Berita Bitcoin · 8 min read

Bitcoin Bisa Bernilai 3,6 Miliar Rupiah, tapi Ada Syaratnya!

Bitcoin (BTC) sepertinya sudah meningkat 7 kali lipat sejak kuartal 3 tahun 2021. Jika sejarah terulang kembali, jumlah tersebut bisa tumbuh 300% dan Bitcoin kemungkinan bernilai 3,6 Miliar.

Seperti yang dilacak oleh sumber data on-chain Ecoinometrics bulan ini, Bitcoin memang berpotensi melampaui perkiraan dan bernilai tinggi hanya dengan mengikuti preseden historis.

Lantas, apakah Bitcoin mengulang sejarah?

Siklus Bull Run Tahun Sebelumnya Harus Terulang

Terhitung hari ini, Bitcoin diperdagangkan 7,3 kali lipat lebih tinggi harganya sejak kuartal 3 pada Mei 2020. Namun, jika siklus kuartal terakhir terjadi, aksi harga tidak akan berhenti sampai 30 kali lebih tinggi.

Data tersebut terkait dengan siklus per-kuartal, dimana Bitcoin telah menunjukkan perilaku yang identik sejak awal. 

Mengambil 2017 sebagai contoh, puncak harga Bitcoin berikutnya bisa bernilai $253.800 atau setara dengan lebih dari 3,6 miliar jika siklus bull run tahun tersebut terulang tahun ini.

Ecoinometrics juga mencakup data tentang Etherum (ETH) dan kinerjanya yang relatif mengimbangi tahap siklus kuartal Bitcoin.

Altcoin terbesar tersebut melihat keuntungan komparatif yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Bitcoin, sekitar 120 kali lipat harganya yang menandai puncak siklus terakhir pada tahun 2018.

Dengan demikian, kinerja berulang akan berarti pada perdagangan ETH pada $22.300 atau setara dengan 300 juta ke atas. Sekali lagi, ini tidak menutup kemungkinan.

Hal yang seperti bagus jika dibawa ke pasar bear berikutnya adalah, harga BTC perlu mencapai titik terendah di sekitar $ 42.000 dulu, untuk menyalin koreksi pasca-2017. 

Strategi ini juga akan membuat harga ETH turun menjadi $1.347.

Bitcoin and Ether post-halving performance chart. Source: Ecoinometrics

1 BTC Adalah 1 BTC

Jika prediksi 3,6 miliar tersebut sulit untuk dipahami, jumlahnya ternyata tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang sekarang diyakini oleh analis data terkenal Willy Woo

Dalam tweetnya minggu ini, Woo menegaskan kembali bahwa siklus per-kuartal Bitcoin ini akan unik dengannya tersendiri. Jadi, bandingkanlah 1 Bitcoin dengan Bitcoin lain.

Woo menegaskan, jika hal ini akan berakhir dengan harga dalam bentuk koin Bitcoin, bukan dolar Amerika Serikat. Karena menggunakan apa pun untuk mengukur nilai BTC, tidak akan ada gunanya.

Sebuah posting terpisah mencatat seberapa dekat Bitcoin dengan kapitalisasi pasar, dibandingkan dengan pasokan M2 dalam dolar Amerika Serikat. 

Situasi ini mencatat dalam lima tahun ke depan, sisa siklus saat ini dan awal berikutnya akan sangat menarik.

Disclaimer: Artikel ini merupakan berasal dari berbagai sumber dan pandangan penulis, artikel ini bukan ajakan untuk investasi. Semua keputusan ada di tangan pembaca dengan mengetahui segala keuntungan dan resikonya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.