5 Crypto dengan Kabar Positif di Bulan Maret: EGLD, SXP, IOST, XCUR, SIS

Naufal Muhammad

1st March, 2022

Bulan Maret diawali dengan pergerakan positif dari Bitcoin yang membawa mayoritas crypto naik cukup signifikan.

Kondisi positif ini kemungkinan besar disebabkan oleh berkurangnya dampak negatif secara jangka pendek akibat reaksi impulsif trader setelah kabar Rusia-Ukraina.

Data onchain dan pasar derivatif menunjukkan bahwa saat ini pasar crypto sedang relatif bergerak positif yang membuat adanya harapan pada Bulan Maret.

Dalam kondisi positif ini terdapat lima crypto yang memiliki sentimen positif dengan potensi mendorong harganya untuk naik signifikan.

Elrond (EGLD)

Pertama adalah EGLD yang memiliki empat kabar positif untuk Bulan Maret 2022 ini. Keempat kabar ini nampaknya berasal dari internal jaringan yaitu kelanjutan beberapa fitur baru.

5 Crypto dengan Kabar Positif di Bulan Maret: EGLD, SXP, IOST, XCUR, SIS
Kabar Positif EGLD

Kabar terdekat yang akan terjadi pada 15 Maret 2022 adalah fitur Metabonding yang akan muncul di bursa terdesentralisasi atau DeX Maiar, DeX terbesar di ekosistem Elrond.

Pada 15 Maret 2022, akan terjadi snapshot yaitu pencatatan data pada Blockchain Elrond untuk kemudian menjadi data pembagian token gratis pada 15 April 2022.

Snapshot tersebut akan mencatat data penguncian token LKMEX dan jumlahnya akan menentukan berapa token gratis yang akan didapatkan.

Selanjutnya pada 31 Maret 2022, EGLD akan meluncurkan fitur governance atau pemungutan suara untuk menentukan pembaruan jaringan.

Baca juga: Governance Token

Fitur tersebut akan disandingkan dengan fitur staking yang akan menjadi syarat untuk melakukan governance tersebut.

Terakhir, EGLD akan mengintegrasikan Gamyfi, platform permainan berbasis blockchain, ke dalam ekosistem blockchainnya.

Melihat beberapa kabar positif ini, kemungkinan besar EGLD dapat mengalami sentimen positif yang dapat membawa harganya naik cukup signifikan.

Dari sisi teknikal, saat ini EGLD sedang bergerak naik dan keluar dari zona depresiasinya sebelum mayoritas crypto bergerak naik.

Grafik Harian EGLDUSD

Kemungkinan besar jika batas bawah pada $146 masih dapat terjaga, EGLD dapat bergerak naik menuju $203 dalam Maret 2022 ini.

Swipe (SXP)

Kedua adalah SXP yang dikabarkan akan memiliki 11 kabar positif pada Maret 2022 ini bersama rencananya untuk melanjutkan pembaruannya sebagai sistem pembayaran.

5 Crypto dengan Kabar Positif di Bulan Maret: EGLD, SXP, IOST, XCUR, SIS
Kabar Positif SXP

Seluruh kabar positif yang akan terjadi untuk Swipe, akan dilakukan pada 31 Maret 2022, sehingga dapat memberi waktu untuk harganya naik sebelum turun saat pembaruan terjadi.

Mayoritas kabar tersebut akan berputar pada pembaruan Swipe sebagai platform pembayaran, termasuk penggantian nama menjadi Solar.

Selain itu kabar positif lainnya adalah akan terjadi peluncuran jaringan utamanya akibat Swipe akan memiliki blockchain sendiri.

Dengan adanya blockchain sendiri, maka Swipe akan keluar dari blockchain Ethereum dan Binance Smart Chain sebagai jaringan utamanya.

Bersama peluncuran jaringan baru ini, SXP juga akan meluncurkan beberapa dokumen terkait kode pemrograman dan governance, serta peluncuran fitur staking.

Banyaknya kabar tersebut dapat membawa sentimen positif untuk SXP dalam Bulan Maret 2022 akibat kemungkinan akan menarik perhatian bersama aktifnya kembali sosial medianya.

Dari sisi teknikal, saat ini SXP sedang bergerak naik dan membawa harapan positif untuk Maret 2022 ini.

Grafik Harian SXPUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $1.3 masih terjaga, SXP dapat bergerak naik menuju $1.75 dalam beberapa pekan ke depan.

IOST (IOST)

Ketiga adalah IOST blockchain dengan ketenaran yang sedang meningkat dalam beberapa pekan terakhir akibat kondisi fenomena Web 3.0.

Dikabarkan bahwa IOST akan memiliki lima kabar positif yang akan terjadi pada Bulan Maret 2022 ini yang dapat membawanya naik lebih tinggi.

