8

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Cara Beli Bitcoin di Malaysia

Bitcoin adalah mata uang digital yang paling populer saat ini, dikenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada satu dekade lalu. Tidak seperti mata uang fiat Rupiah di Indonesia, atau Ringgit di Malaysia Bitcoin di desentralisasi dan tidak dikendalikan oleh siapapun.

Bitcoin akan memungkinkan Anda untuk tetap anonim dan hanya akan memperlihatkan address Bitcoin wallet Anda ketika melakukan transaksi. Ini akan membuat identitas asli Anda terlindungi. Selain itu, transaksi aset kripto ini juga lebih cepat dan murah ketimbang mata uang fiat, seperti Ringgit Malaysia.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Bitcoin, Anda harus mengetahui Bitcoin dengan baik di sini. Untuk mendapatkan Bitcoin salah satu caranya adalah membeli Bitcoin. Anda bisa membelinya di Indonesia ataupun di negara tetangga yakni Malaysia.

Ada tiga cara untuk membeli Bitcoin di Malaysia, pertama Anda bisa membelinya di exchange crypto berlisensi, platform peer-to-peer dan ATM Bitcoin.

Exchange  Cryptocurrency Berlisensi

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk beli Bitcoin dan banyak dipakai orang-orang untuk beli bitcoin di Malaysia. Pertukaran Cryptocurrency, juga dikenal sebagai Pertukaran Aset Digital (DAX) adalah platform di mana Anda dapat memperdagangkan Ringgit Malaysia Anda (RM) ke dalam cryptocurrency. Pertukaran Cryptocurrency di Malaysia dilisensikan dan diatur oleh Komisi Sekuritas Malaysia.

Malaysia mulai mengatur pertukaran mata uang kripto pada 2019. Pada Juni 2019, Komisi Sekuritas (SC) telah memberikan persetujuan kepada 3 pertukaran crypto untuk beroperasi di Malaysia, yaitu Luno, Sinegy dan Tokenize. Sebelum lisensi dikeluarkan oleh SC, ada 56 pertukaran cryptocurrency yang terdaftar sebagai organisasi pelaporan dengan Bank Negara Malaysia. 

Sejak saat itu SC sebagai badan pengatur di Malaysia telah membuat daftar untuk 3 exchange yang terkemuka ini. Ketiga pertukaran tersebut telah mengalami proses penyaringan yang sulit dan patuh dengan berbagai aturan dan regulasi yang diberikan.

Saat ini exchange di Malaysia diizinkan oleh Komisi Sekuritas untuk jual beli Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Bitcoin Cash. Saat artikel ini dirilis, baru Luno yang sepenuhnya memenuhi persyaratan dari SC dan telah menerima persetujuan untuk memulai operasi di Malaysia, sedangkan Sinegy, Tokenize masih menunggu persetujuan akhir dari komisi sekuritas.

Cara untuk daftar di exchange tersebut, cukup mudah sama seperti bursa pada umumnya.

1. Anda harus membuat akun di exchange yang Anda pilih

2. Selesaikan tahap verifikasi, dari mulai data diri, kartu identitas (dalam hal ini mungkin Anda akan diminta untuk mencantumkan ID Malaysia), dan berbagai dokumen pelengkap

3. Tunggu 1×24 jam agar akun Anda diverifikasi oleh exchange

4. Isi uang deposit dengan menggunakan Ringgit Malaysia

5. Masukkan jumlah Bitcoin atau uang yang ingin Anda gunakan untuk beli Bitcoin

6. Bitcoin siap di beli

7. Tunggu Bitcoin untuk masuk ke wallet Anda

8. Beli Bitcoin selesai

Market Peer-to-Peer

Jika Anda ingin melakukan pembelian Bitcoin langsung kepada penjual, dibandingkan melalui exchange Anda bisa menggunakan platform peer-to-peer. 

Platform ini umumnya memiliki sistem peninjauan dan penilaian untuk pengguna, sehingga Anda dapat melihat umpan balik yang diberikan kepada pembeli / penjual sebelum melakukan  transaksi. Selain itu, platform ini juga menawarkan layanan escrow yang melindungi pembeli / penjual.

Berhati-hatilah saat menggunakan platform peer-to-peer saat membeli cryptocurrency karena memiliki risiko penipuan yang lebih tinggi. Selain itu, peluncuran pertukaran aset digital di Malaysia cukup ketat, maka metode ini tidak direkomendasikan dan secara teknis ini bukanlah cara yang legal untuk beli Bitcoin di Malaysia.

Berikut ini platform peer to peer di Malaysia yang bisa Anda pilih untuk beli Bitcoin.

1. LocalBitcoins.com

LocalBitcoins adalah platform perdagangan P2P Bitcoin (BTC) terbesar dengan lebih dari satu juta pengguna terdaftar dari 249 negara yang berbeda. LocalBitcoins menerima sejumlah metode pembayaran dan hanya membebankan biaya 1% untuk setiap perdagangan yang diselesaikan. Cara untuk beli Bitcoin di Malaysia dengan  LocalBitcoins adalah.

