Berita Blockchain · 5 min read

Andre Cronje Ungkap 12 Fokus Fantom di 2023

Andre Cronje

Pendiri perusahaan blockchain Fantom, Andre Cronje mengungkapkan hal yang menjadi fokus utama bagi bisnisnya ke depan.

Melalui sebuah posting (26/12/22), ia mengungkapkan misi perusahaannya untuk menyediakan blockchain throughput tertinggi yang tersedia untuk menyediakan satu lapisan penyelesaian aman untuk semua aktivitas terdesentralisasi.

Peran Yayasan kami bukan untuk memilih vertikal bisnis, melainkan untuk mengaktifkan lapisan dasar yang dapat memfasilitasi semua vertikal. Kita seharusnya tidak fokus pada vertikal pengguna,” ungkap Andre Cronje dalam postingnya.

Hal yang menjadi fokusan lainnya, yaitu terkait peningkatan developer, seperti meningkatkan perkakas, integrasi, kemudahan penggunaan, UX pengembang, dan lainnya.

“Kita seharusnya tidak terganggu oleh narasi baru, DeFi, NFT, GameFi, exchange, dan lainnya,” ungkap Andre.

Baca juga: Apa itu Fantom? Panduan untuk Pemula

12 Fokus Fantom 2023

Adapun, untuk menciptakan lingkungan bagi pengembang DApp dan menampilkan keunikan dari L-1 lainnya, Cronje memaparkan 12 fokusan utama Fantom untuk tahun 2023, sebagai berikut.

Monetisasi Gas

Memungkinkan bagi hasil untuk DApps berdasarkan gas yang digunakan. Sistemnya mirip dengan pendapatan yang diperoleh konten kreator Youtube atau pun Twitch. Ini menjadi peluang sumber pendapatan berkelanjutan dalam jangka panjang untuk tim DApp.

Baca juga: Apa itu DApps (Decentralized Applications) dan Cara Membuatnya

Subsidi Gas

Memungkinkan interaksi DApp tanpa wallet yang perlu membayar biaya gas itu sendiri. Ini juga memungkinkan kelancaran sub orientasi, sebab pengguna tidak perlu memiliki atau mengetahui tentang FTM.

Abstraksi Akun

Abstraksi akun berarti, ke depannya Fantom tidak membedakan antara kontrak dan akun Externally Owned Account (EOA), semuanya akan menjadi kontrak. Kontrak dapat memulai transaksi dan membayar gas.

EOA hanya menjadi otoritas yang diizinkan untuk menginstruksikan kontrak (wallet) untuk memulai suatu tindakan. Dengan kata lain, EOA dapat berupa alamat email dan kata sandi, otentikasi sosial, id wajah, ddan lainnya.

Abstraksi untuk Biaya Gas 

Pengembangan sistem ini memungkinkan biaya dapat dibayarkan dengan token selain FTM, tergantung pada Abstraksi Akun.

Middleware Baru (Fantom Virtual Machine, New storage mechanism)

Middleware menjadi fokusan paling utama Fantom. Ethereum Virtual Machine (EVM) masih menjadi hambatan utama. Dengan middleware baru, memungkinkan Fantom untuk menyiasati keterbatasan fisik pada hardware.

Performance Engineering

Fantom berkomitmen untuk terus mengoptimalkan performance engineering-nya hingga mencapai batas throughput hardware, seperti PebbleDB, flat storage, dan lainnya. Optimalisasi ini akan menggunakan alat yang telah dikembangkan oleh tim Bernhard dan lainnya.

Dokumentasi & Pelatihan

Secara historis, fantom berfokus pada tim yang solid. Fantom akan memperbarui dokumentasi dan pelatihan terhadap pembangun baru dan developer asli non-blockchain.

Tujuan kami adalah penskalaan lapisan dasar dan memudahkan pembangun untuk membangun DApps dan pengguna onboard. Dengan begitu, akan lebih mudah menawarkan model bisnis yang berkelanjutan (berbasis non-token).

Keuangan

Pada tahun 2022, seluruh sektor bisnis menghadapi ancaman krisis finansial. Namun, Fantom tetap berada di kondisi yang stabil, posisi yang sangat berkelanjutan. Namun, tetap perlu menjadi fokus ke depannya.

Pendanaan

Fantom berfokus pada penyediaan peluang pendanaan dan hibah untuk tim DApp yang eksis tanpa kehadirannya. Ini dipamerkannya dengan integrasi Gitcoin dan dana ekosistem yang dimiliki. Kami masih dapat menyediakan dana diskresioner.

Namun setiap pendanaan yang kami berikan perlu fokus pada potensi pendapatan masa depan untuk rantai (yaitu biaya transaksi jaringan).

Pemasaran

Bagi Fantom, ini adalah salah satu bagian yang sulit. Namun, fantom akan terus mengejar prospek dan akan memberikan kabar baik menjelang akhir Q1 awal atau Q2 2023.

Pengembangan Bisnis

Fantom secara agresif mengejar prospek dan akan mendapat kabar baik menjelang akhir Q1 atau awal Q2 2023.

Peran Baru Andre Cronje

Andre Cronje telah dinominasikan secara resmi dan menerima posisi sebagai anggota Dewan Direksi untuk Fantom Foundation Ltd dan Fantom Operations Ltd.

Valuasi Pasar Fantom

Setelah kemunculannya di posting Medium tersebut, data Coingecko menunjukkan kenaikan FTM sebesar 140,3% dalam satu bulan terakhir.

Menurut data Coinmarketcap (7/02/23), Fantom diperdagangkan di level harga $0.542530 dengan volume perdagangan $328,129,246 dalam 24 jam terakhir. Fantom turun 2,89% dalam sehari ini (07/02).

Sebelumnya harga Fantom mengalami tren positif setelah Cronje memutuskan untuk kembali ke Fanton pada Desember 2022, harga FTM setelah berita itu sempat naik dua persen dalam 24 jam kala itu.

Baca juga: Fantom Naik 19%, Sentuh Harga Tertinggi dalam Waktu Singkat!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.