Bitcoin Turun, Market Cap Crypto Kehilangan $80 Miliar!

Anisa Giovanny

25th April, 2022

Hari ini crypto kembali mencatat kinerja buruk, kapitalisasi pasar kripto telah hilang $80 miliar hal ini disebabkan karena Bitcoin menyentuh harga $38.000 dan menjadi harga terendahnya dalam 40 hari.

Penurunan raja aset kripto itu pun diikuti oleh altcoin lainnya, Ethereum turun ke ke $2.800, Solana menembus di bawah $100, dan banyak contoh lainnya.

Harga Bitcoin Turun di $38.000

Bisa dikatakan bahwa beberapa terakhir pergerakan harga crypto tidka berjalan dengan baik, cenderung sideways dan stagnan.

Bitcoin turun ke bawah $40.000 ini bukannya tanpa pertanda, hal ini dimulai pada 21 April ketika BTC mencoba masuk ke level $ 43.000 tetapi gagal.

Penolakan level ini pun akhirnya membuat harga aset bergerak ke $40.000, kemudian Bitcoin turun ke $39.000 dan tidak bisa menembus harga lebih tinggi dan akhirnya merosot ke $38.000.  

Dikutip dari Cointelgraph, Analis populer Cheds, penulis Trading Wisdom, mengamati potensi persilangan di bawah moving average 200 pada grafik tiga hari.

Ini akan menjadi  hal yang signifikan, ia berpendapat selama akhir pekan, karena terakhir kali ini terjadi setelah bull run adalah bear market bottom tahun 2018.

Baca juga: Apa itu Bull Trap dan Cara Menghindarinya

Kemudiaan, Matthew Hyland, yang dikenal sebagai Parabolic Matt di Twitter, menghasilkan perbandingan lebih lanjut antara periode tersebut dan pergerakan harga BTC saat ini.

Pada jangka waktu yang lebih lama, katanya, level  $37.600 akan menjadi harga yang penting dan bisa menjadi tanda reli selanjutnya.

Meski harga terlihat suram, fundamental jaringan Bitcoin terbilang baik. Para miners pun nampak optimis dan tidak bearish terhadp BTC.

Hashrate aset kripto ini pun baru saja meraih tingkat hash tertinggi sepanjang masa. Hashpower meningkat 55% lebih tinggi sejak Januari.

Baca juga: Jika Investor Kaya Lanjut Serok Aset, Bagaimana Harga Bitcoin Terkini?

Altcoin Ikut Anjlok

Altcoin mengalami koreksi serupa akhir pekan lalu sebelum tenang selama akhir pekan. Namun hari ini, situasinya cukup mengerikan, dengan warna merah mendominasi hampir semua grafik.

Ethereum kehilangan garis $3.000 dan tidak dapat mengklaimnya kembali sejak saat itu. Penurunan 5% dalam skala harian telah mendorong altcoin terbesar menjadi sekitar $2.800 sampai sekarang.

Binance Coin telah kehilangan persentase yang sama dalam sehari dan turun menjadi $385. Solana berada di bawah $100 setelah turun 6%.

Ripple (-8%), Terra (-2,5%), Cardano (-7%), Polkadot (-9%), Avax, (-7%), Dogecoin (-7,5%), Shiba Inu (-6,5%), dan CRO (-5%). Kapitalisasi pasar crypto turun sekitar $80 miliar dalam sehari dan berjuang di bawah $1,8 triliun

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency