5 Crypto dengan Kabar Potensial di Bulan Oktober: HBAR, IOTX, ONE, CRO, FIRO

Naufal Muhammad

4th October, 2021

Oktober telah tiba dan umumnya pasar crypto mengalami apresiasi harga yang cukup signifikan jika bercermin pada pergerakan tahun-tahun sebelumnya.

Kondisi ini dapat membawa pergerakan positif terutama untuk crypto yang juga memiliki sentimen positif secara internal.

Dalam artikel ini akan diberikan lima crypto potensial yang kemungkinan besar dapat bergerak naik bersama kondisi pasar dan kabar positif.

Hedera Hashgraph (HBAR)

Pertama adalah HBAR yang merupakan salah satu crypto yang terus berkembang sejak beberapa bulan yang lalu.

Pada 7 Oktober 2021 ini, nampaknya HBAR masih akan terus melakukan pembaruan terhadap jaringan utamanya.

Saat ini pembaruan jaringannya adalah kelanjutan dan versi terbaik dari pembaruan jaringan sebelumnya yaitu versi 0.18.x.

Dikabarkan bahwa versi ini akan resmi meluncur pada 7 Oktober 2021, yang dapat menjadi sentimen positif untuk HBAR.

Pembaruan ini dapat membuat sentimen positif akibat dapat meningkatkan kecepatan transaksi pada jaringannya.

Selain itu, pembaruan ini juga membawa efisiensi yang kemungkinan dapat membuat gelar jaringan HBAR sebagai jaringan ramah lingkungan, terus bertahan.

Dari sisi teknikal, saat ini HBAR sedang bergerak koreksi kecil namun masih berada dalam pergerakan apresiasi besar.

Kemungkinan besar pergerakan ini adalah pengujian kembali batas atas pergerakan sebelumnya sebelum naik lebih tinggi.

Grafik Harian HBARUSDT

Selama batas bawah pada $0.38 hingga $0.34 masih terjaga, kemungkinan besar HBAR masih dapat naik lebih tinggi.

Tujuan selanjutnya terlihat berada pada $0.43 hingga $0.46 sebelum dapat naik menuju $0.51 hingga $0.55.

IoTeX (IOTX)

Berikutnya adalah IOTX yang merupakan salah satu blockchain yang sedang tenar akibat kegunaannya di bidang industri teknologi 4.0.

Saat ini kabar positif yang akan datang pada IOTX adalah Hard Fork terbarunya yaitu Hard Fork V1.4.0 yang akan terjadi pada 11 Oktober 2021.

Dikabarkan bahwa Hard Fork ini akan membawa empat pembaruan yang intinya akan menyelesaikan beberapa cela dan meningkatkan efisiensi.

Hard Fork ini akan menghilangkan cela konsensus yang menyebabkan adanya pemecahan jaringan saat IOTX masih berada di Ethereum.

Selain itu, Hard Fork ini akan mempermudah penyatuan block yang meningkatkan kecepatan penciptaan block, serta mempermudah pelaporan kontrak yang gagal tereksekusi.

Terakhir, Hard Fork ini akan memperbaiki perhitungan estimasi biaya transaksi sehingga mendapatkan biaya yang lebih rendah dan transaksi yang lebih tepat.

Dari sisi teknikal, IOTX saat ini sedang bergerak keluar dari zona depresiasi atau pergerakan turunnya dan sedang berusaha untuk naik.

Grafik Harian IOTXUSDT

Selama IOTX dapat menjaga batas bawah pada $0.06 hingga $0.05, kemungkinan besar IOTX masih dapat bergerak naik.

Jika berhasil naik kembali, kemungkinan besar tujuan selanjutnya berada pada $0.072 hingga $0.84 sebelum naik menuju $0.99 hingga $0.11.

Harmony (ONE)

Ketiga adalah Harmony yang blockchainnya terlihat akan sibuk dengan banyak pembaruan pada Oktober 2021 ini.

Dikabarkan akan terjadi empat pembaruan pada Blockchain Harmony yang akan meningkatkan kualitasnya serta menambah fiturnya.

Pertama adalah adanya peluncuran jembatan untuk berkomunikasi dan berintegrasi dengan Blockchain Ethereum yang diluncurkan 18 Oktober 2021.

