4 Bursa Ini Hasilkan Rp144,5 Miliar per Hari, Hanya dari NFT!

Naufal Muhammad

16th March, 2021

Menurut data DappRadar empat bursa aplikasi terdesentralisasi (DApps) NFT ini menghasilkan lebih dari Rp144,5 Miliar per hari dalam volume harian.

Volume transaksi yang dimaksud adalah transaksi yang hanya berasal dari NFT dan bukan dari crypto lainnya.

4 Bursa Ini Hasilkan Rp144,5 Miliar Volume Transaksi

Fenomena di sekitar NFT memperlihatkan pergerakan positif yang signifikan dengan semakin banyaknya orang yang menyadari potensi NFT.

Bukti nyatanya terlihat dari empat DApps terbesar yang menghasilkan volume transaksi lebih dari Rp144,5 Miliar per hari.

Menurut data dari DappRadar, saat ini empat bursa tersebut adalah NBA Top Shot, CryptoPunks, Mooncats, dan Sorare.

Secara rinci, empat bursa tersebut berhasil menghasilkan lebih dari Rp152,8 Miliar dalam volume transaksi hariannya, hanya dari NFT.

Keseluruhan volume transaksi harian bursa 10 terbesar saat ini mencapai Rp177,4 Miliar yang memperlihatkan dominasi empat bursa NFT ini.

Keseluruhan volume ini dipimpin oleh NBA Top Shot dengan Rp66,8 Miliar yang digerakkan oleh 30.944 penggunanya.

Baca juga: Karya Seni Beeple Pecahkan Rekor Harga Token NFT Termahal di Dunia

Di peringkat kedua terdapat CryptoPunks dengan volume sekitar Rp61,9 Miliar yang digerakkan oleh 85 pengguna yang melakukan 69 transaksi.

Berikutnya terdapat Mooncats yang memiliki volume transaksi sebesar Rp14,7 Miliar dengan adanya 500 pengguna dan 530 transaksi.

Sorare menduduki peringkat keempat dengan volume sebesar Rp12,7 Miliar dengan 1.978 pengguna dan 2.544 transaksi per hari.

Fenomena Ketertarikan NFT Masih Kuat

Alien Worlds menjadi permainan yang merangkap sebagai bursa NFT dengan ketertarikan cukup tinggi.

Ketertarikan tersebut terlihat dengan adanya 1.172 pengguna dan 3.705 transaksi.

Rarible, bursa untuk seni digital dan barang koleksi menduduki peringkat kelima dalam volume transaksi.

Bursa tersebut telah mencapai Rp7,7 Miliar dengan pengguna sebanyak 1.062 dan 987 transaksi.

Data juga menunjukkan bahwa saat ini barang koleksi yang sedang tenar adalah barang koleksi di bidang olahraga.

Hal tersebut terbukti dari volume perdagangan NBA Top Shot dan Sorare yang mencapai Rp76,6 Miliar dengan pengguna sebanyak 32.894.

Sorare juga telah menerbitkan NFT langka yang menggambarkan Christiano Ronaldo, pemain sepak bola dari Juventus, dan telah diperdagangkan.

Perdagangan NFT tersebut telah mencapai Rp4,2 Miliar, yang merupakan harga tertinggi untuk jumlah satu token NFT di Sorare.

Penjualan ini mengalahkan penjualan tertinggi NBA Top Shot yang menggambarkan pemain basket terkenal bernama Lebron James.

Pada saat itu, NFT Lebron James terjual sebesar Rp3 Miliar pada 23 Februari 2021, yang menjadi penjualan tertinggi di Sorare sebelumnya.   

Baca juga: 3 Alasan Ini Sebabkan Token NFT Semakin Populer

Namun, seharusnya terdapat transaksi yang lebih tinggi, akibat adanya kolektor yang menolak tawaran untuk NFT pemain basket bernama Zion Williamson.

Pada saat itu, tawaran yang ditolak bernilai Rp14,4 Miliar yang kemungkinan besar dapat menjadi NFT tertinggi di Sorare.

Jumlah ini membuktikan bahwa ketertarikan terhadap NFT masih kuat dan akan terus berkembang.

Hal ini disebabkan banyak kolektor yang masih rela mengeluarkan uang dengan jumlah besar untuk NFT.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.