Bitcoin Koreksi, Waktunya untuk Beli?

Naufal Muhammad

11th January, 2021

Bitcoin menghadapi koreksi ekstrim hari ini. Selama rentang 12 jam, cryptocurrency jatuh dari wilayah $41.000 ke posisi terendah di bursa spot mendekati $34.000. Cryptocurrency kehilangan lebih dari 15% selama rentang waktu reli ini.

Banyak yang mengira ini adalah awal dari koreksi yang lebih besar. Bahkan ketika cryptocurrency mendekati posisi terendah, tingkat pendanaan dan premi yang terlihat di bursa berjangka untuk BTC sangat tinggi. Ini menyiratkan kelanjutan sisi negatif menjadi sangat mungkin.

Namun Bitcoin saat ini terpantau sedang naik kembali. Karena mulai banyak pembeli yang masuk untuk membeli Bitcoin saat harganya sedang turun.

Baca juga: Bitcoin Melonjak Terus, Hati-Hati Potensi Swing Liar

Seorang pedagang aset kripto dilansir dari Bitcoinist.com membagikan grafik di bawah ini setelah pemulihan. Grafik mencatat bahwa Bitcoin telah mendapatkan kembali level dukungan teknis utama pada grafik 15 menitnya.

Meskipun ini bukan akhir semua dan semua level dukungan. Analis optimis bahwa kejadian teknis ini dapat membantu meningkatkan pemulihan yang sedang berlangsung.

Sumber: Tradingview

Waktunya Bitcoin Koreksi

Data On Chain menunjukan jika reli Bitcoin yang terjadi tanpa henti membuatnya menjadi telalu “overheated” dan koreksi jangka pendek atau jangka menengan bisa saja terjadi.

“Saya mulai merasa bahwa pasar mendekati level overheating sekarang. Satu titik data yang harus diamati adalah skor-Z MVRV, yang melihat ekstrem dalam kumpulan data antara Nilai Pasar dan Nilai Realisa. Kita dapat melihat bahwa ketika skor-z memasuki zona merah, itu menandakan puncak pasar. Kami belum sampai di sana tapi beberapa hari lagi parabola untuk harga dan kami akan melakukannya,” jelas Philip Swift, seorang analis on-chain.

Saat ini harga Bitcoin dilansir dari Coinmarketcap terpantau berada di harga adalah $35.929,35 USD dengan volume perdagangan 24 jam sebesar $80.534.619.373 USD. Bitcoin turun 12,66% dalam 24 jam terakhir.

Kemungkinan besar, saat ini koreksi sudah mereda, karena harga mulai terlihat naik kembali. Namun tidak menutup kemungkinan koreksi masih akan berlanjut mengingat pergerakannya di masa lalu.

Jika koreksi berlanjut kemungkinan besar tujuan selanjutnya berada di batas bawah pengamannya sebelum apresiasi yaitu pada $32.600. Jika terus turun kemungkinan Bitcoin dapat menuju $31.900 sebelum menyentuh $31.500.

Turunnya harga Bitcoin hari ini mungkin bisa jadi peluang bagi yang ingin membeli Bitcoin. Namun karena harga aset ini masih sangat volatil diharapkan investor tetap berhati-hati dan melakukan manajemen risiko yang baik.

Jika kamu ingin membeli Bitcoin saat ini ada baiknya kamu memerhatikan tiga cara membeli Bitcoin secara aman.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.