Berikutnya adalah peluncuran jembatan antar blockchain untuk menyambungkan Harmony dengan blockchain lain terkait transaksi NFT pada 30 Oktober 2021.

Selain itu, pada 30 Oktober 2021, Harmony juga akan meluncurkan slot untuk validator eksternal yang terdesentralisasi untuk memperkuat jaringan blockchainnya.

Terakhir adalah pada 31 Oktober 2021, dimana Harmony akan meluncurkan jembatan dengan Blockchain Bitcoin agar dapat berkomunikasi secara langsung.

Sentimen positif ini dapat meningkatkan volume transaksi pada Blockchain Harmony yang dapat mendorong kebutuhan serta harganya naik.

Dari sisi teknikal, terlihat bahwa saat ini ONE sedang berusaha keluar dan naik lebih tinggi dari zona pergerakan sebelumnya.

Grafik Harian ONEUSDT

Selama batas bawah pada $0.17 hingga $0.15 dapat terjaga, kemungkinan besar ONE dapat terus naik hingga menuju $0.18.

Jika terus naik, tujuan selanjutnya kemungkinan besar berada pada $0.20 hingga $0.23 pada Bulan Oktober ini.

Crypto.com (CRO)

Selanjutnya adalah CRO yang dikabarkan akan meluncurkan jaringan baru yang memiliki fitur jembatan dengan Blockchain Ethereum.

Dikabarkan bahwa CRO akan memiliki fitur baru bernama Cronos yang akan diluncurkan pada 19 Oktober 2021.

Cronos ini akan mempermudah proyek untuk bergerak pada Blockchain Ethereum dan sekaligus pada ekosistem Crypto.com.

Fitur ini mempermudah aplikasi terdesentralisasi atau DApps untuk diterbitkan pada Ethereum Virtual Machine namun menetap pada ekosistem Crypto.com.

Fitur ini dapat membuat volume transaksi pada Crypto.com semakin tinggi karena semakin mudahnya aplikasi terdesentralisasi masuk ke ekosistemnya.

Untuk saat ini dikabarkan bahwa pada 4 Oktober 2021, Crypto.com sedang melakukan uji coba. Jika semua lancar, kemungkinan 19 Oktober akan menjadi tanggal peluncuran pasti.

Dari sisi teknikal, saat ini CRO sedang bergerak koreksi setelah mengalami apresiasi yang cukup signifikan.

Grafik Harian CROUSDT

Selama batas bawah pada $0.174 hingga $0.157 masih dapat tertahan, kemungkinan besar CRO masih dapat naik lebih tinggi.

Tujuan selanjutnya terlihat berada pada $0.18 hingga $0.20 yang kemungkinan besar dapat terjadi dalam waktu dekat jika terus naik.

Firo (FIRO)

Terakhir adalah FIRO yang merupakan salah satu blockchain yang sedang dalam fase pembenahan setelah mengalami beberapa kerusakan.

Salah satu pembenahan utama dari blockchain ini adalah pembaruan v0.14.9.0 yang akan terjadi pada 26 Oktober 2021.

Pembaruan ini dikabarkan akan meningkatkan kecepatan transaksi pada jaringan FIRO dan juga membuat efisiensi lebih tinggi dalam validasi.

Kemungkinan pembaruan ini akan kembali meningkatkan kepercayaan kepada FIRO setelah mengalami penyerangan di awal 2021.

Tapi perlu diingat bahwa FIRO masih merupakan proyek yang berisiko akibat permasalahan kepercayaan tersebut.

Namun, pembaruan ini jika berjalan lancar dapat menyelesaikan masalah tersebut dan bahkan membuatnya dapat bersaing dengan jaringan pembayaran lain seperti Ripple.

Dari sisi teknikal, saat ini FIRO sedang bergerak naik setelah mengalami koreksi yang cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir.  

Grafik Harian FIROUSDT

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $6.5 hingga $4.9 masih dapat terjaga, FIRO masih dapat memiliki kesempatan untuk naik.

Melihat harganya yang juga sudah berada di batas bawah yang kuat, kemungkinan FIRO bisa naik menuju $7.7 bahkan hingga $12 pada bulan ini jika semua berjalan positif.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.