BTT Naik 30% Lebih Membentuk Harga Tertinggi Baru, Ini Penyebabnya

Naufal Muhammad

1st April, 2021

BitTorrent (BTT) naik lebih dari 30% menuju harga tertinggi barunya dalam dua hari sebelum terkoreksi kembali pada hari ini, 1 April 2021.

Apresiasi ini membuat BTT naik dalam kapitalisasi pasar hingga $5 Miliar atau Rp73 Triliun, namun apa sebenarnya penyebab di balik apresiasi ini?

BTT Naik 30% Lebih Sentuh Harga Tertinggi

BTT, token dari BitTorrent, protokol pertukaran data secara peer-to-peer, telah naik lebih dari 30% hanya dari 30 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021.

Hingga saat ini, belum ada alasan secara fundamental yang jelas sehingga BTT naik secara signifikan hingga harganya saat ini.

Namun, token ini memperlihatkan apresiasi secara teknikal hingga lebih dari 120% hanya dalam satu pekan di pertengahan Bulan Maret.

Baca juga: Token BitTorrent Terjual Dalam 15 Menit, Kumpulkan Lebih dari $7 Juta

Sejak saat itu, BTT mengalami apresiasi yang signifikan hingga saat ini tanpa adanya kabar terbaru mengenai proyek perusahaannya.

Namun, beberapa hal diduga menjadi sentimen positif untuk BTT yaitu fitur staking tokennya pada Poloniex dan sentimen positif dari pendiri Tron, Justing Sun.

Sentimen Positif dari Poloniex dan Justin Sun

Pada 25 Maret, bursa crypto Poloniex, yang salah satu pemiliknya adalah Justin Sun, baru saja mengumumkan fitur staking untuk BTT.

Pengumuman staking tersebut diduga menjadi penyebab mengapa permintaan BitTorrent meningkat secara mendadak.

Hal tersebut kemungkinan datang dari potensi keuntungan yang dapat diraih pada bursa tersebut melalui membeli dan juga melakukan staking dengan BTT. Poloniex menyatakan,

“Dengan fitur staking di Poloniex pengguna dapat menghasilkan imbalan dan tetap memiliki fleksibiltas untuk jual beli, deposit, dan menarik crypto dari Poloniex kapan saja. Pengguna juga dapat menghasilkan imbalan dari staking hingga memutuskan untuk berhenti staking.”

Selain itu, BitTorrent juga terus mendorong narasi terkait Non-Fungible Token (NFT) oleh Justin Sun. Pada 29 Maret 2021, BitTorrent menyatakan,

“Justin Sun mengumumkan peluncuran resmi dari dana #JUST NFT dan rencana untuk mengangkat beberapa seniman tingkat tinggi sebagai penasihat dana ini. Gabung bersama kami untuk petualang yang dipimpin oleh JUST NFT!”

Mengingat BitTorrent Token sudah diakuisisi oleh Tron, sentimen positif dari Justin Sun dapat memiliki dampak besar terhadap BTT.

Saat ini sentimen dari media sosial juga terlihat positif terhadap BTT dengan data Cointelegraph memperlihatkan persepsi positif sekitar 377% lebih tinggi sebelum apresiasi dimulai.

Oleh karena itu, saat ini apresiasi dari BTT terlihat terjadi akibat sisi teknikal yang didukung oleh beberapa sentimen positif, termasuk pulihnya Bitcoin.

Diprediksi Masih Bergerak Positif

Saat ini dominasi Bitcoin berada di 60% dengan kapitalisasi Altcoins yang menyentuh nilai tertinggi pada 31 Maret 2021.

Baca juga: Tron Foundation Resmi Mengakuisisi BitTorrent

Ke depannya, BTT masih terlihat memiliki potensi untuk naik lebih tinggi jika dilihat dari sisi teknikal.

BTT terlihat positif dari sisi teknikal akibat pergerakan harga yang masih dalam zona apresiasi.

Saat ini BTT sedang mengalami koreksi setelah apresiasinya yang signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Namun, koreksi ini masih terlihat wajar akibat masih belum melewati batas pengaman apresiasi hingga saat ini.

Pergerakan Harian BTTUSD

Batas pengaman terlihat berada pada $0,0048 yang jika ditembus dapat membawanya ke batas pengaman pada $0,0045.

Jika terus ditembus, kemungkinan besar potensi apresiasi akan hilang ke depannya akibat keluar dari zona apresiasi.

Tujuan apresiasi saat ini kemungkinan besar berada pada $0,0051 setelah koreksi, yang jika ditembus dapat membawanya ke $0,0055.

Dalam jangka panjang, tujuan berikutnya terlihat berada pada sekitar $0,0092 yang berada di daerah 161,8% Fibonacci Extension.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.