Bank Digital Ini Berikan Jasa Pinjaman Berbasis Ethereum

Naufal Muhammad

4th Juni, 2021

Dikabarkan bahwa salah satu bank digital ternama di dunia bernama Anchorage Digital akan menawarkan jasa pinjaman berbasis crypto.

Jasa ini nantinya akan tersedia untuk pihak institusional dan dikabarkan akan menggunakan satu cypto utama yaitu Ethereum.

Achorage Digital Beri Jasa Pinjaman Crypto

Ke depannya, Achorage Digital akan memberikan jasa pinjaman Dolar Amerika atau USD berbasis Ethereum.

Dikabarkan nantinya Ethereum tersebut akan menjadi jaminan untuk pinjaman tersebut, namun tidak perlu dilikuidasi.

Jasa ini akan kerja sama dengan salah satu bank komersil bernama BankProv yang akan membantu kelancaran operasional pinjaman ini.

Nantinya Anchorage memberikan jalur yang mudah untuk investor dapat meminjam Dolar Amerika dengan Ethereum yang dimilikinya.

Menurut pengumuman yang ada, nantinya investor dapat meminjam USD tanpa harus menjual Ethereumnya namun tetap dapat dijadikan jaminan.

Nantinya Anchorage dikabarkan juga akan memberikan jasa staking untuk mendapatkan keuntungan lebih tinggi dari Ethereumnya.

Tapi Ethereum yang tidak dijual tersebut nantinya tetap akan dipegang oleh Anchorage, terutama jika peminjam mengalami gagal bayar.

Semakin besar Ethereum yang diberikan untuk jaminan, maka semakin besar juga pinjaman yang dapat dirasakan.

Sebelumnya Anchorage juga telah memberikan jasa yang sama namun dengan jaminan Bitcoin kepada investor institusional.

Adopsi Crypto Semakin Luas

Salah satu pendiri Anchorage, Diogo Mónica menyatakan bahwa semua proses ini akan tetap melalui uji kelayakan.

CEO dari BankProv, Dave Mansfield, menyatakan bahwa teknologi yang dimiliki Anchorage sangat tinggi sehingga cocok untuk memberikan jasa ini. Ia menyatakan,

“Kami sangat percaya terhadap tujuan dan kepercayaan di sekitar pasar crypto dimana semua orang dapat menerima jasa keuangan yang juga sama kualitasnya dengan sistem keuangan yang ada saat ini.”

Bank digital ini merupakan perusahaan crypto pertama yang menerima izin resmi pada 2021 dari pemerintah yang berwewenang untuk meregulasi bank di Amerika.

BankProv juga merupakan bank tertua ke sepuluh di Amerika dan telah beroperasi sejak 200 tahun yang lalu dan melakukan pembaruan nama di 2020.

Pada akhir Ferbuari, Achorage telah menghasilkan pendanaan yang cukup signifikan sebesar $80 Juta dari beberapa perusahaan besar di dunia crypto.

Pendanaan tersebut telah membantu mudahnya operasional perusahaan dan juga memudahkan penyediaan jasa terkait crypto.

Pada akhir Maret 2021, Anchorage telah Bersatu dengan beberapa bursa perdagangan crypto termasuk Prometheum, untuk memberi bursa legal.

Adopsi ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa crypto terus berkembang, dan Amerika terus mendominasi perkembangan ini yang dapat membuka jalan untuk mengalahkan Cina.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.