Airdrop crypto · 6 min read

5 Airdrop yang Bisa Digarap Melalui Pendle Finance

Pendle Finance

Airdrop dengan mekanisme point telah banyak menjamur di dunia kripto saat ini. Point atau sejenisnya sesuai dengan sebutan masing-masing platform, digunakan sebagai tolok ukur kontribusi pengguna terhadap platform, dengan airdrop sebagai reward kepada pengguna sesuai dengan tingkat kontribusinya.

Pendle Finance, platform perdagangan imbal hasil (yield trading) menjadi “pabrik poin” bagi pengguna yang mengincar point airdrop. Melalui produknya yakni tokenisasi aset Yield Token (YT) dengan pengali point yang sangat besar, menjadi daya tarik pengguna untuk memakai Pendle dalam menghasilkan lebih banyak point.

Pendle menyebut produk YT dengan point ini sebagai Pendle Points Party. Pengguna dapat membeli YT di Pendle untuk mendapatkan point lebih banyak. Adapun yang perlu diperhatikan dalam membeli YT adalah, YT memiliki masa jatuh tempo dan nilainya akan menjadi 0 ketika jatuh tempo.

Meskipun terdengar “rugi” sebab nilai aset menjadi 0, namun di sisi lain pengguna mendapatkan imbal hasil yang dihasilkan oleh YT ditambah bonus point airdrop yang sangat besar. Terlebih lagi, aset YT adalah liquid atau tidak dikunci sehingga bisa dijual kapan saja sebelum jatuh tempo.

Artikel ini membahas airdrop yang dapat digarap melalui produk YT pada Pendle Finance.

Renzo Protocol

Renzo Protocol adalah platform Ethereum restaking dengan ezETH sebagai token liquid restaking token (LRT). Pengguna dapat melakukan staking kembali (restaking) ETH mereka melalui Renzo di jaringan Ethereum, atau di layer-2 seperti Arbitrum, Base, Blast, dan lainnya.

renzo pendle airdrop
Gambar: YT-ezETH pada Pendle. Sumber: Pendle.

Normalnya, pengguna akan mendapatkan 1 Renzo Point dan 1 EigenLayer Point per 1 ETH yang di-restake. Namun dengan YT-ezETH di jaringan Arbitrum, pengguna bisa mendapatkan 24 Renzo Point dan 12 EigenLayer Point dengan modal yang sama.

Per artikel ini ditulis (17/4/24), YT-ezETH tersedia di jaringan mainnet Ethereum dan Arbitrum. Jadi pengguna bisa melakukan restake ETH di kedua chain tersebut pada Renzo terlebih dahulu sebelum membeli YT-ezETH.

Kelp DAO

Kelp DAO adalah platform Ethereum restaking dengan rsETH sebagai token LRT. Pengguna dapat melakukan staking kembali (restaking) ETH mereka melalui Kelp DAO di jaringan Ethereum, atau di layer-2 seperti Arbitrum, Manta Pasific, Mode, dan Blast.

kelp pendle airdrop
Gambar: YT-rsETH pada Pendle. Sumber: Pendle.

Pengguna akan mendapatkan Kelp Miles dan EigenLayer Point jika melakukan restaking di Kelp. Namun dengan YT-rsETH di jaringan Arbitrum, pengguna bisa mendapatkan Kelp Miles 35 kali lebih banyak dan EigenLayer Point 14 kali lebih banyak, dengan modal yang sama.

Per artikel ini ditulis (17/4/24), YT-rsETH tersedia di jaringan mainnet Ethereum dan Arbitrum. Jadi pengguna bisa melakukan restake ETH di kedua chain tersebut pada Kelp terlebih dahulu sebelum membeli YT-rsETH.

Etherfi Season 2

Etherfi adalah platform Ethereum restaking dengan eETH sebagai token LRT. Etherfi telah berhasil meluncurkan airdrop Season 1 dan menjalan airdrop Season 2 hingga akhir Juni 2024.

Berbeda dengan Renzo dan Kelp, restake ETH di Etherfi hanya dapat dilakukan pada jaringan mainnet Ethereum. Untuk menggunakan di jaringan Arbitrum, eETH di jaringan Ethereum mesti di-wrap menjadi weETH (fitur ini ada di situs Etherfi). Selanjutnya, weETH dapat di-bridge melalui Arbitrum Bridge.

Cara lebih mudah, pengguna dapat melakukan swap ETH di jaringan Arbitrum menjadi weETH pada DEX Camelot.

etherfi pendle airdrop
Gambar: YT-eETH pada Pendle. Sumber: Pendle.

