Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Memecoin · 5 min read

Analisis Faktor Terjadinya Lonjakan Investasi ke Pasar Koin Meme

analisis pasar koin meme

Sejak awal tahun telah terjadi peningkatkan minat dan investasi terhadap koin meme. Kini pasar koin tersebut telah meraih kapitalisasi pasar lebih dari Rp900 miliar per 10 Juni 2023, menurut data Coinmarketcap.

Dua faktor yang mendukung minat investasi terhadap koin meme yang pada akhinya mendorong kapitalisasi pasarnya adalah keterlibatan institusional dan selebritas.

Peran Institusional di Pasar Koin Meme

Menurut laporan Bybit, telah terjadi peningkatan jumlah dana yang telah diinvestasikan ke dalam koin meme. Alokasi dana untuk koin meme berdasarkan data meningkat dari US$63 juta menjadi hampir US$300 juta dalam beberapa bulan.

Baca juga: Alokasi Meme Coin oleh Institusi Naik 300%, Ini yang Jadi Favorit!

Dalam alokasi koin meme, Dogecoin (DOGE) memiliki porsi terbesar dimana institusi mengalokasikan 36% dari dana mereka. Sementara untuk PEPE sebanyak 22,23% dan SHIB 10,39%. Sementara eksposur terhadap BTC, ETH, dan koin meme meningkat. 

Pada bulan Mei, kepemilikan koin meme oleh investor institusional menurun hampir setengah menjadi US$125 juta karena mereka mengambil keuntungan. Stablecoin juga ikut turun dari US$1,7 miliar menjadi US$1,4 miliar.

Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa para investor tertarik dan sangat percaya pada potensi keuntungan dari koin meme meski mungkin kondisi pasar sangat spekulatif dan volatil.

Sementara itu, ketika institusi berperan dalam hal modal. Selebritas memiliki peran meningkatkan pasar koin meme dengan popularitasnya.

Baca juga: Trading Memecoin, Trader Ini Untung 374 Miliar Rupiah

Peran Selebritas di Pasar Koin Meme

Selebritas yang telah meluncurkan koin meme adalah Caitlyn Jenner dan rapper Azalea diketahui telah menggunakan platform Pump Fun untuk meluncurkan koin meme mereka.

Pump Fun adalah platform yang dapat dimanfaatkan untuk membuat dan meluncurkan token mereka sendiri berdasarkan konsep artistik atau hal personal lainnya.

Beberapa faktor mengapa koin meme selebritas menarik minat adalah kemampuannya untuk menarik likuditas tinggi karena memiliki kanal promosi yang besar.

Baca juga: Meme Coin MOTHER Iggy Azalea di Solana Tuai Kontroversi

Kendati demikian, sama seperti koin meme lainnya. Koin meme selebritas juga memiliki risiko karena tidak ada nilai instrinsik dan hanya berdasarkan ketenaran semata.

Maka dari itu, sangat penting bagi para investor untuk melakukan due diligence serta mempertimbangkan risiko sebelum akhirnya memutuskan untuk berinvestasi ke koin meme selebritas.

Metrik untuk Masuk ke Pasar Koin Meme

Sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk memutuskan masuk ke pasar koin meme bisa dengan memahami hubungan antara pasar saham koin meme dengan harga Bitcoin. Melalui analisis tambahan ini ini, investor memperoleh wawasan yang lebih luas.

Gambar: Metrik indeks saham pasar koin meme dan Bitcoin. Sumber: Blockcircle.

Metrik bisa berguna untuk menunjukkan hubungan terbalik yang bisa jelas terlihat antara indeks saham pasar koin meme dan Bitcoin (BTC), sangat mirip dengan hubungan antara GME dan DOGE tetapi tingkat kepercayaan lebih tinggi.

Hubungan terbalik yang dimaksud adalah ketika salah satu harga aset naik yang lain cenderung turun begitupun sebaliknya. Jadi, jka harga Bitcoin (BTC) naik maka harga indeks saham pasar koin meme cenderung turun. Sebaliknya, jika harga Bitcoin (BTC) turun, harga indeks saham pasar koin meme cenderung naik.

Gerak tidak searah atau berlawanan berarti harga Bitcoin naik dan pasar koin meme turun atau sebaliknya. Metrik di atas berguna untuk membantu mengidentifikasi puncak dan dasar pasar.

Contoh Penggunaan Metrik

Contohnya bisa dilihat dalam perbandingan DOGE/SL dan SOL/BTC yang digunakan untuk memantau posisi dalam siklus pasar. Tujuannya adalah untuk melihat koin mana saat ini yang sedang mengendalikan pasar. Saat ini, Solana (SOL) memimpin diantara koin lainnya. 

Gambar: SOL/BTC. Sumber: Blockcircle.

Sementara itu, DOGE baru saja turun di bawah pola segitiga simetris, DOGE harus bisa naik di atas pola tersebut untuk mendapatkan kenaikan harga.

Gambar: DOGE/SOL. Sumber: Blockcircle.

Saat Dogecoin berhasil memimpin pasar (harganya lebih tinggi) maka koin meme lainnya seperti Shiba Inu (SHIB), WIF, PEPE, dan BONK perlu melampaui DOGE. Ketika harga koin lainnya lebih tinggi dari DOGE maka disitulah momen mania meme coin sesungguhnya.

Kesimpulan

Alokasi koin meme meningkat karena didorong oleh investor institusional dan partisipasi dari selebriti memperluas penerimaan dan eksposur pasar kripto. Meski eksposur luas dan bisa membawa keuntungan, perlu diingat bahwa pasar koin meme itu spekulatif dan bisa mengarah pada fluktuatif.

Jika ingin berinvestasi pada koin meme sangat disarankan untuk melakukan penelitian mendalam serta pemahaman yang baik untuk menghindari keputusan berinvestasi yang mungkin berakhir dengan kerugian. 

Artikel ini ditulis oleh Helena Agnes Rahangiar, Leader of Blockcircle Indonesia.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Blockcircle Indonesia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.