Bitcoin Legal Digunakan di Negara-Negara Ini

anisa giovanny     Thursday, November 21 2019

Amerika Serikat

Penggunaan Bitcoin di Amerika Serikat berkembang jauh lebih baik dibandingkan negara lain. Bitcoin legal di AS dan bisa untuk membayar biaya kuliah, belanja online,dan tagihan-tagihan lainnya. Selain itu, Pemerintah AS telah membuat kebijakan untuk  para turis yang akan berkunjung ke sana. Saat ini turis wajib menunjukkan mata uang digital yang dimiliki. Aturan baru ini digagas oleh Sen Chuck Grassley. Undang-undang tersebut diperkenalkan pada tanggal 25 Mei 2017.

Namun, tidak perlu khawatir karena tidak semua turis yang ingin ke AS wajib menunjukkan kepemilikan bitcoin. Ini hanya berlaku bagi turis yang memiliki uang digital senilai lebih dari US$10.000.

Jepang

Bitcoin di Jepang sudah disahkan menjadi mata uang legal bagi transaksi digital. Financial service agency (FCA) sebagai lembaga yang mengelola peredaran mata uang yen di Jepang, menyetujui undang-undang atau regulasi terkait bitcoin karena  diprediksi bisa membantu memperluas jangkauan teknologi informasi di sektor perbankan.

Undang-undang terbaru mengakui secara sah bahwa bitcoin bisa digunakan sebagai alat tukar atau pembayaran. Pengesahan ini ditandai dengan maraknya retailer yang menerima pembayaran dengan bitcoin. Meski begitu, mata uang Yen tetap menjadi alat pembayaran utama di Jepang.

Korea Selatan

Negara ini dikenal memiliki pembayaran via smartphone yang cukup baik di dunia, tidak heran jika Korea Selatan dapat beradaptasi dengan bitcoin baik sebagai investasi dan pembayaran atau penukaran uang. Di Korea Selatan, orang sudah bisa melakukan  pembelian atau top up bitcoin di gerai 7-Eleven.

Penggunaan Bitcoin di sana pun cukup pesat karena Pemerintah telah memberikan dukungan dan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakan mata uang digital tersebut. Bahkan negara ini pernah menjadi  tuan rumah konferensi bitcoin reguler dan telah menciptakan iklim bersahabat dan terbuka bagi komunitas pengguna bitcoin.

Finlandia

Selain maju dalam dunia pendidikan, negara yang terletak di benua Eropa ini juga maju di dunia teknologi. Finlandia sudah memberikan kebebasan pajak untuk pembelian bitcoin. Negara ini juga memfasilitasi hampir seluruh ATM yang sangat banyak untuk melakukan transaksi bitcoin dari penukaran, pembelian hingga top up. Dari ATM Radar didapatkan data bahwa Finlandia adalah negara yang memiliki pertukaran bitcoin paling tinggi dibanding negara lainnya.

Cina

Bitcoin di Cina sudah legal digunakan, Kota kuno Hangzhou di Cina mengkonfirmasi bahwa mata uang digital ini memiliki identitas sebagai properti virtual. Pengadilan kota memutuskan untuk mendukung status hukum cryptocurrency yang menyatakan bahwa transaksi dan kesepakatannya telah dilindungi oleh hukum. Karena banyak analis memastikan perubahan pandangan negara terhadap cryptocurrency, pihak Bank of China menegaskan bahwa BTC memang diberi status properti, namun, tidak membuatnya menjadi mata uang fiat.

Keputusan ini pun disambut baik oleh para pengguna Bitcoin di Cina karena mereka bisa bertransaksi dengan resmi.  Negara ini pun terus mengembangkan teknologi dan riset seputar Bitcoin.

Sumber : Bitcoin Resmi Legal Di Cina Sekarang!

Rusia

Pada November 2016, pemerintah Rusia melalui Lembaga Pajak Federal Rusia secara resmi telah melegalkan penggunaan bitcoin dan mengakuinya sebagai salah satu mata uang yang beredar di negara tersebut. Rusia menjadikan Bitcoin sebagai mata uang yang legal datas kesadaran bahwa teknologi digital cryptocurrency akan semakin besar dan sering digunakan oleh masyarakat dalam bertransaksi di masa depan.

Dengan adanya pengesahan mata uang digital tersebut, pihak pemerintahan Rusia dapat memonitor transaksi cryptocurrency yang terjadi di negaranya dan bisa mengurangi risiko penggunaan mata uang digital seperti money laundry dan pendanaan terorisme.

Indonesia

Bitcoin sudah legal di Indonesia hanya saja bukan sebagai alat pembayaran. Mata uang ini resmi diakui sebagai komoditas yang bisa diperdagangkan di bursa berjangka setelah Badan Pengawas Perdagangan Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti) merilis aturan soal perdagangan Bitcoin. Dengan kata lain, bitcoin sudah legal sebagai alat investasi.  

Sumber