Berita Regulasi · 6 min read

Bappebti Resmi Hentikan Perdagangan Aset Kripto FTX

Bappebti-Resmi-Hentikan-Aset-Kripto-FTX

Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) resmi menghentikan perdagangan aset kripto token FTX yaitu FTT, di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko yang menerangkan harga aset kripto itu merosot drastis dan FTX telah mengajukan kebangkrutan.

Melihat situasi tersebut, maka Bappebti mewajibkan kepada setiap calon pedagang fisik aset kripto yang memperdagangkan FTX untuk memperhatikan, memantau, dan menganalisis perkembangan token tersebut untuk melindungi nasabah.

“Bappebti mengambil langkah penghentian tersebut menyusul kejatuhan FTX pada krisis 11 November 2022 silam,” ujar Plt. Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko, dikutip dari siaran pers, Jumat (18/11/2022)>

Penghentian perdagangan token FTT resmi berlaku per 14 November 2022. Token tersebut sebelumnya  masuk ke dalam daftar 383 kripto yang boleh diperdagangkan dalam Peraturan Bappebti Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto Yang Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.

Sekilas informasi, FTX merupakan perusahaan pedagang token atau aset kripto yang memiliki produk derivatif dan spot trading secara global yang didirikan di Antigua dan Barbuda pada 2019 serta berpusat di Bahama.

Baca Juga: Bantah akan Seperti FTX, CEO Crypto.com Klarifikasi!

Pengawasan Secara Intens Oleh Bappebti

Pada saat ini tercatat ada beberapa aset pedagang fisik aset kripto terdaftar di Bappebti yang memfasilitasi perdagangan FTX Token.  

Adapun pangsa token FTX hanya 0,038 persen dari total nilai transaksi kripto di Indonesia, senilai Rp106,5 miliar dengan total nilai volume transaksi sebesar 193.435, periode Januari-Oktober 2022 di Indonesia. 

Didid menambahkan, Bappebti terus melakukan pengawasan secara berkala kepada para pedagang aset kripto yang memfasilitasi perdagangan FTX.

“Berdasarkan hasil analisis dan pertimbangan serta demi keamanan, perlindungan kepentingan pelanggan aset kripto di Indonesia, kami merekomendasikan agar perusahaan pedagang fisik aset kripto untuk tidak memfasilitasi perdagangan FTX token,” tuturnya.

Selanjutnya, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembanngan PBK Tirta Karma Senjaya juga turun menerangkan bahwa pedagang fisik yang tidak lagi memperdagangkan token FTX wajib untuk melakukan penyelesaian dengan meminta nasabah untuk melikuidasi aset kripto yang mereka miliki. Dengan kata lain, memindahkan aset kripto milik nasabah ke wallet nasabah.

“Diharapkan pedagang fisik yang tidak lagi memperdagangkan salah satu jenis aset kripto terdaftar untuk terlebih dahulu menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Bappebti,” jelasnya Tirta.

Baca Juga: Mengenal Bappebti dan Fungsinya di Indonesia

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.