Berita Industri · 8 min read

ABI Respon Positif Akuisisi Tokocrypto oleh Binance!

Akusisi Tokocrypto oleh Binance menjadi salah satu pembicaraan hangat di industri kripto Indonesia, hal ini pun turut mendapatkan perhatian dari Asosiasi Blockchain Indonesia.

” Akuisisi Tokocrypto oleh Binance merupakan hal yang baik bagi keseluruhan industri aset kripto Indonesia, khususnya dengan mempertimbangkan posisi Binance di global market sebagai salah satu Exchange terbesar dunia,” kata Asih, Ketua ABI, saat diwawancarai oleh Coinvestasi (22/12).

Indonesia sendiri menurut Asih telah memegang posisi yang signifikan di pasar kripto global, dengan jumlah pertumbuhan investor hampir 50% dari jumlah investor terdaftar pada akhir 2021, yakni sebesar 11,2 juta pelanggan, menjadi mencapai 16,4 juta pelanggan di bulan Oktober 2022 lalu.

Jumlah trader kripto di Indonesia
Jumlah trader kripto di Indonesia

Baca juga: Breaking! Binance Resmi Akuisisi Tokocrypto

Akuisisi Binance yang dilatarbelakangi investasi pada Tokocrypto tahun 2020 lalu dapat mendorong bisnis transaksi aset kripto menjadi lebih baik dan memberikan peluang pertumbuhan sektor Web3 di Indonesia.

” Dengan kondisi pasar yang bear market, hal ini dapat menjadi kesempatan pengembangan pasar yang lebih baik di Indonesia,” jelas Asih.

Baca juga: Tokocrypto Resmi Diakuisisi Binance, 58% Karyawan Tokocrypto Kena PHK

Legalitas Binance Akusisi Tokocrypto

Menurut Asih, dari segi peraturan, tidak ada larangan untuk hal tersebut. Karena proses merger & acquisition seluruhnya bergantung pada kondisi masing-masing perusahaan dan dapat menjadi upaya market expansion bagi perusahaan.

Namun Asih menekankan, meski praktik ini banyak terjadi, namun dengan adanya persyaratan yang ditetapkan Bappebti dalam pendaftaran izin exchange kripto di Indonesia tentu penyaringan kelayakan masih tetap ada. Khususnya dengan adanya persyaratan modal dasar sebesar Rp100 miliar, strategi ini dapat menjadi pendukung keberlangsungan bisnis.

Baca juga: 3 Bursa Kripto yang Diakuisisi Binance

ABI Akan Awasi Proses Akusisi

ABI sendiri berkomitmen untuk memobilisasi dan mengayomi para pelaku industri blockchain dan aset kripto guna menciptakan ekosistem bisnis yang berkualitas yang memacu pemahaman, pemanfaatan, kemajuan dan daya saing yang baik pada pasar nasional dan global serta mendukung pemerintah dalam penyelenggaraan pengawasan industri.

Tentu ya, sebagai exchange yang terdaftar di Bappebti, pasti proses ini akan dilaporkan kepada Bappebti sebagai bentuk pengawasan (…) ABI yakin pemerintah juga saat ini masih memantau perkembangan akuisisi yang dijalankan & dengan baik mengarahkan proses pada kepatuhan yang ada,” katanya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.