Pengguna akan mendapatkan Etherfi Loyalty Point dan EigenLayer Point jika melakukan restaking di Etherfi. Namun dengan YT-eETH di jaringan Arbitrum, pengguna bisa mendapatkan Etherfi Loyalty Point 212 kali lebih banyak dan EigenLayer Point 106 kali lebih banyak, dengan modal yang sama.

Per artikel ini ditulis (17/4/24), YT-eETH tersedia di jaringan mainnet Ethereum dan Arbitrum. Jadi pengguna bisa menggunakan eETH di jaringan Ethereum atau weETH di jaringan Arbitrum untuk membeli YT-eETH.

Baca juga: EtherFi Revisi Distribusi Airdrop 60 Juta Token Usai Diprotes Pengguna

Ethena Season 2

Ethena adalah penerbit stablecoin USDe dengan token ENA sebagai token governance. USDe dan ENA sudah tersedia di Pendle dengan produk YT-USDe di jaringan Ethereum, Mantle, dan Arbitrum serta YT-ENA di jaringan Ethereum.

Ethena telah berhasil melakukan airdrop Season 1 yakni Shards Campaign. Untuk di putaran kedua yakni Sats Campaign, pengguna yang melakukan lock USDe dan ENA akan mendapatkan Sats sebagai poin kontribusi.

ethena pendle airdrop
Gambar: YT-USDe di Pendle. Sumber: Pendle.

YT-USDe di jaringan Mantle memberikan 189 kali Sats serta bonus EigenLayer Point sebesar 0,011 per USDe yang digunakan. Perlu dicatat bahwa hanya YT-USDe di jaringan Mantle yang meberikan bonus EigenLayer Point.

ethena pendle airdrop
Gambar: YT-ENA di Pendle. Sumber: Pendle.

YT-ENA memberikan 139 kali Sats lebih banyak dibandingkan dengan hanya melakukan holding USDe.

Baca juga: Ethena Airdrop US$450 Juta Token ENA

Zircuit

Zircuit adalah sebuah layer-2 yang mendukung staking dari token LST dan LRT, seperti yang ada di daftar ini yakni: ezETH, rsETH, eETH, dan USDe.

Pengguna dapat melakukan staking LRT dan USDe pada Zircuit untuk memperoleh Zircuit Point sekaligus point dari platform restaking yang digunakan. Staking USDe di Zircuit juga sekaligus akan mendapatkan Sats dari Sats Campaign Ethena.

zircuit pendle airdrop
Gambar: YT-eETH (Zircuit) di Pendle. Sumber: Pendle.

Per artikel ini ditulis (17/4/24), Zircuit hanya mendukung jaringan Ethereum. Hal ini menyebabkan pengguna mesti melakukan restaking di jaringan Ethereum pada masing-masing platform restaking.

Produk YT Zircuit yang ada pada Pendle antara lain: YT-USDe, YT-ezETH, YT-rsETH, dan YT-eETH. Sebagai contoh, YT-eETH (Zircuit) memberikan Etherfi Loyalty Point dan Zircuit Point 30 kali lebih banyak serta EigenLayer Point 15 kali lebih banyak.

Jika dibandingkan dengan YT-eETH tanpa Zircuit, perolehan Etherfi Loyalty Point YT-eETH (Zircuit) jauh lebih kecil, namun di sisi lain dengan keuntungan potensi airdrop Zircuit. Pengguna dapat menyesuaikan ingin membeli YT Zircuit sesuai dengan tujuan dan fokus farming airdrop yang sedang dilakukan.

Baca juga: Program Staking Zircuit Raih US$129 Juta TVL dalam 24 Jam! 


Masih ada airdrop lainnya yang dapat dieksplorasi seperti Swell (YT-rswETH), Bedrock (YT-uniETH), dan Puffer Finance (YT-pufETH).

Produk YT dari Pendle memiliki masa jatuh tempo dan akan bernilai 0 pada hari jatuh tempo. Hal ini perlu menjadi pertimbangan bagi pengguna yang ingin membeli YT. Di sisi lain, keuntungan yang diperoleh adalah imbal hasil (yield) yang dihasilkan YT hingga jatuh tempo dan bonus point airdrop yang berlimpah.

Dengan membeli YT, maka pengguna mesti telah melakukan riset mandiri dan memiliki keyakinan tinggi akan proyek yang sedang digarap untuk airdrop. Sejauh ini, YT pada Pendle telah memberikan dampak yang signifikan seperti pada airdrop Ethena dan Etherfi, dimana pengguna memperoleh alokasi airdrop yang lebih banyak dengan memanfaatkan YT pada Pendle.

Baca juga: Harga PENDLE Naik 375%, Sentuh Harga Tertinggi Baru!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.