Uji Coba Radar Drone, Neuron Manfaatkan Hedera

Rossetti Syarief

10th January, 2022

Pemerintah Inggris dilaporkan telah mendukung Hedera Hashgraph dan Perusahaan Teknologi Neuron Innovations untuk melakukan uji coba pengumpulan dan penyimpanan data drone menggunakan layanan public ledger consensus.

Dalam pernyataannya, Hedera Hashgraph bekerja dengan Neuron Innovations untuk menguji coba pembagian yang aman dari wilayah udara dengan menggunakan pesawat tak berawak komersial, militer, serta pemerintah.

“Kami telah memungkinkan perjalanan drone jarak jauh tanpa awak menggunakan infrastruktur penerbangan dengan sistem keamanan yang ketat.” Ungkap CEO Neuron, Niall Greenwood.


Hedera Hashgraph Digunakan untuk Melacak Drone

Uji coba multi-drone diadakan di Port Montrose, Skotlandia dan Universitas Cranfield di Bedfordshire pada bulan April dan Oktober 2021 silam.

Kolaborasi antara kedua pihak membuat sensor Neuron merekam jalur penerbangan drone dan data lokasinya.

Pada saat yang sama, Hedera consensus memainkan peran penting dalam membuat stempel waktu dari data yang dikumpulkan dari setiap drone dan mencatatnya decentralized public ledger.

Ini adalah salah satu dari beberapa program terkait drone yang didukung oleh Departemen Bisnis, Energi, dan Strategi Industri Inggris.

Idenya adalah untuk mengembangkan proses pelacakan dan mengikuti drone serta pesawat tak berawak lainnya yang sangat mudah dilakukan setelah penerbangan mereka membuat mereka tidak terlihat.

Sementara Hedera Hashgraph sendiri merupakan jaringan public distributed ledger technology, dimana sebuah protokol akan memungkinkan keamanan berbasis data digital yang terdesentralisasi.

Baca juga: Demam Metaverse Dorong Harga HBAR 40%

Hedera Hashgraph sebelumnya juga telah menjalin sejumlah kolaborasi untuk menerapkan teknologi blockchain dalam aplikasi dunia nyata di beberapa sektor. 

Pada November 2021, Cointelegraph melaporkan bahwa Dewan Hedera bermitra dengan ServiceNow, platform alur kerja digital berbasis cloud, untuk mengintegrasikan Platform Now dan menciptakan tingkat kepercayaan serta tanggung jawab baru dalam transaksi digital.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.