4 Prediksi Setelah Bitcoin Option Kedaluwarsa

Rossetti Syarief

16th September, 2021

Bulls Bitcoin mencari untung dari opsi BTC $195 juta pada hari Jumat yang kedaluwarsa.

Selama sepuluh hari terakhir, harga Bitcoin (BTC) berhasil menguji resistensi dengan berkisar $44.500 pada beberapa kesempatan.

Dan ini akan ditandai sebagai penurunan sebesar 16% dari level tertingginya sebesar $53.000 di minggu sebelumnya. 

Bahkan likuidasi kontrak berjangka panjang senilai $3,4 miliar yang terjadi pada 7 September kemarin, menyebabkan BTC turun 18,7%.

Namun keadaan ini nyatanya tidak cukup berhasil untuk menghilangkan optimisme bull, menurut data pasar opsi.

Jika ditinjau dari data historis, memainkan peran apa pun dalam harga Bitcoin, bulan September tetap akan menunjukkan kinerja negatif dalam empat dari lima tahun sebelumnya.

Hal ini kemudian membuat BTC menyelesaikan perdagangannya di bulan Agustus pada $47.110.

Terlepas dari harganya yang fluktuatif, adopsi BTC oleh sejumlah investor institusional telah tumbuh dengan kecepatan yang stabil. 

Tetapi pemicu positif yang paling signifikan untuk kenaikan harga 50% atau bahkan lebih tinggi adalah potensi persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). 

Fidelity Digital Assets, cabang investasi dari manajer dana global senilai $4,2 triliun, mengadakan pertemuan pribadi pada 8 September lalu dengan beberapa pejabat SEC yang ikut di dalamnya.

Pertemuan pribadi tersebut dikabarkan akan membahas manfaat dan risiko produk Bitcoin yang dapat diperdagangkan.

Fidelity mengajukan ETP Bitcoin yang disebut Wise Origin Bitcoin Trust pada Maret 2021 silam. Akan tetapi, regulator terus menunda mengeluarkan keputusan akhir mereka. 

Selain itu, lebih dari 20 aplikasi serupa dari perusahaan lain telah dibuat diwaktu yang bersamaan dan belum ada satupun yang masuk ke meja analisis pihak SEC.

Menurut data, harga BTC akan kedaluwarsa pada 17 September mendatang. Ini tentunya akan menjadi ujian yang kuat bagi bear karena 88% dari opsi put sebesar $310 juta telah ditempatkan pada $47.000 atau lebih rendah. 

Akibatnya, jika BTC diperdagangkan di atas harga tersebut, pada 17 September, open interest opsi put netral-ke-bearish akan dipotong menjadi $36 juta.

Put option sendiri adalah hak untuk menjual Bitcoin dengan harga yang telah ditentukan pada tanggal kedaluwarsa yang ditetapkan. 

Dengan demikian, opsi put $45.000 menjadi tidak berharga jika BTC diperdagangkan di atas harga tersebut pada pukul 8:00 UTC di hari Jumat mendatang. 

Keuntungan Nyata Dari Bull Itu “Menyesatkan”

Pandangan yang lebih luas juga memberikan beberapa keuntungan karena minat terbuka dari total instrumen call berada di $500 juta, memimpin 62% menurut rasio call-to-put.

Namun, data ini menyesatkan karena optimisme yang berlebihan dari para pembeli dapat menghapus sebagian besar taruhan mereka. 

Misalnya, jika harga kedaluwarsa Bitcoin di bawah $47.000, minat terbuka mereka dikurangi menjadi $34 juta. 

Lagi pula, apa gunanya mendapatkan Bitcoin seharga $52.000 jika diperdagangkan di bawah harga itu?

Di bawah ini adalah empat skenario yang paling mungkin yang mempertimbangkan tingkat harga saat ini. 

Ketidakseimbangan ini sebenarnya menguntungkan kedua belah pihak yang mewakili potensi keuntungan dari kedaluwarsa. 

Data di bawah ini menunjukkan berapa banyak kontrak yang akan tersedia pada hari Jumat, tergantung pada harga kedaluwarsa tersebut.

  1. Antara $45.000 dan $46.000: 240 call vs. 1.980 put. Hasil bersihnya adalah $78 juta untuk instrumen pelindung put (bear).
  2. Antara $ 46.000 dan $ 48.000: Hasil bersihnya seimbang antara bear dan bull.
  3. Antara $48.000 dan $50.000: 3.500 call vs. 620 put. Hasil bersihnya adalah $143 juta yang mendukung opsi call (bull).
  4. Di atas $50.000: 4.150 call vs. 260 call. Hasil bersihnya adalah dominasi total $195 juta dari instrumen bullish.

Perkiraan kasar tersebut mempertimbangkan opsi call (beli) yang secara eksklusif digunakan dalam strategi bullish dan opsi put (jual) dalam perdagangan netral hingga bearish. 

Sayangnya, kehidupan nyata tidak sesederhana itu karena mungkin saja strategi investasi yang lebih kompleks telah diterapkan.

Ada Insentif Bagi Bull Untuk Mencoba Menembus $50.000

Baik pembeli maupun penjual akan menunjukkan kekuatan mereka pada detik-detik sebelum berakhirnya hari Jumat. Dan bear akan mencoba meminimalkan kerusakan dengan menjaga harga di bawah $48,000. 

Di sisi lain, bull memiliki kontrol yang layak atas situasi jika BTC tetap di atas level tersebut.

Tingkat stres tertinggi untuk bear adalah $50.000, dimana bull memiliki insentif yang signifikan untuk mendominasi kadaluarsa mingguan dan mendapatkan keuntungan $195 juta yang layak.

Masih ada ruang untuk volatilitas tambahan menjelang hari Jumat, dan bull tampaknya berada di posisi yang lebih baik.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik