ADA tidak naik. Ia menyatakan, 

“Iya ini bear market. Itu yang terjadi. Tidak ada yang bisa diubah (Harga ADA). Tidak ada pengumuman yang bisa membuat perubahan (Harga ADA). Cardano bisa menyembuhkan kanker, memberikan kejantanan berlebih, memberi robot yang pandai berjudi, mengantar orang tua kalian ke gereja, dan Cardano akan tetap turun (Harganya).”

Intinya pernyataan tersebut adalah cara Hoskinson atau Pendiri Cardano untuk menyatakan pada investor bahwa tidak ada sentimen positif yang bisa mendorong harga Cardano naik. 

Baca juga: Jangan Panik! Ini Dia Tips Hadapi Bear Market

Charles Hoskinson Tetap Positif 

Pernyataan tersebut tidak dilontarkan untuk menjatuhkan semangat investor ADA karena setelah pernyataan tersebut, Hoskinson memberi pernyataan lain. 

Ia menyatakan bahwa Cardano melalui IOHK, atau perusahaan yang mendirikan Cardano, akan terus tumbuh sebagai perusahaan.

Hal ini dikarenakan dana cadangan dan keuangan perusahaan yang masih sehat dan bisa mendanai ekosistemnya. 

Pernyataan ini disetujui oleh salah satu ekosistemnya yaitu dcSpark melalui Kepala Bidang Teknologinya dan Manajer Bidang Produk Cardano di EMURGO

Mereka menyatakan bahwa berkat adanya dana yang besar milik Cardano, mereka tetap bisa membangun dan tumbuh dalam ekosistem Cardano dengan baik. 

dcSpark menjadi salah satu ekosistem terkuat untuk Cardano karena mereka dalam rencana untuk meningkatkan kualitas lapisan-lapisan pada Blockchain Cardano serta memberi aplikasi dan tampilan yang lebih ramah untuk developer dan pengguna. 

Salah satu proyek tersukses dcSpark adalah Milkomeda yang mempermudah developer untuk memindahkan proyeknya dari ekosistem Ethereum ke ekosistem Cardano. 

Kondisi ini membuktikan bahwa ekosistem Cardano masih kuat dan walau harga ADA bergerak turun, kemungkinan besar IOHK akan terus menjaga keberadaan Cardano melihat banyaknya dana yang dimiliki. 

Charles Hoskinson terlihat percaya diri dan karena kondisi perusahaannya yang sehat ini ia berani membalas ejekan yang sebelumnya pernah dilakukan oleh Do Kwon, CEO Terra (LUNA). 

Ia mereferensikan ejekan yang sebelumnya dinyatakan oleh Do Kwon terkait harga ADA yang terus turun, melihat harga LUNA yang saat ini turun drastis. 

Melihat kepercayaan diri Hoskinson, kemungkinan besar Cardano akan menjadi sebuah proyek jangka panjang dan walau harga koinnya turun, keberadaannya akan bertahan dalam waktu lama. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.