Berita Blockchain · 8 min read

Binance Pinjamkan $500 Juta untuk Miner Bitcoin!

Binance pinjakan dana untuk miner Bitcoin

Pertukaran mata uang kripto, Binance mengumumkan bahwa pihaknya akan memfasilitasi pinjaman untuk penambang (miner) Bitcoin (BTC) sebesar $500 juta, yang akan diberikan untuk perusahaan pertambangan Bitcoin publik dan swasta, serta infrastruktur aset digital secara global.

Dalam pengumumannya, Binance akan mendukung industri mining (penambangan) dan juga akan mencari vendor cloud mining. .

Binance Pool Untuk Mendukung Industri Penambangan BTC.
Binance Pool Untuk Mendukung Industri Penambangan BTC. Sumber: Binance

Inisiatif ini datang ketika miner Bitcoin mengalami beberapa bulan yang sulit, sedangkan harga bitcoin menurun. Dengan harga bitcoin yang rendah, pendapatan miner telah menurun tajam.

Pendapatan miner Bitcoin telah turun 16,2% menjadi sekitar $550,5 juta bulan lalu, serta menandai penurunan kelima dalam enam bulan terakhir dengan total terendah sejak November 2020, menurut data dari The Block Research.

Sumber: The Block Crypto Data.

“Sebagai salah satu kumpulan penambangan kripto terkemuka di dunia, Binance Pool memiliki tanggung jawab untuk membantu menjaga ekosistem aset digital yang sehat. Mengingat kondisi pasar saat ini, Binance Pool meluncurkan proyek pinjaman $500 juta untuk mendukung penambang kripto dan penyedia infrastruktur digital,” tulis Binance dalam keterangannya.

Baca juga: Mining Bitcoin, Pengertian, Cara Kerja, dan Alternatif Mining

Syarat dapat pinjaman dari Binance

Peminjam yang memenuhi syarat akan diminta untuk menyetujui syarat & ketentuan Binance, di antaranya adalah:

  • Jangka waktu 18 hingga 24 bulan.
  • Suku bunga berkisar antara 5% sampai 10%.
  • Menawarkan keamanan, baik aset fisik atau digital, memuaskan bagi Binance.

Binance juga akan bekerja sama dengan vendor cloud mining, karena Binance Pool bermaksud untuk meluncurkan produk cloud mining.

Bantuan Lain untuk Miner Bitcoin

Binance bukan satu-satunya perusahaan yang membantu industri penambangan kripto. Bulan lalu, miliarder kripto China Jihan Wu, pendiri Bitmain, menyiapkan dana $250 juta untuk membeli aset yang tertekan dari penambang Bitcoin. 

Selain itu, Bitdeer Technologies Holding Co. milik Wu berencana untuk menginvestasikan $50 juta dari uangnya sendiri, dengan Wu kemudian berusaha untuk mengumpulkan tambahan $200 juta dari investor eksternal.

Tak hanya itu, platform DeFi Maple Finance meluncurkan kumpulan pinjaman $300 juta untuk penambang Bitcoin. Platform akan membebankan suku bunga sekitar 15%-20%, dan memberikan pinjaman dengan durasi 12-18 bulan.

Awal September ini, manajer aset kripto Grayscale membentuk entitas baru bernama Grayscale Digital Infrastructure Opportunities LLC untuk berinvestasi dalam perangkat keras penambangan Bitcoin.

Entitas berencana untuk membeli rig penambangan dan berharap mendapat untung dengan menjual bitcoin yang diperoleh dalam proses tersebut.

Baca Juga: Data Membuktikan 60% Energi untuk Mining Bitcoin Ramah Lingkungan

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.