Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

FTX VS Binance | Manakah Bursa Crypto Derivatif Terbaik?

Dalam artikel ini akan diberikan FTX dan Binance untuk mencari tahu apa yang ditawarkan masing-masing dan mana yang lebih untuk digunakan.

Ada beberapa faktor yang akan dilihat di antaranya adalah market, layanan trading, biaya maker dan taker,dan lain sebagainya. 

Jenis Pasar

Sebelum kita mulai, ada baiknya kita mengetahui soal pasar spot dan derivatif, kedua jenis pasar ini ada di Binance dan FTX.

Market Spot adalah pasar yang menyediakan jual beli aset crypto secara langsung, pasar ini umum digunakan oleh pemula karena mudah digunakan.

Sedangkan market derivatif biasanya cukup rumit, pasar ini menyediakan pasar derivatif atau turunan, dalam pasar ini umum ditemui perdagangan futures atau kontrak berjangka. 

Di perdagangan kontrak berjangka pengguna bisa menggunakan margin dan leverage untuk meningkatkan posisi dalam trading. Namun jenis perdagangan ini memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan perdagangan spot.

Binance dianggap sebagai bursa spot nomor satu meskipun mereka juga memiliki pasar derivatif yang besar. Platform ini berfokus pada pembelian dan penjualan cryptocurrency untuk disimpan di dompet Binance.

FTX adalah bursa derivatif yang memiliki mayoritas volume di pasar berjangka mereka.

Platform ini memliki slogan “dibangun untuk trader dan oleh trader”. Bursa ini lahir dari Alameda Research, sebuah organisasi yang dijalankan oleh Sam Bankman-Fried, yang merupakan pembuat pasar dan pedagang arbitrase terbesar di dunia antara 2018-2021.

Layanan Trading

Binance dan FTX  memiliki layanan perdagangan seperti Spot trading,  Perpetual Swaps/Futures, Margin, Options, Volatility, Lending, Staking, Crypto Index, Leveraged Token, OTC.

Dalam jenis perdagangan ini FTX lebih unggul karena memiliki pilihan lain yang unik yakni tokenized stock, di sini pengguna bisa membeli saham-saham Amerika yang ditokenisasi, sehingga mereka tidak perlu membeli saham hingga satu lot, namun beli sesuai dengan dana yang mereka miliki.

Biaya Maker dan Taker

FTX saat ini menawarkan biaya nol untuk market maker. Mari kita lihat perbedaan antara market maker dan market taker pasar sebelum kita bandingkan kedua bursa ini.

Maker  biasa disebut sebagai orang yang menjual atau membeli bitcoin dengan harga sendiri.

Artinya trader sendiri yang menentukan harga jual beli dan mereka menempatkan harga tersebut di buku pesanan yang apabila harga yang ditentukan itu tercapai maka pesanan akan dieksekusi. Dengan market maker ini trader juga bisa menentukan batas atas dan bawah harga yang ingin mereka dapatkan. 

Taker sendiri artinya orang yang membeli atau menjual aset berdasarkan harga yang tertera di situs tersebut atau di dalam order book.

Metode ini sering juga disebut sebagai metode instan karena saat itu juga transaksi bisa langsung dilakukan tanpa menunggu order tersebut

Berikut adalah perbedaan biaya maker dan taker di FTX dan Binance.

  • Market maker Binance 0,1%
  • Market taker Binance 0,1%
  • Market Maker FTX 0,02, jika kamu melakukan staking 25 FTT kamu tidak akan dikenakan biaya market maker alias 0% 
  • Market taker FTX 0,07%

Kedua bursa ini seringkali mengadakan promosi yang memberikan diskon untuk pemegang token asli masing-masing $BNB dan $FTT.

Ada juga level VIP yang memberikan diskon dan potongan biaya bagi trader yang memiliki volume perdagangan besar.

Biaya Withdrawal 

Biaya penarikan atau withdrawal perlu menjadi perhatian, di FTX  khusus bagi para staker koin FTT yang mempertaruhkan 150 FTT mereka.

Selain itu bagi yang ingin menarik token ER20 juga gratis, dengan biaya pengiriman kontrak adalah 0%. Sedangkan Binance  tarif akan berbeda berdasarkan jenis aset. Biaya pengiriman kontrak adalah 0,015%.

Maksimal Leverage

FTX menyediakan leverage 101x (Harap dicatat: FTX membebankan biaya tambahan 0,02% untuk leverage 50x ke atas, atau biaya tambahan 0,03% untuk leverage 100x dan 101x, di atas biaya maker / taker. Biaya tambahan berlaku untuk semua aset dengan leverage kecuali BTC- Perp dan ETH-Perp. Binance menyediakan leverage hingga 125x.

Isolated Margin dan Cross Margin

Cross margin menggunakan semua margin pengguna sebagai Saldo Tersedia di platform perdagangan. Artinya, margin dibagi di antara semua posisi pengguna.

Sedangkan isolated margin adalah margin yang ditetapkan ke posisi yang dibatasi pada jumlah tertentu. 

Ketika margin yang dialokasikan turun di bawah PnL yang belum direalisasi, posisi akan dilikuidasi, tetapi dana lain tidak akan terpengaruh.

Binance dan FTX sama-sama menawarkan kedua fasilitas margin tersebut,  di FTX pengguna dapat membuat beberapa sub akun untuk memisahkan margin jika diperlukan.

Contohnya adalah membuat sub-akun untuk posisi dalam isolated margin tersebut dan kemudian memindahkannya ke dalam jaminan. 

Perlu diperhatikan jika ingin menggunakan margin kamu membutuhkan jaminan, sebab dalam perdagangan margin kamu pada dasarnya adalah meminjam modal yang disediakan oleh bursa.

Di FTX ada banyak aset yang bisa menjadi jaminan contohnya adalah USDC, TUSD, PAX, BUSD, HUST, BTC, USDT, ETH, BNBN, MKR, UNI, BCH, saham token, dan 40+ koin lainnya sebagai jaminan. Sedangkan di Binance hanya BTC, BUSD, ETH, dan EUR sebagai jaminan. 


Itu dia perbedaan FTX dan Binance, kedua bursa ini memang tidak memiliki perbedaan signifikan. Namun keduanya sama-sama memiliki layanan yang cukup lengkap utamanya bagi trader berpengalaman.

Dari jenis perdagangan FTX lebih unggul sebab memiliki fasilitas perdagangan saham yang ditokenisasi, ini akan memudahkan para trader untuk memiliki saham terkemuka tanpa proses yang rumit.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.

Top exchange
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar