Berita Industri · 8 min read

Brasil Setujui ETF Spot Solana Pertama di Dunia

ETF Spot Solana Brazil

Komisi Sekuritas dan Bursa Brasil (CVM) telah resmi menyetujui peluncuran exchange-traded fund (ETF) spot Solana pertama di dunia.

Dikelola oleh QR Asset dan Vortx, produk keuangan inovatif ini diharapkan akan diluncurkan dalam waktu 90 hari ke depan, setelah mendapatkan persetujuan lebih lanjut dari bursa saham utama Brasil, B3.

Persetujuan ETF spot Solana di Brasil. Sumber: Cointelegraph.

B3 berperan penting dalam mengadopsi tren kripto, dengan mendaftarkan beberapa ETF, termasuk ETF Bitcoin dan ETF Ethereum, antara tahun 2021 dan 2022. Baru-baru ini, pada bulan Maret 2024, perusahaan tersebut mulai menawarkan ETF iShares Bitcoin Trust (IBIT) milik BlackRock.

Baca juga: Meme Coin Solana Catat Rata-rata Keuntungan 8.000%, Lampaui Ethereum

ETF spot Solana Dikelola QR Asset

ETF spot Solana dikelola oleh QR Asset, sebuah perusahaan terkemuka yang dikenal dengan ETF Bitcoin dan Ethereumy yang merupakan tonggak penting untuk hadirnya ETF kripto lainnya.

Vortx akan menangani operasional ETF ini dengan menggunakan Indeks Referensi Dolar Solana CME CF F sebagai acuan. Indeks ini, yang dikembangkan oleh Chicago Mercantile Exchange (CME) dan Crypto Facilities (CF), mengumpulkan data dari beberapa bursa terpercaya untuk menawarkan ukuran nilai Solana dalam dolar AS yang akurat dan transparan.

Meskipun ada perkembangan ini, tidak ada dampak signifikan pada harga Solana. Saat penulisan, Solana diperdagangkan pada harga US$154, hanya, dua persen dalam 24 jam terakhir.

Sementara itu, AS menyaksikan perkembangan serupa di sektor ETF Solana. Pada bulan Juni, perusahaan investasi VanEck dan 21Shares mengajukan permohonan ETF spot Solana kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Selain itu, pada bulan Juli, Chicago Board Options Exchange (CBOE) mengajukan formulir 19b-4 untuk ETF Solana kepada SEC, yang mengundang komentar publik atas usulan perubahan aturan ini.

Baca juga: ETF Solana Diproyeksi Disetujui pada Maret 2025

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.