Berita Altcoins · 6 min read

Binance Jual Semua Token FTX, Harga FTT Turun!

Binance FTX

CEO Binance, Changpeng Zhao yang akrab dipanggil CZ pada Minggu, 6 November 2022, menyatakan menjual semua token FTT secara bertahap yang ada pada exchange Binance. FTT adalah token utilitas dari exchange kripto FTX.

Bukan Persaingan Kompetitor

Alasan CZ melakukan penjualan FTT ini masih dipertanyakan. CZ sendiri hanya mengatakan dia menjual FTT setelah ada beberapa hal terungkap belakangan ini tanpa menyebut hal yang spesifik. Meskipun begitu, beberapa orang mengaitkan penjualan yang dilakukan CZ karena adanya hubungan FTX yang menjadi “dalang” kebangkrutan perusahaan kripto seperti 3AC, Voyager, Blockfi, dan Celcius.

Binance sudah memegang token FTT sejak tahun 2019 dan Binance mendapatkan $2,1 miliar dalam bentuk campuran FTT dan BUSD. Atas aksinya ini, CZ menampik bahwa alasan penjualan karena persaingan antar kompetitor melainkan hanya manajemen risiko mengingat kejadian Terra LUNA.

Baca juga: Ada Apa dengan Terra Luna? Ini Penjelasannya

Likuidasi FTT kami hanyalah manajemen risiko, belajar dari LUNA. Kami memberi dukungan sebelumnya, tetapi kami tidak akan berpura-pura bercinta setelah bercerai. Kami tidak melawan siapa pun. Tapi kami tidak akan mendukung orang yang melobi pemain industri lain di belakang mereka.

CZ (@cz_binance), 6 November 2022.

CZ juga menyatakan penjualan FTT akan dilakukan bertahap sebab mempertimbangkan pengaruhnya ke pasar dan juga kurangnya likuiditas. Penjualan FTT dibuktikan dengan mengirim 22.999.999 FTT menuju Binance pada 7 November 2022 dan CZ membenarkan bahwa proses transaksi ini adalah bagian dari rencana penjualan.

Baca juga: Binance Hapus Perdagangan Serum, Bagaimana Harga Token SRM?

Kondisi Harga FTT

Tepat setelah pernyataan CZ, harga token FTT mengalami penurunan sebesar -13,3% dari $24,73 ke harga $21,43. Per 7 November 2022 pukul 12.00 WIB, token FTT diperdagangkan pada harga $22,37.

ftx
Gambar: Pergerakan harga token FTT paska pernyataan CZ

Tanggapan Alameda Reserach

Menanggapi aksi CZ, chief executive Alameda Research, Caroline Ellison melalui akun Twitternya menawarkan untuk membeli semua sisa FTT yang dimiliki Binance di harga $22 jika ingin mengurangi pengaruh pada pasar.


Binance adalah salah satu exchange kripto dengan volume tinggi dalam hal perdagangan FTT dalam beberapa hari terakhir. Selama 24 jam terakhir, Binance menyumbang 6,3% dari volume perdagangan FTT atau $95,4 juta, menurut CoinGecko.

Binance adalah investor awal di FTX namun jumlah investasi awal belum diungkapkan. Pada hari Minggu, CZ mengatakan bahwa perusahaannya biasanya memegang token untuk jangka panjang, tetapi Binance telah mempertahankan posisinya di FTT terlalu lama.

Baca juga: FTX VS Binance | Manakah Bursa Crypto Derivatif Terbaik?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.