5 Crypto dengan Kabar Positif di Bulan Maret: EGLD, SXP, IOST, XCUR, SIS
Kabar Positif IOST

Kabar positif ini nampaknya akan berasal dari internal jaringan IOST akibat adanya beberapa pembaruan pada 31 Maret 2022

Pembaruan pertama adalah terhadap integrasi kumpulan kode program terutama terkait API dengan tujuan agar lebih mudah membangun pada IOST.

Selanjutnya adalah peluncuran jembatan antar blockchain dengan tujuan meningkatkan volume transaksi dan agar terintegrasi dengan blockchain lain seperti Ethereum dan Binance Smart Chain.

Baca juga: Mengenal Cross Chain, Kemajuan Yang Buat Blockchain Makin Canggih

IOST juga akan integrasi untuk menjadi platform perpindahan data serta transaksi untuk beberapa perusahaan di Asia dan dunia. Tujuannya untuk meningkatkan adopsi jaringannya.

Terakhir, IOST akan membuka dan meluncurkan kerja sama dengan beberapa proyek permainan blockchain dan NFT di Maret 2022.

Beberapa sentimen positif ini dapat mendorong harga IOST naik, terutama akibat cerminan adopsi yang meningkat.

Dari sisi teknikal, saat ini IOST sedang berusaha untuk bergerak naik setelah keluar dari zona depresiasi beberapa pekan yang lalu.

Grafik Harian IOSTUSD

Selama batas bawah pada $0.02 berhasil terjaga, IOST dapat kembali bergerak naik menuju $0.04 dalam beberapa pekan ke depan.

Curate (XCUR)

Keempat adalah crypto yang relatif unik dan baru yaitu Curate, platform transaksi NFT yang bergerak tanpa biaya transaksi dan cocok untuk banyak jenis blockchain atau multichain.

5 Crypto dengan Kabar Positif di Bulan Maret: EGLD, SXP, IOST, XCUR, SIS
Kabar Positif XCUR

Curate menjadi salah satu proyek yang akan sibuk di Maret 2022 akibat memiliki 12 rencana yang akan menjadi kabar positif untuk tokennya.

Pada Maret 2022 ini, Curate akan melakukan beberapa integrasi yaitu dengan Blockchain Avalanche, Algorand, Floki Inu, dan Binance Pay untuk transaksi dan pembayaran.

Selain itu, Curate juga akan meluncurkan peningkatan kemampuan dari transaksi tanpa biaya di platformnya bersama fitur staking.

Dengan adanya fitur staking, Curate akan lebih bertahan sebagai bisnis akibat dapat memanfaatkan penguncian tersebut untuk mencari keuntungan.

Sehingga walau platformnya bergerak tanpa biaya transaksi, Curate masih dapat bertahan dan kemungkinan bangkrut semakin kecil.

Dari sisi teknikal, saat ini XCUR sedang bergerak relatif positif dan berusaha untuk naik lebih tinggi bersama banyaknya sentimen positif.

Grafik Harian XCURUSD

Selama batas bawah pada $1.6 masih terjaga, XCUR dapat kembali naik menuju $2 hingga $2.5 dalam beberapa pekan ke depan.

Symbiosis Finance (SIS)

Kelima adalah SIS yang merupakan sebuah token relatif baru yang melaksanakan IEO atau Initial Exchange Offering di Bybit beberapa bulan yang lalu.

Symbiosis Finance adalah sebuah proyek yang bergerak untuk menjaga likuiditas pada beberapa bursa terdesentralisasi di beberapa blockchain.

Saat ini Symbiosis Finance sudah terintegrasi dengan beberapa blockchain, termasuk Ethereum, Polygon, Avalanche, Bitcoin, dan Algorand.

5 Crypto dengan Kabar Positif di Bulan Maret: EGLD, SXP, IOST, XCUR, SIS
Kabar Positif SIS

Pada Maret 2022 ini, SIS akan mengalami enam kabar positif yang mayoritas berasal dari internal proyeknya.

SIS akan meluncurkan jaringan utama barunya pada 31 Maret 2022 bersama aplikasinya di Android dan iOS dan integrasi dengan Solana.

SIS juga akan melakukan audit bersama peluncuran fitur liquidity mining atau farming yang akan menambah volume transaksi platformnya.

Dari sisi teknikal, saat ini SIS sedang bergerak relatif positif namun masih terjebak dalam pola segitiga simetris.

Grafik Harian

Jika berhasil menembus $2.3 kemungkinan besar SIS dapat bergerak naik menuju $2.5 hingga $3 dalam Maret 2022 ini.

*Disclaimer

Perlu diingat bahwa masih banyak crypto positif lainnya di Bulan Maret 2022, namun crypto ini dipilih berdasarkan berita positif yang terjadwal.

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.