Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Airdrop crypto · 7 min read

EtherFi Revisi Distribusi Airdrop 60 Juta Token Usai Diprotes Pengguna

Etherfi

Platform restaking Ethereum, EtherFi airdrop sebanyak 60 juta token ETHFI kepada pengguna platform yang memenuhi syarat. Terdapat protes terkait distribusi airdrop yang diklaim tidak adil oleh beberapa pengguna.

EtherFi Airdrop

Setelah tepat setahun lalu diluncurkan di mainnet Ethereum, EtherFi akhirnya melakukan desentralisasi kepengurusan protokol dengan meluncurkan token ETHFI melalui airdrop.

etherfi airdrop
Gambar: Tokenomic ETHFI. Sumber: Ether.fi

Berdasarkan tokenomic dari token ETHFI, disebutkan bahwa terdapat 11% alokasi untuk airdrop. Dengan supply maksimum token yakni 1 miliar ETHFI, maka terdapat 110 juta token untuk airdrop.

EtherFi airdrop dibagi menjadi dua fase yakni Season 1 dengan alokasi airdrop 6%, dan Season 2 dengan alokasi airdrop 5%. Season 2 akan dimulai langsung setelah airdrop Season 1, namun periode pencatatan aktivitas belum diumumkan.

Untuk Season 1, pengguna yang berhak mendapatkan airdrop adalah mereka yang melakukan aktivitas berikut sebelum tanggal 15 Maret 2024:

  • Holder NFT Ether Fans
  • Solo Staker pada platform EtherFi
  • Pengguna dengan minimum 1.000 poin EtherFi yang dihasilkan dari restaking eETH.

Pengguna sudah dapat memvalidasi wallet mereka melalui website resmi untuk mengecek alokasi ETHFI yang didapatkan. Proses klaim token akan tersedia pada 18 Maret 2024 pukul 18.00 WIB.

Protes Terkait Alokasi Airdrop

Pihak EtherFi melalui akun resmi di platform X, mengumumkan airdrop pada 16 Maret 2024 dan sekaligus mencantumkan link untuk mengecek alokasi token yang didapatkan pengguna.

Hanya berselang beberapa saat, postingan tersebut menuai banyak komentar dari pengguna yang menyatakan ketidakpuasan terhadap alokasi token yang diberikan. Mereka menganggap kontribusi mereka telah lama di platform berdasarkan poin yang dikumpulkan.

Hal lain yang membuat mayoritas pengguna kesal adalah, sebuah wallet yang terindikasi terkait dengan Justin Sun, mendapatkan alokasi token hingga 3,6 juta ETHFI. Melalui penelusuran on-chain, wallet ini menyetorkan 120.000 ETH tepat tiga hari sebelum snapshot. Ini membuat pengguna menganggap airdrop ini hanya untuk whale.

Menanggapi hal ini, pihak EtherFi dengan sigap menghentikan sementara link pengecekan wallet dan merevisi distribusi token agar lebih adil.

Revisi ini memberikan dampak yang signifikan bagi sebagian besar pengguna dengan jumlah staking yang kecil. Alokasi minimal yang sebelumnya adalah 22 ETHFI menjadi 175,1 ETHFI.

Baca juga: Liquid Restaking Ether.fi Raih US$23 Juta Pendanaan Seri A

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.