  • Daftarkan akun di LocalBitcoins, Anda akan diberikan dua opsi yang bisa dipilih.
  • Cari iklan yang digunakan oleh penjual BTC, kemudian jika mendapatkan kata“Quick Buy” di layar. Gunakan drop-down menu dan pilih PayPal sebagai metode pembayaran, setelah itu klik “ Buy” jika Anda ingin menggunakan PayPal.  Selanjutnya Anda dapat melihat detail perdagangan, dan bisa memasukkan jumlah IDR yang ingin Anda gunakan atau jumlah BTC yang ingin Anda beli, terakhir klik “Send trade request”
  • Tempatkan Iklan Anda  sendiri, ini akan memudahkan Anda untuk memilih metode pembayaran, mata uang yang ingin digunakan dan biaya transaksi. Untuk melakukan metode ini Anda harus melakukan verifikasi identitas sebelum memasang iklan untuk memulai trading.
  • Jika Anda menemukan harga dan metode pembayaran yang cocok serta umpan balik yang positif dari penjual/pembeli Bitcoin, Anda bisa menentukan pilihan untuk membeli Bitcoin atau tidak.

2. Remitano

Remitano adalah situs perdagangan P2P yang mirip dengan LocalBitcoins. Platform ini telah mendukung 1,5 juta pengguna di lebih dari 30 negara.

Hanya saja jika Anda menggunakan platform ini membebankan biaya 1% untuk perdagangan dan hanya bisa menerima transfer bank untuk melakukan pembayaran. Remitano menyediakan Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Tether (USDT), Bitcoin Cash (BCH), Litecoin (LTC) dan Ripple (XRP).

Berikut ini cara beli Bitcoin di Malaysia dengan Remitano.

  • Buat akun di Remitano
  • Dapatkan verifikasi dengan mengisi beberapa tahapan
  • Jika sudah, Anda bisa menuju ke homepage, scroll down dan temukan penjual di “List of seller”  jika Anda ingin beli Bitcoin, klik “Buy”
  • Masukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli dan klik “Buy BTC” untuk membuka transaksi
  • Ada batasan maksimum dan minimum yang diberikan oleh penjual, jadi Anda hanya bisa membeli Bitcoin sesuai dengan batasan yang berlaku
  • Salin detail pembayaran penjual dari halaman perdagangan. Akses internet banking Anda dan bayar penjual melalui INSTANT TRANSFER . Anda harus melakukan pembayaran dalam periode waktu yang ditentukan.
  • Jika sudah membayar, klik “I have paid seller” setelah pembayaran berhasil tunggu penjual untuk konfirmasi, jangan lupa untuk lakukan step ini karena jika tidak Anda bisa kehilangan uang yang Anda transfer
  • Tunggu Bitcoin di kirim ke wallet Anda

Catatan : Jangan pernah batalkan transaksi atau perdagangan Anda jika sudah membayar, karena uang Anda tidak akan bisa kembali.

 3. Huobi OTC

Huobi OTC adalah platform perdagangan P2P fiat-to-crypto yang dioperasikan oleh Huobi Group. Saat ini, Huobi OTC mendukung 27 mata uang lokal dengan 13 metode pembayaran untuk berdagang melawan crypto.

Jika Anda adalah pengguna Huobi, Anda dapat memindahkan cryptocurrency dari akun pertukaran Anda ke akun OTC Anda dan sebaliknya, hanya dengan satu klik. Aset crypto yang disediakan oleh Huobi antara lain Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Tether (USDT), EOS (EOS), Ripple (XRP), Litecoin (LTC), Huobi Token (HT) dan HUSD (HUSD).

Cara beli Bitcoin di Malaysia dengan Huobi.

  • Kunjungi beranda Huobi OTC : otc.huobi.com
  • Jika Anda sudah memiliki akun, klik “ login” dan skip step 2
  • Jika Anda belum memiliki, Anda klik “Sign up”
  • Pada halaman “Sign Up”, pilih Nationality, dan masukkan nomor telepon, dan klik “ Click to send” untuk mendapatkan SMS untuk mendapatkan kode verifikasi SMS atau bisa juga email sesuai kebutuhan Anda.
  • Isi formulir dengan kode verifikasi yang dikirimkan dengan kata sandi, inivitation code  (jika ada), kemudian centang “I agree to the Terms of User ” klik “Sign Up”
  • Klik “Login” di sudut kanan atas masukan akun Anda (nomor telepon terdaftar) dan kata sandi, geser ke kanan lalu klik “ Login”
  • Pilih aset digital yang ingin Anda perdagangkan, pilih harga dan metode pembayaran sesuai kebutuhan, kemudian klik “Buy BTC”
  • Masukkan total/ jumlah yang Anda inginkan, lalu klik “confirmation” Di halaman pemesanan, konfirmasikan jumlah total dan metode pembayaran
  • Transfer pembayaran  Anda ke penjual dalam batas waktu, setelah selesai pastikan Anda klik “ I’ve Paid, Jika sudah, jangan klik “cancel” kecuali penjual mengembalikan uang Anda
  • Klik “ Confirm Payment” dan klik “confirmation”
  • Tunggu penjual melepaskan aset digitalnya , jika sudah maka transaksi sudah selesai

