Harga · 8 min read

Analisis Harga BTC, ETH, BNB, ADA, dan XRP Hari Ini!

Analisis harga top kripto

BTC sempat menyentuh harga $23.430 di awal tahun 2023 yang membuat valuasi pasar kripto kembali menyentuh di atas $1 triliun pada 24 Januari 2023 kemarin berdasarkan data coinmarketcap.

Setelah mengalami reli dari awal tahun, BTC dan top kripto lainnya mengalami koreksi dalam 24 jam terakhir. Valuasi pun kembali turun dan per artikel ini ditulis valuasi berada di angka $981 miliar, per 25 Januari 2023 pukul 15.00 WIB. Bagaimana pergerakan harga Bitcoin dan top kripto lainnya? Berikut ini analisnya.

BTC

btc
Grafik harga Bitcoin

Per 25 Januari 2023 pukul 15.00 WIB, dalam 24 jam BTC mengalami penurunan hampir -1,5% dan diperdagangkan pada harga $22.722. Berdasarkan Fibonacci retracement Bitcoin sedang menghadapi resistance $23.000 terlihat setelah pertama kali menembus level ini 4 hari lalu, Bitcoin masih berada disekitar $23.000.

Jika tren kenaikan berlanjut maka resistance selanjutnya adalah $25.000 dimana harga ini terakhir terlihat pada Agustus 2022. Tetapi jika koreksi terjadi secara kontinu, maka target support berada di harga: $22.200, $20.900, dan $18.900.

ETH

Gambar: Grafik harga Ethereum

Ethereum menunjukan koreksi harga -4,8% dalam 24 jam terakhir dan diperdagangkan pada harga $1.555. Sebelumnya, Ethereum sempat mencetak harga tertinggi di tahun ini yakni $1.680 dan berdasarkan garis Fibonacci, $1.700 adalah resistance. Resistance teratas adalah di $2000 yakni harga pada Agustus 2022 sekaligus menjadi harga psikologis untuk Ethereum.

Saat ini ETH sedang menguji support $1.540 dan jika koreksi berkelanjutan maka adapun support yang mungkin dituju adalah $1.470 dan $1.380.

Mengingat pada Maret 2023 ini akan ada Shanghai Hardfork dengan validator yang memungkinkan melakukan penarikan ETH yang telah di-staking selama 2 tahun, maka perlu diantisipasi adanya tekanan jual.

Baca juga: Uji Coba Upgrade Shanghai, Developer Ethereum Lakukan Shadow Fork

BNB

Grafik harga BNB
Grafik harga BNB

BNB mengalami koreksi harga sebesar -4,4% dalam 24 jam terakhir dan diperdagangkan pada harga $303,6. Jika dilihat dari tingkat recovery, BNB bisa dikatakan salah satu aset kripto yang cepat pulih bisa dilihat dari harga tertinggi tahun ini di $323,5 dimana harga ini hampir menyamai harga Agustus 2022 lalu.

Untuk menembus harga yang lebih tinggi, maka BNB mesti melewati resistance di $307 dan $330. Adapun support BNB berada di harga: $297 dan $281 jika koreksi tetap berlanjut.

XRP

Gambar: Grafik harga XRP

XRP mengalami penurunan harga -3,4% dalam 24 jam terakhir dan diperdagangkan pada harga $0,410. XRP sedang berusaha melewati resistance $0,409 untuk menuju resistance selanjutnya di $0,431. Jika tren naik gagal dipertahankan, maka XRP kemungkinan menuju harga support di: $0,385 dan $0,374.

Perlu diingat bahwa harga XRP sangat tertekan dengan adanya kasus dengan SEC terbukti dengan gagalnya XRP mencapai all time high (ATH) pada bullrun 2021 lalu. Dengan demikian harga XRP akan mengikuti respons dari market kripto itu sendiri atau adanya update terbaru dari perkembangan kasusnya dengan SEC.

Baca juga: Ripple vs SEC Pengacara Ripple Kantongi Bukti Penting, Menang atau Kalah?

ADA

Gambar: Grafik harga Cardano

Dalam 24 jam terakhir, Cardano (ADA) mengalami koreksi sebesar -5,7% dan diperdagangkan pada harga $0,361. Sama seperti XRP, Cardano belum mencapai harga pada November 2022 sebelum kejadian FTX walaupun sudah mengalami reli harga.

Jadi target tertinggi dalam jangka pendek jika kenaikan terus berlanjut adalah $0,427, harga ini adalah support kuat yang menjaga harga Cardano dari Mei-Oktober 2022. Namun sebelum itu, Cardano mesti melewati resistance $0,378 terlebih dulu. Jika koreksi berlanjut, maka terdapat support di harga: $0,335 dan $0,315.

Cardano akan kehadiran dua stablecoin yakni DJED dan USDA yang secara garis besar akan meramaikan ekosistem DeFi pada Cardano. Jika stablecoin ini berhasil meluncur maka kemungkinan besar user akan melakukan farming dengan token LP dengan pasangan ADA sehingga membantu kenaikan harga Cardano.

Baca juga: Cardano akan Rilis Dua Stablecoin di 2023, Ini Prospek Harga ADA!


Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan untuk menyampaikan informasi dan bukan sebuah saran untuk berinvestasi. Selalu lakukan riset secara mandiri sebelum mengambil keputusan investasi.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.