Berita Bitcoin · 7 min read

Biaya Transaksi Bitcoin Naik Dua Kali Lipat!

Transaksi Bitcoin

Biaya transaksi Bitcoin naik dua kali lipat dalam dua minggu terakhir, dari US$0,77 pada 29 Januari menjadi US$1,95 pada 10 Februari. Biaya transaksi median blockchain juga meningkat menjadi US$0,73 dari US$0,25 pada 30 Januari.

Biaya transaksi Bitcoin.
Biaya transaksi Bitcoin. Sumber: bitinfocharts.com

Saat artikel ini dirilis (12/02) biaya transaksi telah turun ke angka US$1,7 dan median blockchain naik ke angka US$0,765. 

Platform analisis blockchain Cryptoquant, mencatat transaksi NFT Ordinals telah meningkatkan transaksi NFT dalam jaringan ke level Mei 2021 ketika China melarang aset kripto. NFT ordinal (alias artefak atau prasasti digital) memungkinkan pengguna untuk mencetak NFT ke blockchain Bitcoin.

Baca juga: Protokol NFT Ordinals di Ekosistem Bitcoin Memicu Pro-Kontra

Kenaikan biaya jaringan Bitcoin ini juga bertepatan dengan meningkatnya minat pada NFT Ordinals. Riset BitMEX mengungkapkan bahwa lebih dari 10.000 NFT dicetak antara 14 Desember dan 7 Februari.

NFT Ordinal telah menghabiskan 526 megabyte (MB) ruang blok, dengan pembuat menghabiskan 6,77 BTC untuk transaksi terkait Ordinal.

Ketertarikan pada NFT juga terlihat dari nilainya yang naik ke level tertinggi baru. NFT Now melaporkan bahwa beberapa NFT Ordinals telah dijual setinggi 11 BTC karena permintaan yang meroket.

Harga Bitcoin dan Kripto Hari Ini

Walau ketertarikan akan NFT Ordinal meningkat, harga Bitcoin justru terpantau turun di bawah US$22.000, sebelumnya harga BTC sempat menyentuh level US$24.000, yang menjadi level harga tertingginya sejak Agustus 2022. Harga Bitcoin saat ini terpantau berada di angka US$21,825 turun 5,9% dalam satu minggu terakhir.

Penurunan harga aset ciptaan Satoshi Nakamoto itu bertepatan dengan tindakan penegakan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terhadap layanan staking dari pertukaran aset kripto Kraken dan regulator yang menyelidiki Paxos, perusahaan yang membuat stablecoin.

Sementara itu, harga ETH juga terpantau turun 7,45% dalam seminggu terakhir dan kini berada di angka US$1,527. Kenaikan tertinggi dalam seminggu terakhir dicatat oleh BNX, GRT, ROSE, yang masing-masing naik dengan presentase 64%, 44%, dan 41%, menurut data dari Coinmarketcap.

Baca juga: Mengenal The Graph dan Token GRT

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.