Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Jangan Panik! Ini Dia Tips Hadapi Bear Market

Tahun depan diprediksi bear market akan tiba jika mengacu dengan siklus halving Bitcoin secara umum.

2016 saat halving Bitcoin kedua terjadi, setahun berselang harga Bitcoin meroket mendekati $20.000, sayangnya di  2018-2019 Bitcoin mengalami fase bear market dan harga yang cenderung stagnan.

Selanjutnya saat halving ketiga 2020, harga Bitcoin sentuh all time high di angka $68.789 setara dengan 980 juta Rupiah.

Apabila siklus ini berulang maka tahun depan diprediksi bear market akan tiba.

Namun investor diharapkan tidak panik apabila bear market tiba, ada berbagai cara untuk menghadapinya. Berikut ini caranya.

Menjual Aset di Portofolio Jangka Pendek

Salah satu cara untuk fokus melakukan investasi crypto adalah membagi portofolio investasi untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk crypto jangka panjang bisa disimpan lebih lama asalkan investor mengetahui untung dan risikonya serta memiliki kepercayaan terhadap perkembangan aset tersebut.

Portofolio jangka pendek ada baiknya dijual saat bear market tiba, namun dijual sedikit demi sedikit.

Biasanya para investor menjual aset ketika profitnya menyentuh 20%-40%, namun tingkatan ini menyesuaikan tergantung keinginan dan kebutuhan investor.

Aset dalam portofolio ini umumnya, memiliki fundamental kurang baik namun memiliki potensi kenaikan yang cukup menarik.

Berpikir Jangka Panjang

Momen bear market dapat berfungsi sebagai katalis sempurna untuk beberapa investasi cryptocurrency jangka panjang untuk ditambahkan ke portofolio.

Dengan harga yang rendah, fokuslah pada investasi yang akan terbukti bermanfaat dalam jangka panjang karena investasi jangka pendek cenderung tidak menguntungkan dalam fase bear.

Mengingat betapa fluktuatifnya pasar cryptocurrency, berpikir jangka panjang bisa menguntungkan. Contohnya, nilai Bitcoin sekitar $4.000 pada Maret 2020.

Pada Januari, tahun ini, mencapai lebih dari $33.000, dengan hasil Bitcoin di 2020 berhasil memberikan pengembalian lebih dari 800 persen hanya dalam delapan bulan.

Namun untuk jangka panjang ini pilihlah aset crypto yang memiliki potensi dan ekosistem yang bagus.

Dollar Cost Averaging

Kondisi pasar yang turun bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembelian crypto yang bermanfaat dalam jangka panjang.

Sebab, belanja crypto di momen ini bisa mendatangkan keuntungan di masa depan, namun sebaiknya dilakukan dengan metode dollar cost averaging, yakni membeli sedikit demi sedikit sambil melihat arah pergerakan pasar.

Metode ini berguna untuk mengontrol modal dan meminimalisir rugi dalam membeli aset secara berlebihan.

Pasang Posisi Short

Jika kamu adalah trader yang aktif, maka memasang posisi short perlu dipertimbangkan, ini termasuk short selling, shorting options/kontrak berjangka,menggunakan pasar prediksi dan banyak lagi.

Masing-masing metode ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan selalu merupakan ide yang baik untuk membiasakan diri dengan masing-masing sebelum mempertaruhkan jumlah yang besar.

Jika kamu memutuskan untuk memasang posisi short pastikan kamu sudah melakukan melakukan manajemen risiko yang tepat dan memasang stop loss agar tidak rugi jika pergerakan pasar berbalik arah.

Belajar Crypto Lebih Lanjut

Bear market merupakan waktu yang tepat untuk belajar lebih lanjut soal crypto dan mengetahui mana crypto yang memiliki fundamental bagus dan “tahan banting” menghadapi penurunan pasar.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen ini untuk bersosialisasi dan mengenal lebih banyak trader ahli yang bisa menambah perspektif baru soal crypto.

Itu dia berbagai cara yang bisa kamu lakukan saat bear market crypto tiba yang bisa kamu coba.

Top exchange
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Pintu
17 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

17 Ulasan
Daftar