5 Crypto Potensial Pekan Ini: THETA, IOTX, EGLD, ATOM, HBAR

Naufal Muhammad

14th March, 2022

Pekan ini mayoritas crypto masih terlihat bergerak dalam konsolidasi dan belum memberikan pergerakan yang jelas. 

Umumnya di awal pekan saat terjadi konsolidasi, terdapat potensi apresiasi yang cukup signifikan sebelum koreksi kembali. 

Narasi ini sesuai dengan adanya publikasi suku bunga acuan Amerika yang akan terjadi mendekati akhir pekan yaitu sekitar 17 Maret 2022 yang dapat menjadi sentimen negatif.Β 

Sehingga menuju saat tersebut, ada kemungkinan harga akan naik terlebih dahulu sebelum kembali koreksi. 

Dalam kondisi tersebut terdapat lima crypto yang memiliki sentimen positif sehingga dapat mendorong harganya untuk naik. 

Theta Network (THETA)

Pertama adalah THETA yang dikabarkan memiliki dua sentimen positif pada pekan ini yaitu peluncuran jaringan baru dan integrasi ke blockchain lain.Β 

Dikabarkan bahwa pada 14 Maret 2022 THETA akan meluncurkan jaringan terbarunya atau hard fork dengan mekanisme baru yang membuat THETA lebih efektif. 

Selain itu kabar baik lainnya juga adalah THETA akan integrasi dengan Blockchain Cosmos dan pada 17 Maret 2022 jaringan uji coba akan diluncurkan. 

Peluncuran kedua hal ini akan membuat adopsi THETA semakin luas dan lebih terbuka untuk kerja sama dengan jaringan lain. 

Sebab, dengan masuknya THETA ke ekosistem Cosmos, maka Theta Network dapat menggunakan teknologi IBC atau Inter-Blockchain Communication.

Teknologi tersebut membuat suatu token dari berbagai blockchain dapat berpindah dengan mudah sehingga membuat ekosistem blockchain lebih menyatu. 

Dari sisi teknikal saat ini THETA sedang bergerak di batas bawahnya setelah koreksi dan membentuk pola segitiga menurun. 

5 Crypto Potensial Pekan Ini: THETA, IOTX, EGLD, ATOM, HBAR
Grafik Harian THETAUSD

Jika berhasil keluar dari batas atasnya pada $2.7 maka kemungkinan THETA dapat naik hingga menuju $3 dalam waktu dekat. 

IoTeX (IOTX)

Kedua adalah IOTX yang dikabarkan akan melaksanakan sesi AMA atau Ask Me Anything mengenai masa depan IOTX dan adopsinya di dunia internet. 

AMA ini dikabarkan dilaksanakan dengan StealthEX yang merupakan sebuah DeX yang terintegrasi dalam ekosistem IOTX. 

Sesi ini akan dilaksanakan pada 14 Maret 2022 yang umumnya akan membawa beberapa informasi baru mengenai IOTX. 

Jika terjadi publikasi kabar terbaru, ada kemungkinan IOTX akan naik cukup signifikan terutama terkait berita adopsi atau kerja sama di dunia internet. 

Dari sisi teknikal, saat ini IOTX sedang berusaha untuk bergerak naik namun berada di batas bawah pergerakan apresiasi saat ini. 

5 Crypto Potensial Pekan Ini: THETA, IOTX, EGLD, ATOM, HBAR
Grafik Harian IOTXUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $0.066 hingga $0.061 masih terjaga, IOTX dapat bergerak naik menuju $0.1 dalam beberapa hari ke depan.

Elrond (EGLD)

Ketiga adalah Elrond yang dikabarkan akan meluncurkan fitur Metabonding pada DeX terbesarnya yaitu Maiar.Β 

Metabonding merupakan sebuah fitur yang bergerak seperti inkubasi bisnis atau proyek terkait Web 3.0 yang ada dalam ekosistem Elrond. 

Nantinya pada developer yang ingin membangun proyek dapat bekerja sama dengan Elrond untuk mendapatkan pendanaan dan bimbingan terkait proyeknya untuk menjadi bagian dari ekosistem Elrond. 

Dana yang diberikan kepada developer berasal dari dana staking yang dilakukan oleh investor, dimana investor dapat menolak dan menyetujui untuk berpartisipasi. 

Nantinya, investor akan mendapatkan token baru dari Metabonding dan mendapatkan alokasi dari proyek yang akan dibentuk sebagai investor awal. 

Snapshot atau masa pencatatan untuk alokasi token Metabonding akan dilaksanakan pada 15 Maret 2022 yang menjadi insentif untuk staking EGLD. 

Kabar ini dapat memperluas ekosistem dan adopsi Elrond sebagai blockchain karena dapat meningkatkan ketertarikan di sekitarnya. 

Dari sisi teknikal, saat ini EGLD sedang relatif koreksi namun masih bertahan di batas bawahnya. 

5 Crypto Potensial Pekan Ini: THETA, IOTX, EGLD, ATOM, HBAR
Grafik Harian EGLDUSD

Kemungkinan jika berhasil menjaga batas bawah pada $135 dan bergerak naik, EGLD dapat bergerak naik menuju $154 hingga $166 dalam beberapa hari ke depan. 

Cosmos (ATOM)

Keempat adalah ATOM yang saat ini sedang mengalami adopsi cukup signifikan setelah Cosmos memperkenalkan teknologi IBC. 

Setelah teknologi IBC atau inter-blockchain communication mulai digunakan, semakin banyak proyek yang integrasi ke dalam ekosistem Cosmos. 

Sebab, IBC tersebut berperan sebagai jembatan untuk mempermudah transaksi token atau koin antara satu blockchain dengan blockchain lainnya. 

Saat ini proyek yang akan masuk ke dalam ekosistem Cosmos melalui IBC ini adalah Theta Network yaitu pada 17 Maret 2022. 

Ada kemungkinan dengan kabar ini tidak hanya THETA yang mendapatkan sentimen positif namun juga ATOM sebagai tuan rumah dari integrasi ini.

Dari sisi teknikal saat ini ATOM sedang bergerak relatif lemah namun memiliki potensi apresiasi dalam beberapa hari ke depan dengan kabar ini. 

5 Crypto Potensial Pekan Ini: THETA, IOTX, EGLD, ATOM, HBAR
Grafik Harian ATOMUSD

Selama batas bawah pada $26 hingga $24 masih terjaga, ATOM dapat bergerak naik menuju $32 dalam waktu dekat. 

Hedera (HBAR)

Kelima adalah HBAR yang akan mengadakan virtual meeting atau pertemuan virtual untuk membahas arsitektur jaringan Hedera.

Dikabarkan bahwa pertemuan yang akan dilaksanakan pada 17 maret 2022 tersebut akan fokus membahas mekanisme konsensus untuk Hedera. 

Selain itu, dalam pertemuan tersebut terdapat kabar akan adanya diskusi mengenai potensi inovasi dan adopsi terbaru untuk ekosistem Hedera. 

Jadi ada kemungkinan kabar positif yang datang dari pertemuan tersebut sehingga dapat menjadi sentimen positif untuk HBAR. 

Dari sisi teknikal, saat ini HBAR masih terlihat lemah namun memiliki potensi untuk kembali pulih bersama sentimen positif ini.

5 Crypto Potensial Pekan Ini: THETA, IOTX, EGLD, ATOM, HBAR
Grafik Harian HBARUSD

Selama batas bawah pada $0.20 hingga $0.188 masih terjaga dan batas atas pada $0.225 berhasil dilewati, HBAR dapat bergerak naik menuju $0.275 dalam beberapa hari ke depan. 

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.