Berita Altcoins · 8 min read

5 Aset Kripto Performa Terbaik di Januari 2024

kripto terbaik januari 2024

Bulan pertama di tahun 2024 baru saja berlalu, beberapa aset kripto telah menunjukkan performa yang mengesankan dalam periode waktu tersebut. Artikel ini membahas tentang lima aset kripto dengan performa terbaik di Januari 2024 beserta update seputaran aset kripto tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa daftar yang ada pada artikel ini adalah aset kripto top 100 berdasarkan kapitalisasi pasar dari data Coinmarketcap.

Pendle (PENDLE)

Pendle menempati posisi teratas sebagai aset kripto dengan performa terbaik di Januari 2024. Token PENDLE mengalami kenaikan +114,5% dari US$1,17 ke US$2,51 selama Januari 2024. Per artikel ini dibuat (5/2/24), PENDLE diperdagangkan pada harga US$3,12, kenaikan +167% sejak awal tahun 2024.

kripto
Gambar: Grafik harga PENDLE.

Proyek kripto ini sangat gencar menambah produk baru, terutama pada sektor liquid restaking token (LRT) yang sedang naik daun. Di tahun 2024 ini, Pendle telah menambahkan produk LRT dari tiga protokol terdepan dalam sektor ini yakni eETH milik Ether.fi, rstETH milik Kelp DAO, dan ezETH milik Renzo.

Gambar: Produk LRT pada Pendle. Sumber: Pendle

Selain itu, Pendle v3 direncanakan akan diluncurkan pada pertengahan tahun ini, memperkenalkan fitur margin trading pada yield yang memungkinkan pengguna menggunakan leverage dalam perdagangan yield. Terdapat fitur lainnya pada Pendle v3 yang belum diumumkan.

Baca juga: PENDLE Naik +33% Dalam Sepekan, Transaksi Tembus US$1 Miliar

Sui (SUI)

Proyek blockchain layer-1 Sui, dengan koinnya SUI telah mengalami peningkatan +95,6% dari US$0,756 ke US$1,481 sepanjang Januari 2024. Per artikel ini ditulis (5/2/24), SUI diperdagangkan pada harga US$1,498, kenaikan +98,1% sejak awal tahun 2024.

kripto
Gambar: Grafik harga SUI.

Kenaikan harga ini kemungkinan besar dipicu spekulasi staking airdrop, yakni melakukan staking aset kripto tertentu untuk memiliki peluang mendapatkan airdrop. Awalnya dimulai oleh Celestia (TIA), beberapa orang di komunitas kripto juga berspekulasi pada aset kripto SUI.

Hal ini menyebabkan permintaan koin SUI meningkat, sehingga harga SUI juga meningkat. Selain itu, total nilai terkunci (TVL) pada ekosistem SUI juga meningkat. TVL Sui meningkat dari US$258 juta ke US$632 juta, kenaikkan +145% sejak awal tahun 2024 berdasarkan data DefiLlama.

Baca juga: Transaksi Harian Blockchain SUI Anjlok, Ini Penyebabnya!

Ronin (RON)

Sidechain yang berfokus pada gaming buatan Sky Mavis, Ronin dengan tokennya RON telah meningkat sebesar +53,2% dari US$1,824 ke US$2,794 sepanjang Januari 2024. Per artikel ini ditulis (5/2/24), RON diperdagangkan pada harga US$3,478, peningkatan +90,7% sejak awal tahun 2024.

Gambar: Grafik harga RON.

Salah satu game yang ramai dimainkan saat ini pada jaringan Ronin adalah Pixels, sebuah game dengan grafik piksel yang memungkinkan pemain untuk bercocok tanam dan memanen berry serta berinteraksi dengan pemain lain. Game ini ramai selain karena gratis untuk dimainkan, juga terdapat airdrop bagi para pemain.

Pemain yang berhasil memanen berry akan menerima token BERRY yang dapat diperdagangkan melalui Katana, DEX native jaringan Ronin. Dalam transaksinya, pemain tentu memerlukan gas fee dalam bentuk token RON, sehingga meningkatkan permintaan dan harga token RON.

Flare Network (FLR)

Platform oracle dengan blockchain sendiri, Flare Network, memiliki koin FLR yang telah meningkat sebesar +37,5% dari US$0,0173 ke US$0,0238 sepanjang Januari 2024. Per artikel ini ditulis (5/2/24), FLR diperdagangkan pada harga US$0,0308, peningkatan +78% sejak awal tahun 2024.

Gambar: Grafik harga FLR.

Peningkatan harga koin FLR kemungkinan besar disebabkan oleh Google Cloud yang menjadi validator dan kontributor pada jaringan Flare pada 15 Januari 2024. Hal ini terlihat dari grafik harga FLR yang membentuk candlestick hijau tinggi tepat pada 15 Januari 2024, tanggal dimana pengumuman Google Cloud sebagai validator.

Pyth Network (PYTH)

Platform oracle yang dibangun di atas jaringan Solana, Pyth Network dengan tokennya PYTH telah mengalami kenaikan +34,9% dari US$0,315 ke US$0,425 sepanjang Januari 2024. Per artikel ini ditulis (5/2/24), PYTH diperdagangkan pada harga US$0,498, kenaikkan +58,1% sejak awal tahun 2024.

Gambar: Grafik harga PYTH.

Kenaikkan harga PYTH kemungkinan besar didorong oleh spekulasi staking airdrop, yakni melakukan staking PYTH secara on-chain agar memiliki peluang untuk mendapatkan airdrop di kemudian hari.

Gambar: Detail jumlah wallet dan total PYTH yang di-staking. Sumber: Pyth

Terlihat dari jumlah wallet yang melakukan staking yang meningkat dari hanya sekitar 18.000 wallet pada awal Januari 2024, menjadi sekitar 118.000 per 27 Januari 2024. Hal ini tentu meningkatkan permintaan token PYTH dan berimbas pada kenaikan harganya.

Baca juga: Jumlah Staking PYTH Melonjak, Harga Token Naik!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.