Berita Altcoins · 6 min read

Aliran Dana ke Crypto Ini Duduki Peringkat Pertama Pekan Lalu

CoinShare baru saja mempublikasi laporan aliran dana yang masuk ke mayoritas aset digital pada pekan lalu.

Nampaknya aliran dana paling banyak telah mengalir ke Cardano (ADA) jika mengacu pada laporan pekan ini yang mengalami suntikan dana sebesar $10 Juta atau Rp143,48 Miliar.

Cardano Memimpin Aliran Dana Laporan Pekan Ini

Suntikan dana tersebut juga terjadi bersama Bitcoin (BTC) yang mengalami dana keluar sebesar $111 Juta atau Rp1,59 Triliun.

Dalam laporan tersebut, CoinShares memperlihatkan data dana keluar yang cukup signifikan dalam pasar crypto yang terjadi bersama koreksi Bitcoin.

Aliran tersebut terjadi pada pekan lalu bersama dengan banyaknya dana keluar dari mayoritas crypto, namun tidak untuk Cardano.

Diprediksi menurut laporan tersebut bahwa aliran dana tersebut disebabkan investor memilih crypto dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Hal ini berkesinambungan akibat koreksi yang terjadi beberapa hari nampak dimulai oleh narasi Blockchain Bitcoin yang merusak lingkungan.

Namun secara keseluruhan, kondisi ini membentuk apresiasi yang kuat dimana walau terjadi koreksi ADA relatif kuat.

Dalam satu terakhir, aliran dana dari investor institusional telah meningkat dan berada di angka sekitar $24 Juta atau Rp344,35 Miliar.

Bitcoin Masih Mengalami Aliran Dana Keluar

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa saat ini Bitcoin masih mengalami aliran dana keluar dalam jumlah yang cukup besar.

Dalam laporan pada 17 Mei 2021 oleh CoinShare, tercatat bahwa terjadi aliran dana keluar sebanyak $115 Juta atau Rp1,65 Triliun.

Dana ini juga ditambah dengan aliran keluar pada laporan yang baru saja dipublikasi pekan ini yaitu sekitar $111 Juta atau Rp1,59 Triliun.

Menurut data dari Glassnode, nampaknya mayoritas aliran dana keluar tersebut masih didorong oleh investor dengan umur wallet yang kurang dari 155 hari.

Hal tersebut menandakan bahwa kemungkinan besar tekanan jual terjadi dorongan jual oleh investor baru.

Namun saat ini Bitcoin mulai pulih dan berkonsolidasi yang menandakan adanya dorongan beli yang juga kuat yang menyeimbangi tekanan jual.

Kemungkinan besar hal tersebut menjadi pertanda adanya akumulasi di harga koreksi oleh beberapa investor dengan dana yang besar.

Pemulihan ini juga didukung oleh Dolar Amerika yang sedang melemah pada awal pekan ini.

Hal ini menandakan kemungkinan pemulihan kembali untuk crypto dalam waktu dekat.

Tapi saat ini nampaknya masih banyak FUD yang beredar terutama dari Cina. Walaupun begitu, saat ini terdapat beberapa sentimen positif yang juga mulai menyeimbangi kondisi pasar.

Namun untuk saat ini nampaknya konsolidasi masih akan terjadi. Kemungkinan stabilisasi untuk mulai pulih baru akan terlihat pada pekan depan atau awal Bulan Juni.

Secara keseluruhan, walau saat ini terjadi koreksi masih terdapat beberapa crypto berfundamental baik yang terbukti kuat, dimana salah satunya adalah Cardano.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.