ATM Bitcoin

Selain beli di exchange dan peer-to-peer market, Anda juga bisa beli bitcoin di Malaysia dengan menggunakan ATM Bitcoin. Itu merupakan sebuah mesin yang memungkinkan Anda membeli dan menjual Bitcoin dengan uang tunai, jika Anda membelinya di sini maka verifikasi identitas tidak dibutuhkan dan transaksi bisa berlangsung lebih cepat. 

Sayangnya, biaya transaksi di ATM Bitcoin cukup tinggi, bahkan beberapa ATM mengenakan biaya tinggi hingga 10% dan masih jarang sekali mesin ATM Bitcoin. Di Malaysia Anda dapat menemukannya di Kuala Lumpur, Langkawi, Nilai, Ipoh, Penang dan Sungai Petani.

Cara beli Bitcoin di Malaysia dengan ATM Bitcoin

Proses pembelian Bitcoin di ATM bisa bervariasi, tetapi ini adalah cara yang paling umum untuk beli Bitcoin di ATM.  

1. Verifikasikan identitas Anda

Langkah verifikasi ID ini bersifat opsional tergantung pada jenis dan operator mesin. Anda mungkin diminta untuk memberikan nomor telepon Anda untuk keperluan verifikasi. 

Nomor yang Anda berikan harus sesuai, karena nanti kode OTP akan dikirim ke ponsel Anda, dan kemudian dimasukkan ke dalam ATM Bitcoin untuk langkah selanjutnya Beberapa mesin bahkan mengharuskan Anda untuk memindai kartu ID Anda seperti paspor, SIM, dll. Namun hanya sediit ATM yang menggunakan persyaratan tersebut.

2. Berikan Bitcoin address  Anda untuk disimpan

Setelah Anda mendaftarkan dan memverifikasi identitas Anda, Anda harus memberikan alamat Bitcoin,  sehingga mesin bisa mengirim BTC yang Anda beli ke Bitcoin address Anda atau Anda bisa juga menggunakan kode QR yang ada di wallet ponsel Anda agar proses pengiriman lebih cepat dan sesuai dengan tujuan

3. Masukkan uang fiat Anda ke ATM Bitcoin

Masukkan uang fiat yang ingin Anda tukarkan dengan Bitcoin

4. Konfirmasi jumlah mata uang dan Bitcoin yang ingin Anda beli, kemudian tekan “Buy”, “Finish” atau “Confirm”

5. Bitcoin kan dikirimkan ke address Bitcoin Anda, transaksi selesai.


Itu dia berbagai cara beli Bitcoin di Malaysia yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda. Membeli Bitcoin di Negeri Jiran ini tidak sesulit yang terlihat, karena banyak platform yang disediakan, bahkan sudah ada mesin ATM Bitcoin yang semakin memudahkan Anda jika ingin beli Bitcoin di Malaysia. 

Namun perlu diingat  di Malaysia, Bitcoin dan aset digital lainnya masih termasuk baru, dan harganya pun fluktuatif. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset yang mendalam dan pastikan Anda berinvestasi di cryptocurrency dengan risiko yang sudah Anda ketahui.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.

Top exchange
Pintu
14 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
20 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Pertanyaan penting

💡Apakah bisa beli Bitcoin di Malaysia ?

Ya, Anda bisa beli Bitcoin di Malaysia dibeberapa platform yang disediakan

📍Di mana beli Bitcoin di Malaysia ?

Exchange berlisensi, market peer to peer, ATM Bitcoin

📻 Apa saja exchange cryptocurrency yang legal di Malaysia ?

Luno, Sinegy dan Tokenize

📻 Apa itu exchange cryptocurrency ?

Exchange cryptocurrency adalah tempat di mana Anda bisa membeli dan menjual Bitcoin

💼 Apa saja market perr-to-peer di Malaysian yang menjual Bitcoin ?

LocalBitcoins, Remitano, Huobi OTC

🏧Apa itu ATM Bitcoin ?

Mesin yang memungkinkan Anda membeli Bitcoin dengan uang tunai

📍Di mana bisa beli Bitcoin di ATM BTC Malaysia ?

Kuala Lumpur, Langkawi, Nilai, Ipoh, Penang dan Sungai Petani.

🏧Di mana ATM Bitcoin di Indonesia ?

Di Indonesia belum ada ATM Bitcoin

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

14 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

20 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar