Buff Doge Coin Koreksi Nyaris 100%, Tuduhan Scam Beredar

Naufal Muhammad

3rd November, 2021

Buff Doge Coin (DOGECOIN) merupakan salah satu crypto terbaru yang nampaknya telah mengalami ketertarikan yang cukup tinggi.

Ketertarikan yang cukup tinggi ini terlihat dari kuatnya publikasi dan juga komunitas yang ada serta apresiasi harga yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Tercatat sejak 25 Oktober 2021 hingga 2 November 2021, Buff Doge Coin telah mengalami apresiasi lebih dari 4000% hingga harga tertingginya.

Sayangnya, dari harga tertingginya tersebut, crypto ini sempat mengalami koreksi yang cukup signifikan dalam satu hari yaitu lebih dari 90%.

Akibat koreksi ini, banyak pelaku pasar crypto yang menuduh bahwa tim proyek ini melakukan penipuan atau scam. Tapi apakah tuduhan itu benar?

Buff Doge Coin Dituduh Scam

Tercatat bahwa pada 2 November 2021, Buff Doge Coin mengalami koreksi sekitar 91,94% hingga harga terendahnya pada hari tersebut.

Koreksi ini membuat banyak pelaku pasar crypto terutama melalui Twitter, menganggap bahwa tim proyek telah melakukan penipuan.

Walau tidak ada konfirmasi nyata terhadap tuduhan tersebut, nampaknya banyak pihak yang ikut serta mendorong FUD Scam terhadap Buff Doge Coin.

Tapi dalam banyaknya tuduhan yang beredar ini, komunitas Buff Doge Coin, yang berisi tim dan investornya masih terlihat kuat.

Pihak proyek melalui Twitternya memastikan bahwa proyek ini bukan penipuan dan semua tuduhan hanya berupa FUD atau tuduhan palsu.

Umumnya saat terjadi Rug Pull atau hilangnya tim bersama uang melalui tekanan jual besar, sosial media dan pihak tim akan menghilang tanpa kabar.

Kondisi masih aktifnya sosial media Buff Doge Coin dapat menjadi pertanda bahwa crypto ini tidak melakukan penipuan untuk saat ini.

Tercatat juga bahwa komunitas masih terus kuat mendorong publikasi dan ketenaran Buff Doge Coin terutama di Indonesia.

Jadi secara menyeluruh, walau saat ini koreksi cukup signifikan, pemilik token ini nampaknya masih terlihat positif bahwa harganya masih bisa naik bahkan mencapai satu rupiah.

Potensi Alasan Koreksi Dalam

Banyak kabar bahwa koreksi ini terlihat terjadi akibat adanya pihak internal yaitu developer yang mengambil dana simpanan.

Terdapat penjelasan yang beredar bahwa developer mengambil sebagian dari 20% dana likuiditas oleh tim untuk kebutuhan periklanan dan pemasaran.

Umumnya saat developer mengambil dana, koreksi terjadi cukup besar akibat tekanan jual yang terjadi dalam waktu singkat dengan volume tinggi.

Kondisi tersebut sering terjadi pada kasus rug pull, namun pada kasus rug pull, umumnya developer dan tim proyek akan menghilang tanpa kabar.

Kondisi ini berbeda dengan Buff Doge Coin dimana timnya masih terlihat aktif terutama melalui sosial media Twitter.

Dapat dilihat dari cuitan di atas bahwa tim menjelaskan 20% dana yang dimilikinya telah dijual untuk kebutuhan pendaftaran di bursa dan pemasaran.

Jadi ada kemungkinan koreksi besar ini terjadi akibat pengambilan dana yang nampaknya juga berpengaruh pada beberapa pihak yang khawatir dan menjual karena panik.

Namun, kepanikan ini juga bisa divalidasi akibat koreksinya yang terlihat cukup signifikan dari grafiknya.

Grafik Harian DOGECOINUSD

Tapi untuk investor atau trader yang sudah nyaman dengan crypto “micin” atau yang berisiko tinggi, kondisi ini masih sangat wajar.

Asumsi tersebut juga memvalidasi mengapa masih kuatnya komunitas token ini untuk terus menyimpan dan membantu memasarkan hingga saat ini.

Walaupun begitu perlu diingat lagi bahwa jenis crypto ini adalah crypto yang memiliki risiko tinggi dan memiliki potensi keuntungan tinggi.

Jadi sebelum membeli pastikan bahwa jenis crypto ini cocok untuk kondisi keuangan dan juga psikologis serta selalu gunakan uang yang rela untuk hilang.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.