Cardano Dinilai Agresif, SOL, ALGO, XTZ, NEO Ketinggalan Jauh!

Nabiila Putri Caesari

10th August, 2022

Sebuah laporan penelitian menjelaskan bahwa Cardano (ADA) sedang mendapatkan sentimen positif secara agresif, jika dibandingkan dengan Solana, Algorand, Tezos dan NEO.

Penilaian tersebut dilakukan menjelang Upgrade Vasil yang dinanti dan diharapkan membawa peningkatan dalam teknis.

Pada Rabu (9/8/22), pakar analis riset Messari membagikan laporan penelitian di Twitter. Jika diamati dari dekat, nilai Solana jauh lebih di bawah daripada Cardano. Tetapi lebih tinggi dari Algorand, Tezos dan NEO.

Baca juga: 7 Proyek Crypto Terkemuka di Blockchain Tezos

Dengan transaksi harian Cardano bernilai 62.000, nilainya jauh lebih rendah dibandingkan dengan Algorand yang lebih dari 296.000, sedangkan untuk Tezos 208.000 dan 174.000 untuk NEO.

Selain itu, dalam tweet merinci bahwa total nilai keuangan DeFi ADA berada di bawah Solana dan Algorand, sementara pendapat setiap tahunnya melampaui semua pesaing kecuali Ethereum.

Agresif Secara Harga

Ketika didasarkan pada nilainya, Messari menyatakan secara harga Cardano lebih agresuf, yang didasarkan pada nilai yang dikunci pada aplikasi DeFi-nya, dan kelipatan transaksinya yang didasarkan pada transaksi harian mata uang crypto. 

Messari juga memaparkan sebagian dari laporan tentang blockchain yang kompatibel dengan bear market, seperti Polygon dan Avalanche, yang kompatible dengan Ethereum Virtual Machine.

Berdasarkan laporan tersebut, harga ADA akan dinilai lebih agresif lagi setelah hard fork Cardano. Hard fork Vasil akan melibatkan empat proposal penyempurnaan Cardano (CIPs).

Tentu diharapkan peningkatan kinerja yang secara “besar-besaran” ke jaringan cryptocurrency. Walaupun upgrade hard fork Vasil ditunda lagi. Tetapi investor tetap percaya untuk itu, bersama data halaman harga dari Coinbase.

Menunjukkan bahwa pengguna pertukaran crypto yang terdaftar di Nasdaq memiliki waktu penahanan ADA lebih dari 153 hari. Maksudnya trader di platform memegang aset mereka selama itu sebelum “menjualnya atau mengirimnya ke akun atau alamat lain”.

Terlepas dari itu, seorang influencer sekaligus whale bereaksi terhadap laporan tersebut, ia memberikan tanggapan pada Messari karena menggunakan “tabel yang sia-sia”. Menurut pandangannya, ia percaya bahwa total nilai yang dikunci adalah “permainan statistik”.

Saat penulisan artikel, jumlah total wallet di blockchain ADA telah melampaui 3,5 juta.

Selain itu, karena proses pengembangan proyek hard fork Vasil, jumlah kontrak pintar mencapai tonggak baru di atas angka 3.000. Tentu mengesankan untuk pertama kalinya dalam sejarah crypto.

Baca juga: Bear Market Tiba! Charles Hoskinson Prediksi Cardano Tetap Sehat

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.