5 Crypto Potensial untuk Bulan Desember: QTUM, STX, RUNE, SAND, ENJ

Naufal Muhammad

1st December, 2021

Akhir tahun nampaknya semakin dekat dan pasar crypto masih memiliki potensi untuk bergerak naik lebih tinggi.

Dengan kondisi pasar yang belum negatif tersebut dan memiliki ruang gerak lebih tinggi, nampaknya terdapat beberapa crypto yang memiliki sentimen positif.

Dalam artikel ini akan diberikan lima analisis mengenai crypto yang memiliki potensi positif untuk bergerak naik lebih tinggi di Bulan Desember.

Qtum (QTUM)

Pertama adalah QTUM yang memiliki sentimen positif yaitu halving atau pengurangan sebesar setengah untuk para validatornya.

Halving tersebut dikabarkan akan dilaksanakan pada 1 Desember 2021 hingga 2 Desember 2021 yang dilakukan dalam mekanisme unik

QTUM adalah sebuah blockchain yang memiliki sistem validasi transaksi Proof of Stake. Namun terdapat sistem halving dalam imbalan para validator, bukan karena sistem mining, namun karena mekanisme jaringan.

Hasilnya, jumlah QTUM yang beredar akan terus berkurang sebesar setengah setiap empat tahun sekali, membuat koinnya lebih langka.

Halving ini dapat membuat kelangkaan dan kemungkinan dapat mendorong harganya naik karena jumlah persediaannya yang terbatas.

Dari sisi teknikal, terlihat bahwa QTUM sedang bergerak positif dan kemungkinan dapat naik lebih tinggi dalam Bulan Desember.

Grafik Harian QTUMUSD

Kemungkinan besar jika naik lebih tinggi, QTUM dapat menuju $26.89 hingga $35.5 pada Bulan Desember selama menjaga batas bawah pada $10.7.

Stacks (STX)

Berikutnya adalah Stacks yang memiliki beberapa sentimen positif dari sisi pembaruan dan juga volume Non Fungible Token (NFT) yang meningkat.

Pertama adalah acara Premoney yang akan membahas mengenai investasi pada proyek crypto secara privat untuk meningkatkan kesadaran kepada Stacks.

Selanjutnya adalah peluncuran jaringan utama barunya bernama ALEX yang akan dilaksanakan pada 3 Desember 2021 setelah acara Premoney.

Setelah itu akan dilaksanakan pembaruan jaringan tersebut pada 6 Desember 2021 dengan proposal SIP-012 untuk meningkatkan keterikatannya dengan Bitcoin.

Bersama dengan peluncuran tersebut, Stacks juga akan melaksanakan lelang NFT pada 2 Desember 2021 yang akan dilaksanakan di Blockchain Stacks.

Terakhir adalah peluncuran koleksi NFT Crash Punks pada 12 Desember 2021 serta peluncuran koleksi NFT MegaPont pada 20 Desember 2021.

Kabar-kabar ini dapat menjadi sentimen positif yang dapat mendorong harga STX naik dalam Bulan Desember ini. Dari sisi teknikal, STX sedang bergerak naik setelah melewati batas atasnya saat ini.

Grafik Harian STXUSD

Selama batas bawah pada $2.9 masih terjaga, kemungkinan STX masih bisa naik lebih tinggi menuju $4 hingga $6 dalam Bulan Desember.

Thorchain (RUNE)

Ketiga adalah RUNE yang berpotensi mengalami sentimen positif yaitu pada Blockchainnya yang akan meluncurkan jaringan utama barunya.

Peluncur tersebut akan dilaksanakan pada 25 Desember 2021, yang juga akan dilaksanakan bersama dengan integrasi kepada Blockchain Terra.

Kabar positif tersebut dapat membuat jaringan Thorchain lebih meningkat dalam volume transaksi yang juga dapat mendorong kebutuhan terhadap RUNE.

Kemungkinan besar kabar ini dapat mendorong RUNE naik lebih tinggi bersama beberapa sentimen lainnya dari sisi pembaruan Thorchain.

Dari sisi teknikal, terlihat bahwa RUNE sedang berusaha untuk bergerak naik lebih tinggi setelah keluar dari zona pergerakan turunnya saat ini.

Grafik Harian RUNEUSD

Kemungkinan besar selama masih menjaga batas bawah pada $10.48 hingga $9.17 RUNE masih dapat naik menuju $15.5 hingga $17.8 dalam Bulan Desember ini.

The Sandbox Game (SAND)

SAND juga menjadi salah satu crypto yang dapat mengalami apresiasi lebih tinggi lagi akibat adanya beberapa sentimen positif terkait permainannya.

Pertama adalah peluncuran Foundation DAO yang merupakan sebuah Decentralized Autonomous Organization untuk Sandbox Game.

DAO tersebut akan berfungsi untuk menjaga sistem governance atau hak pemberian suara dari seluruh investor SAND.

Mengingat SAND adalah permainan yang terdesentralisasi, fitur ini menjadi penting, agar pemain dan pemilik token dapat selalu memberi pendapat terhadap pembaruan.

Peluncuran ini akan dilakukan pada 31 Desember 2021 bersama dengan peluncuran Game Maker 1.0 yang akan berguna untuk membangun lingkungan dii Metaverse Sandbox.

Nantinya Game Maker 1.0 ini akan membuat pemain dapat memindahkan NFT yang sudah diciptakannya untuk menjadi barang asli di Metaverse SAND.

Kabar positif ini dapat meningkatkan ketertarikan yang lebih tinggi terhadap metaverse SAND dan kemungkinan dapat meningkatkan minat beli tokennya.

Dari sisi teknikal, saat ini SAND sedang berusaha naik untuk keluar dari zona apresiasi sebelumnya, walau masih bergerak menyamping.

Grafik Harian SANDUSD

Selama batas bawah pada $6 hingga $5.7 masih terjaga, kemungkinan besar SAND masih dapat naik menuju $14 pada Bulan Desember

Enjin (ENJ)

Terakhir adalah Enjin yang saat ini sedang terimbas ketenarannya akibat fenomena NFT dan juga game blockchain.

Enjin merupakan sebuah blockchain yang dikabarkan akan mengalami sentimen positif dari pembaruan jaringannya.

Pembaruan tersebut adalah peluncuran jaringan Efinity yang akan dilaksanakan kemungkinan besar pada 31 Desember 2021.

Tujuan dari pembaruan tersebut adalah untuk mempercepat transaksi pada blockchain Enjin dan juga merendahkan biaya transaksi terutama terkait NFT.

Kabar ini kemungkinan besar dapat mendorong harga ENJ untuk naik lebih tinggi, terutama dengan banyaknya tokoh crypto yang mendorong ketenaran ENJ.

Dari sisi teknikal, terlihat bahwa ENJ masih menjaga pergerakan apresiasinya dalam beberapa pekan terakhir.

Grafik Harian ENJUSD

Kemungkinan besar selama masih dapat menjaga batas bawah pada $3.5, ENJ masih dapat naik lebih tinggi menuju $5 hingga $7 di Bulan Desember.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Untuk informasi yang lebih lanjut, tonton video di bawah ini

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.