Apa itu Friktion? Proyek Crypto Baru di Solana

Anisa Giovanny

19th May, 2022

Risiko dalam investasi crypto merupakan hal yang wajar ditemuI investor, meski berisiko namun tetap ada cara untuk meminimalisirnya.

Salah satunya dengan menggunakan sistem manajemen portofolio yang baik dan berkelanjutan serta tetap menghasilkan.  

Sistem ini pun dihadirkan oleh Friktion, yang menghadirkan proyek crypto yang memberikan peluang imbal hasil yang berkelanjutan dan produk yang dikelola risiko, dengan tujuan akhir untuk melayani setiap tingkat selera risiko yang ada.

Mengenal Friktion

Friktion adalah proyek crypto yang mengombinasikan sistem opsi terbesar Solana dan protokol opsi terbesar ketiga di semua jaringan, dengan TVL lebih dari $100 juta.

Platform ini dibuat oleh Friktion Labs yang merupakan tim trader kuantitatif dan insinyur kripto dengan latar belakang komoditas, perbendaharaan, produk volatilitas, dan aset kripto.

Organisasi ini telah membawa sekelompok trader derivatif dan pembuat pasar di Genesis Trading, Alameda Research, LedgerPrime, QCP Capital, CMS Holdings, Orthogonal Trading, dan GSR.

Produk terkenal di Friktion adalah Volts yang dirancang untuk memudahkan siapa saja untuk berpartisipasi dalam menghasilkan hasil.

Selain volts, layanan ini juga memiliki sirkuit menyediakan manajemen portofolio sesuai permintaan untuk DAO Treasuries, menciptakan kerangka kerja risiko khusus dan Volt yang memberikan perlindungan volatilitas dan pengembalian di pasar yang bergejolak.

Produk dari Friktion

Volts

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, produk unggulan dari Friktion adalah volts.

Tidak seperti protokol yield tradisional yang mengandalkan emisi token untuk keuntungan, hasil Friktion berasal dari premi opsi.

Ini lebih berkelanjutan dalam jangka panjang karena hasil tidak bergantung pada harga token.

Agar lebih memahami produk volts dan layanan yang Friction berikan, ada baiknya kamu memahami tentang pasar derivatif secara menyeluruh.

Volt #01 — Income Generation

Volt ini memungkinkan investor menghasilkan pendapatan melalui covered call overwriting, yang secara historis menghasilkan hasil yang lebih tinggi dalam periode volatilitas.

Jadi, dengan berfokus pada menjalankan penjualan covered call, volts bisa menentukan harga kedaluwarsa secara algoritma untuk memaksimalkan pengembalian dan meminimalkan kemungkinan call options.

Volt #2 — Sustainable Stables

Volt ini memungkinkan investor menghasilkan hasil pada simpanan stablecoin, yang digabungkan secara otomatis setiap minggu seperti volt #1.

Ini menggunakan strategi “Cash Secured Put”, yang memiliki profil pembayaran yang mirip dengan “Covered Call”.

Di mana trader akan menjual opsi put dan mempertahankan cukup uang untuk membeli aset dasar pada harga kesepakatan yang telah ditentukan.

Informasi lebih lanjut soal Volt3 dan Volt4 bisa ditemukan website friktion.

Tampilan Volts. Sumber: Friktion.
Tampilan Volts. Sumber: Friktion.

Baru-baru ini Friktion Labs menggalang dana sebesar $$5,5 Juta untuk membawa TradFi ke DeFi.

Dana tersebut akan digunakan untuk membangun sirkuit, yang merupakan likuiditas baru dan sistem manajemen portofolio untuk mendorong arus masuk modal jangka panjang dan menghasilkan pengembalian untuk DAO, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Investor dalam peningkatan tersebut antara lain Jump Capital, DeFiance Capital, Pillar, Libertus Capital, Delphi Ventures, Sino Global Capital, Tribe Capital, Castle Island Ventures, Dialectic, Petrock Capital, Solana Capital.

Selain itu, sekelompok trader derivatif dan pembuat pasar dari Genesis Trading, Alameda Research, LedgerPrime, QCP Capital, CMS Holdings, dan lainnya akan bergabung, kata perusahaan itu.

Baca juga: Cara Menyusun Portofolio Crypto dengan Tepat

Dapatkan informasi terbaru dari proyek ini dengan bergabung di discord Friktion.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency