Jika Investor Kaya Lanjut Serok Aset, Bagaimana Harga Bitcoin Terkini?

Rossetti Syarief

16th March, 2022

Menurut analis on-chain Willy Woo, Bitcoin akan mengakhiri kapitalisasi bear marketnya jika investor kaya yang sebelumnya menyimpan BTC senilai lebih dari 1 juta Dollar berinisiatif meningkatkan eksposur mereka.

Tidak dapat disimpulkan apakah kita telah menyerah. Namun, ada ruang untuk penurunan lagi jika ditinjau berdasarkan faktor basis biaya dan hilangnya pertolongan whales,”. Ungkap Woo.

Sementara itu, basis biaya aset kini mengalami penurunan signifikan selama pasar bearish sebelumnya, juga sebelum akumulasi kuat terjadi. Banyak investor yang kemudian meng-hodl BTC dalam jangka waktu pendek.

Investor Kaya Telah Menjual Aset Mereka, Lantas?

Pandangan Woo muncul sejalan dengan meningkatnya spekulasi tentang penurunan besar pada harga Bitcoin karena whales dilaporkan mulai menjual aset mereka.

Sementara menurut Christopher Yates selaku editor platform Ecoinometrics mengatakan harga BTC bisa turun hingga $30.000 karena pengaruh dari lingkungan makro yang memburuk.

“Apa yang membuat saya waspada bahwa level terendah BTC untuk 2022 sebenarnya belum terakhir, adalah kenyataan bahwa kita belum melihat lonjakan volume dalam volume yang telah terjadi di semua posisi terendah baru-baru ini di akhir 2019, awal 2020, dan pertengahan 2021,”

Data yang dilansir platformnya (Ecoinometrics) menunjukan kesenjangan antara permintaan investor Bitcoin kecil dan yang kaya dalam laporan mingguan terbarunya.


Akumulasi dan distribusi Bitcoin on-chain

Data menyiratkan, alamat yang menyimpan sebanyak 10 BTC telah mengumpulkan koin dalam 30 hari terakhir. Sebaliknya, mereka yang memiliki lebih dari 10 BTC telah mendistribusikannya.

Ini menunjukan, investor kaya ‘kebanyakan’ telah menjual simpanan aset mereka, sementara investor kecil telah menyerap tekanan sisi jual tersebut.

Analis Ecoinometrics lainnya kemudian mencatat, tren akumulasi akan tumbuh semakin lemah setelah kenaikan suku bunga yang diharapkan Federal Reserve pada bulan Maret untuk menjinakkan kenaikan inflasi terjadi.

Baca Juga: The Fed Rilis Laporan Terbaru Digital Dollar, Ini Isinya 

Kedua analis tersebut (Analis Ekoinometrik dan analisis Willy Woo) kemudian serempak mengatakan bahwa, investor yang tidak berpengalaman (pemula) masih menyimpan eksposur mereka terhadap Bitcoin sehingga menjadi long-term hodler dalam prosesnya.

Namun sebenarnya yang diharapkan adalah whales, karena jika mereka tetap menyerok aset pengaruhnya lebih besar untuk menyelamatkan harga Bitcoin dan mengakhiri kapitalisasi bear market.

Pada saat penulisan, Bitcoin yang pagi tadi (sekitar pukul 9 WIB 16/03) menetapkan kembali harga di level $41.000, kini harganya sudah kembali turun menjadi $39.046.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.