Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Biaya Transaksi Bitcoin Naik Dua Kali Lipat! Inilah Alasannya

anisa giovanny     Saturday, December 19 2020

Dilansir dari Decrypt, biaya transaksi Bitcoin telah meningkat  bersamaan dengan naiknya harga Bitcoin yang melonjak 85% hanya dalam empat hari terakhir.

Pada hari Minggu tercatat jika biayanya rata-rata $2,7 untuk mengirim transaksi Bitcoin ke seluruh jaringan. Tapi  pada Kamis, harganya naik menjadi $5. Dengan begitu maka terjadi peningkatan sebanyak 85% dalam waktu empat hari saja.

Dengan biaya yang meningkat, sekali lagi Bitcoin jadi lebih mahal untuk digunakan. Selama ini banyak yang beranggapan jika Bitcoin bisa mendemokratisasi keuangan, mengambil uang dari kantong perantara, dan membuat transaksi lebih murah.

Penyebab Biaya Transaksi Bitcoin Naik

Namun pada kenyataannya dan semakin naiknya harga Bitcoin. Maka akan ada biaya yang dibebankan kepada pengguna dari bursa di mana kamu melakukan jual beli Bitcoin. Untuk lebih spesifik, kamu harus membayar jaringan penambang yang terdesentralisasi. Ini merupakan komputer yang akan berlomba untuk memecahkan teka-teki matematika yang sangat rumit yang diperlukan untuk memproses transaksi Bitcoin.

Baca juga: Cara Menambang atau Mining Bitcoin untuk Pemula 2021

Tetapi para penambang hanya akan menghabiskan begitu banyak energi untuk memproses transaksi, jika tidak, operator mereka tidak akan dapat membayar tagihan listrik yang sangat besar demi menjalankan rak penambang Bitcoin.

“ Ini hanyalah kasus permintaan beli berarti bagi lebih banyak transaksi BTC, yang berarti biaya lebih tinggi,” jelas Tim Ogilvie, CEO Staked.

Jadi, ketika ada jumlah aktivitas yang luar biasa di jaringan Bitcoin, penambang menaikkan biaya mereka untuk memprioritaskan mereka yang benar-benar ingin memproses transaksi Bitcoin.

Denis Vinokourov, kepala penelitian di broker utama aset digital Bequant, mengatakan kepada Decrypt jika aktivitas jaringan yang lebih tinggi menyebabkan biaya yang lebih tinggi, dan kemacetan jaringan. Peningkatan tajam dalam jumlah transaksi harian menyebabkan biaya rata-rata yang lebih tinggi per transaksi.”

“ Ini mirip dengan apa yang terjadi dengan ETH dan DeFi, ketika yang terakhir booming karena transaksi terkait ETH yang sedang berlangsung, biaya gas meroket,” kata Vinokourov dilansir dari Decrypt.

Biaya Transaksi Bitcoin Sempat $55

Tidak ada hadiah untuk menebak mengapa ada banyak aktivitas di Bitcoin saat ini. Bitcoin menembus $ 20.000 minggu ini,  dan harga Bitcoin naik ke level tertinggi sepanjang masa saat ini di $23.642.

Artinya, akan ada banyak orang yang menguangkan dengan asumsi pasar telah mencapai puncaknya. Pada 13 Desember, ketika harga Bitcoin $ 18.773 dan biaya transaksi $ 2,7, volume perdagangan harian Bitcoin adalah $23 miliar. Kemudian ketika harganya menembus $23.000 dan biaya Bitcoin kemarin mencapai $5 dengan volume perdagangan hingga $65 miliar. Sebelumnya pada akhir tahun 2017, ketika Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebelumnya, biaya transaksi Bitcoin mencapai $55.

Jika Bitcoin all time high lagi, kira-kira berapa biaya transaksi Bitcoin?

Baca juga: Bitcoin Berhasil Lewati Rp330 Juta, Ini Dia Penyebabnya