Grup Hacker Anonymous Serang Elon Musk Akibat Ulahnya di Crypto

Naufal Muhammad

7th June, 2021

Kelompok Hacker bernama Anonymous terlihat mulai muncul kembali dan saat ini terlihat menargetkan salah satu orang terkaya di dunia yaitu Elon Musk.

Kabar ini mulai muncul kembali setelah adanya video yang beredar di Youtube yang membahas Elon Musk dan dampak ulahnya di dunia keuangan, terutama crypto.

Video tersebut nampaknya merupakan sebuah ancaman halus dan upaya untuk memperlihatkan pandangan manipulasi oleh Elon Musk menurut Anonymous.

Anonymous Target Elon Musk

Video tersebut nampaknya terlihat beredar dengan cepat dan membuat pertanyaan apakah benar Elon Musk akan diserang?

Sebelumnya, Anonymous sendiri telah terlibat dalam beberapa kasus peretasan yang membuat pihak yang mereka anggap merugikan masyarakat merasa kerugian.

Serangan dari Anonymous umumnya terjadi melalui peretasan yang berujung pada kerugian uang atau operasional satu pihak yang umumnya berdampak signifikan.

Dalam video yang beredar saat ini, nampaknya hal yang sama bisa jadi terjadi, dan nampaknya bisa jadi lebih besar dari biasanya.

Hal ini disebabkan dalam video tersebut Anonymous mengingatkan adanya beberapa pihak tergabung yang akan menyerang Elon Musk.

Video tersebut berisi sebuah narasi monolog dimana terdapat pernyataan penting, yang ujungnya menggarisbawahi dampak Musk terhadap investor ritel di dunia crypto.

Anonymous juga menyatakan beberapa hal yang memberikan pandangan lain terhadap Elon Musk dan keberadaannya di dunia bisnis serta keuangan. Terdapat pernyataan,

“Pendukungmu melupakan fakta bahwa apa yang kau lakukan adalah memenuhi ego mu dan juga upaya mu untuk mengendalikan industri crypto untuk keuntungan pribadi mu”

Selain itu Anonymous juga menggarisbawahi tingkat laku Elon Musk di Twitter yang merugikan investor ritel. Mereka menyatakan,

“Jika membaca dari cuitan mu di Twitter nampaknya permainan yang kau lakukan di pasar crypto telah menghancurkan banyak kehidupan individual. Jutaan investor ritel berharap untuk merubah nasibnya dari pasar crypto, namun terhambat oleh kelakuanmu.”

Saat ini Anonymous bukan satu-satunya pihak yang terganggu oleh keberadaan Elon Musk di pasar crypto.

Namun melihat Anonymous yang biasanya muncul untuk membawa keadilan, kabar ini dapat membahayakan Elon Musk dan juga bisnisnya.

Tapi hingga saat ini masih belum jelas apakah Anonymous hanya mengancam atau akan melakukan sesuatu terhadap Musk.

Serangan-Serangan Sebelumnya

Anonymous nampaknya mulai muncul kembali ke kehidupan akibat banyak hal yang mereka anggap salah beberapa waktu ke belakang ini.

Serangan terakhirnya adalah terhadap Kepolisian Minneapolis di Amerika Serikat setelah adanya kasus pembunuhan yang didorong akibat rasisme.

Pada saat itu situs resmi Kepolisian Minneapolis berhasil diretas dan dimatikan sesaat, dengan banyaknya data terhadap penyelewengan yang diambil oleh Anonymous.

Saat itu Anonymous mengancam pihak kepolisian tersebut untuk menyebar data penyelewengan tersebut jika kasus tidak diselesaikan secara adil.

Kasus besar lainnya adalah protes terhadap Church of Scientology akibat praktik tidak etis yang merugikan masyarakat.

Saat itu mereka menyerang situs resminya, mempublikasi data rahasia organisasi tersebut, bahkan memberikan “serangan” kepada kantor resminya.

Namun, akhir-akhir ini serangannya relatif tidak sekuat pada serangan-serangan sebelumnya, akibat jika target mengikuti permintaannya, Anonymous langsung menghilang.

Sebelumnya, Anonymous melakukan serangan secara menyeluruh, hingga menghukum bahkan membuat satu pihak rugi besar.

Saat ini nampaknya berbeda, yang membuat masih banyak pertanyaan apakah Elon Musk benar akan diserang.

Selain itu, saat ini banyak pihak yang merasa bahwa ancaman ini hanya akan lewat bagai angin saja dan tidak akan berakhir besar.

Hal ini disebabkan banyak yang percaya Bitcoin akan terus kuat bahkan melewati dampak dai pihak seperti Elon Musk karena naluri kemandirian teknologinya.

Tapi kasus Anonymous ini menjadi salah satu hal yang menarik untuk diperhatikan jika melihat apa yang bisa mereka lakukan pada beberapa serangan sebelumnya.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.