7 Alat untuk Kreator NFT di Tezos

Anisa Giovanny

16th August, 2022

Tezos merupakan blockchain ramah lingkungan yang menjadi tempat berbagai proyek crypto terkemuka. Dari banyaknya proyek yang ada di blockchain tersebut ada beberapa proyek yang hadir dari hackathon yang diadakan Tezos dan cukup menarik untuk ditelusuri lebih lanjut. Apa saja itu? Simak daftarnya berikut ini. 

Salamax Cutie

Salamax Cutie adalah seni kolektif mahasiswa dan profesional muda yang bertujuan untuk menggunakan puisi sebagai bentuk hiburan dan platform untuk pendidikan.

Proyek berbasis komunitas ini menginspirasi individu melalui program yang digerakkan oleh hasrat, memulai tindakan amal, dan mempromosikan seni sebagai karier.

Proyek ini memberikan banyak pengetahuan yang membantu seniman Filipina untuk memulai karir mereka di ruang NFT. Salamax Cutie ingin menghasilkan tidak hanya seniman tetapi juga mempromosikan budaya artistik di dalam negeri.

Dataverse

Dataverse adalah ruang pribadi untuk mengelola aset metaverse lintas rantai, termasuk NFT, POAP yang merupakan protokol bukti kehadiran cara baru untuk menyimpan catatan pengalaman hidup yang tidak dapat diubah, termasuk acara virtual dan tatap muka yang bisa berguna untuk hubungan sosial. 

Tujuan dari platform ini adalah untuk membangun dunia maya yang aman di mana pengguna mengendalikan data mereka serta infrastruktur data yang dapat disusun.

Proyek ini merupakan gagasan dari OwnershipLabs dari China. Dataverse mendukung kurasi NFT pengguna di berbagai marketplace, termasuk Opensea, Objkt.com, dan MagicEden.

Sebagian museum pribadi dan sebagian agregator informasi untuk manajemen konten lintas platform dan lintas rantai, Dataverse adalah penawaran yang kuat bagi mereka yang tertarik untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan dan kemudahan ke NFT mereka secara online.

Dataverse juga tersedia dalam versi ekstensi Chrome sehingga mudah digunakan, termasuk bagi pemula yang belum kenal dunia blockchain. 

Baca juga: Dataverse, Ruang Data dan Alat Kurasi NFT Ada di Tezos

NFTScan

NFTScan adalah platform analitik dan NFT explorer profesional, yang akan segera bergabung dengan blockchain Tezos. Pada akhir Juni 2022, platform Open API yang diluncurkan oleh NFTScan telah mengumpulkan lebih dari 1000 akun developer.

Visi platform adalah untuk menyediakan developer dengan layanan data yang aman dan stabil, dan pengguna dengan layanan pengambilan yang ringkas dan efisien untuk data terkait NFT.

Baca juga: Yuk! Mengenal Apa itu NFT

Sweaty NFT

Sweaty NFT adalah perangkat NFT all-in-one, tanpa kode untuk seniman yang mudah digunakan oleh pemula sekali pun. Menurut pendiri Sarisa Kojima, tim di belakang Sweaty NFT mulai ingin mendukung tetapi ternyata tidak ada cukup alat untuk mendukung artis baru. Alih-alih menunggu orang lain untuk membangunnya, Kojima dan rekan pendirinya memutuskan untuk melakukannya sendiri.  

Tim ini menerima TZ APAC Ecosystem Growth Grant (EGG) dan mulai merealisasikan idenya. Integrasi kontrak Tezos FA.2 saat ini sedang dalam pengembangan dan akan segera tersedia. Selain penyebaran smart contract, SweatyNFT juga merilis widget ‘Lazy Minting’ untuk situs web artis.

Sphere.ART

Salah satu pemenang TezAsia Hackathon perdana pada tahun 2021, Sphere.ART telah mengambil pendekatan unik terhadap konsep marketplace NFT.  Platform ini memungkinkan pencipta, perancang, dan pengembang untuk mencetak NFT bola 3D asli di blockchain Tezos. 

Fungsionalitas unik platform memungkinkan pengguna untuk menggerakkan kamera untuk mengorbit di sekitar setiap 3D Sphere NFT.

Ini memberikan kebebasan kepada pengguna untuk melihat-lihat NFT dan memiliki tampilan tiga dimensi yang dekat dengan kehidupan nyata, bermain dengan konsep bagaimana seni dilihat di ruang virtual.

3D Sphere Art Editor platform memungkinkan pembuat konten untuk membuat karya asli mereka tanpa memerlukan perangkat lunak pihak ke-3 yang rumit atau mesin yang kuat untuk membantu merender desain.

Platform ini mudah dipelajari dan digunakan, editor juga otomatis menyimpan semua pekerjaan dan tidak akan pernah kehilangan karya asli secara tidak sengaja. 

akaSwap 

akaSwap adalah platform NFT yang ramah, terbuka, dan hijau berdasarkan Tezos. Di akaSwap, semua orang dapat dengan mudah membuat, memperdagangkan, dan mengumpulkan berbagai NFT dari seluruh dunia.

Pendiri platform ini adalah Aluan Wang,  seniman digital veteran yang berbasis di Taiwan, dan akaSwap mewakili perkembangan logis bagi Wang dari artis dan pemimpin komunitas menjadi pencipta pasar. NFT di akaSwap dapat berupa apa saja termasuk gambar, video, suara, dan seni visual.

Pengguna menikmati perdagangan tanpa batas dan juga mendapatkan akaDAO atau token FA2l yang terkait dengan platform.

Kalamint

Kalamint adalah marketplace NFT berbasis komunitas pertama di blockchain Tezos. Tim di balik Kalamint sangat peka terhadap kebutuhan komunitas mereka dan telah meluncurkan fitur baru seperti fitur lelang untuk menjawab permintaan komunitas.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk mencetak dan memperdagangkan NFT, mendapat manfaat dari biaya gas Tezos yang lebih rendah dibandingkan dengan blockchain terkemuka lainnya. Platform ini gratis dan terhubung dengan mudah dengan wallet temple.


Itu dia beberapa alat yang ada di Tezos yang bisa dimanfaatkan, utamanya untuk para kreator NFT.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency