Linkedin Share
twitter Share

NFT · 5 min read

15 NFT Termahal yang Pernah Dijual

NFT TERMAHAL

2021 telah melihat peningkatan besar dalam minat seputar NFT, dengan minat penelusuran Google mengenai NFT mencapai angka tertinggi yang pernah ada.

Market NFT seperti Nifty Gateway dan OpenSea mencatatkan rekor volume perdagangan karena semua orang ingin masuk ke pasar ini.

Dalam waktu delapan bulan terakhir ada 15 NFT termahal sepanjang masa terjual, menunjukkan minat investor yang tinggi terhadap industri. Berikut adalah NFT paling mahal yang pernah dijual

Everydays: The First 5000 Days: $69,3 Juta

NFT pertama dengan rekor termahal adalah seni NFT dengan tajuk Everydays : The First 5000 Days. Karya seni, yang dibuat oleh seniman digital terkenal Mike “Beeple” Winkelmann, dijual seharga $69,3 juta setara dengan Rp1.009 triliun di rumah lelang seni Christie’s.

NFT ini mewakili kolase 5.000 karya seni Beeple sebelumnya, yang menunjukkan perkembangannya sebagai seniman selama kariernya. Ia mengumpulkan kolase ini sejak Mei 2007.

NFT ini dibeli oleh Vignesh “Metakovan” Sundaresan. Penawar tertinggi kedua karya ini adalah CEO dan pendiri Tron, Justin Sun, yang menawar $60,2 juta sebelum NFT itu jatuh ke tangan Sundaresan.

CryptoPunk #7523: $11,8 Juta

CryptoPunks menghasilkan sejumlah penjualan NFT paling mahal, mereka adalah kumpulan 10.000 karakter digital unik yang dihasilkan secara acak. Mereka dikembangkan oleh Matt Hall dan John Watkinson dari studio game Amerika Larva Labs.

Sebelumnya pada Februari 2021 CryptoPunk #6965 terjual di harga ekuivalen $1,6 juta. Namun tidak sampai di situ, ada lagi cryptopunk yang berhasil raih harga fantastis.

Karya itu berjudul CryptoPunk #7523 memiliki beberapa atribut yakni menggunakan masker medis yang memberinya kesan COVID. Ini yang membuatnya laku dan dibeli oleh pemegang saham terbesar DraftKings, Shalom Meckenzie seharga $11,8 juta setara dengan 170 miliar Rupiah.

CryptoPunk #7804: $7,5 Juta

Dylan Field, CEO perusahaan perangkat lunak desain Figma, berada di balik penjualan NFT termahal kedua dalam sejarah yakni CryptoPunk #7804.

NFT dijual seharga 4.200 pada tahun 2018, pada saat itu bernilai $7,5 juta atau sekitar  Rp108 Miliar. CryptoPunks adalah kumpulan 10.000 karakter digital unik yang dibuat secara acak, dan merupakan beberapa contoh pertama dari token non-fungible yang dirilis di blockchain Ethereum.

CryptoPunk #3100: $7,51 Juta

Posisi keempat juga ditempati oleh CryptoPunk, Alien Punk dengan nama CryptoPunk #3100 memakai ikat kepala dan dijual seharga 4.200 ETH ($7,51 juta) setara dengan 108 miliar Rupiah.

CROSSROAD: $6.66 Juta

CROSSROAD adalah NFT yang dibuat oleh seniman digital terkenal Beeple. Ini menampilkan pesan anti-Trump, dan sosok mirip Donald Trump yang diperbesar berbaring di tumpukan dengan  kata-kata kotor tertulis di seluruh tubuhnya yang telanjang.

Nifty Gateway, pasar populer untuk barang koleksi digital, menjadi perantara penjualan NFT senilai $6,66 atau sekitar Rp961 juta antara pemilik aslinya (pengguna Twitter Pablorfraile) dan pembeli anonim.

Baca juga: Mengenal Vancat, Token Utama di Dunia NFT

NFT dijual hanya empat bulan setelah awalnya dibeli dengan kenaikan harga hingga 10x harga aslinya.

CROSSROAD
By @beeple

The #1/1 from beeple’s first NG drop has just resold on the secondary market for $6.6 million.

History has just been made.

Congrats to beeple and of course to @pablorfraile for the sale. pic.twitter.com/mTYG4VABSw— Nifty Gateway (@niftygateway) February 25, 2021

Ocean Front: $6 Juta

Pada Maret 2021, Justin Sun akhirnya mendapatkan Beeple NFT, membayar $6 juta setara dengan 865 juta Rupiah untuk karya digital artis Ocean Front.

Uang hasil penjualan digunakan untuk tujuan yang baik diberikan kepada Open Earth Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk melacak kemajuan global dalam Perjanjian Paris untuk memerangi perubahan iklim.

Ocean First

CryptoPunk #5217: $5,44 Juta

Salah satu dari 24 Ape punk, CryptoPunk #5127 juga memakai topi rajutan dan rantai emas, dan dijual seharga $5,44 juta pada Juli 2021, ini setara dengan 784 juta rupiah pada Agustus 2021.

World Wide Web source code: $5,43 Juta

Pencipta World Wide Web, Sir Tim Berners-Lee mengejutkan banyak orang ketika dia mengumumkan bahwa dia berencana untuk menjual NFT yang mewakili kode sumber asli web dalam sebuah lelang di Sotheby’s.

Tentu saja, ini bukan kode sumber web yang merupakan sumber terbuka dan dalam domain publik. Bagaimanapun, penjualan tetap berjalan, dengan NFT, berjudul ” “This Changes Everything”, dijual seharga $5,43 juta setara dengan 783 juta Rupiah.

CryptoPunk #7252: $5,3 Juta

Pemilik terakhir CryptoPunk #7252 (zombie punk dengan chinstrap, anting-anting, dan rambut gila) telah membayar $2,5 juta untuk memiliki CryptoPunk seri ini pada Agustus 2021, tetapi mereka hanya butuh beberapa minggu untuk menggandakan uang mereka dan kemudian karya itu dijual kembali pada 24 Agustus seharga 1.600 ETH atau kurang lebih bernilai $5,33 juta setara dengan 768 juta Rupiah.

Stay Free: $5.27 Juta

Whistleblower NSA Edward Snowden masuk ke dunia  NFT pada April 2021. Ia membuat dan melelang karya seni digital berjudul “Stay Free”.

Karya tersebut menggambarkan potongan Snowden yang termenung dengan latar belakang teks keputusan pengadilan banding AS.

Snowden menjual karya seni itu seharga $5,4 juta di NFT marketplace Foundation yang digerakkan oleh komunitas. NFT ini pun berhasil terjual dengan harga $5,27 juta setara dengan 760 juta Rupiah.

Hasil penjualannya disumbangkan ke Freedom of the Press Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang mengadvokasi kebebasan berbicara, kebebasan pers, dan jurnalisme kepentingan publik.

Save Thousand Live :$5,1 Juta

Nirlaba Noora Health menciptakan NFT “Save Thousand Live” untuk mengumpulkan dana bagi kerja samanya dengan ibu baru di Asia Selatan.

Penjualan NFT tersebut berhasil mendapatkan angka 1.337 ETH $5,1 juta pada Mei 2021 atau setara 735 juta Rupiah pada Agustus 2021.

Dana hasil penjualan diperkirakan dapat menyelamatkan sembilan bayi dalam setiap 1.000 kelahiran hidup dengan biaya $1,235 per nyawa yang diselamatkan.

CryptoPunk #2338: $4,4 Juta

CryptoPunk seri ini dijual pada Agustus 2021 seharga $4,4 juta setara dengan 634 juta Rupiah. NFT ini sebelumnya dibeli dengan dana $443 (3,5 ETH) pada November 2018.

Artinya CryptoPunk ini telah memperoleh pengembalian 1.000.000% dalam waktu kurang dari tiga tahun. Punk itu sendiri adalah salah satu dari 88 Zombie di seluruh 10.000 CryptoPunks, dan salah satu dari hanya empat Zombie dengan atribut mohawk tipis, ini menjadikannya spesimen langka.

Replicator: $4,1 Juta

NFT ini hadir dengan twist yang unik, seperti namanya, REPLICATOR, karya seni digital oleh Micah “Mad Dog Jones” Bowbak, yang mebuat replikasinya sendiri.

NFT yang mereplikasi diri ini berpotensi mengeluarkan ratusan varian NFT yang kemudian dapat dijual oleh pemiliknya. Karena keunikan ini NFT Replicator terjual dengan harga lebih dari $4,1 juta pada April 2021 setara dengan 591 juta Rupiah pada Agustus 2021.

Fidenza #313: $3,3 Juta

Pada Agustus 2021, ada NFT tunggal terbesar yang berhasil dijual adalah Fidenza #313 oleh Tyler Hobbs. NFT ini terjual dengan harga 1.000 ETH ($3,3 juta pada saat pembelian). Harga tersebut setara dengan 475 juta Rupiah pada Agustus 2021.

The First Tweet $2,9 Juta

Versi NFT dari pendiri Twitter dan tweet pertama CEO Jack Dorsey. Ini merupakan tweet pertama di Twitter, dilelang sepanjang Maret 2021 dan akhirnya terjual dengan harga $2,9 juta sekitar Rp422 juta.

Token tersebut dicetak melalui platform yang dikenal sebagai Valuables  yang memungkinkan pengguna membuat NFT yang mewakili tweet mereka.

just setting up my twttr— jack (@jack) March 21, 2006


Itu dia 15 NFT termahal yang pernah di jual, harga-harga di atas sangat fantastis bahkan ada yang sampai triliunan namun bagi para kolektor yang mengincar keistimewaan dan keunikan harga tersebut mungkin setimpal dengan kepuasan yang didapatkan.

*Konversi USD ke Rupiah yang digunakan mengikuti harga pada Agustus 2021.

Informasi ini bisa diperoleh kembali di sini.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.