Linkedin Share
twitter Share

Artificial Intelligence · 6 min read

Mengenal Metahuman: Karakter AI Mirip Manusia

metahuman

Dalam era digital saat ini, artificial intelligence (AI) telah berkembang pesat dan menjadi penggerak inovasi dan mengubah cara berinteraksi dengan dunia digital. Salah satu inovasi yang menarik adalah Metahuman.

Karakter digital ini tidak hanya menampilkan visual yang realistis layaknya manusia, tetapi juga perilaku yang menyerupai manusia asli berkat kecanggihan AI. Artikel ini membahas tentang peran dan fungsi Metahuman dan beberapa contoh yang populer.

Apa itu Metahuman

Metahuman adalah karakter digital yang dirancang untuk terlihat dan berperilaku seperti manusia asli. Dibalik kemiripannya dengan manusia, terdapat teknologi AI yang kompleks. AI memungkinkan Metahuman untuk menampilkan ekspresi wajah, gerakan, dan detail lainnya dengan presisi yang tinggi.

AI memainkan peran penting dalam proses penciptaan Metahuman. Dengan menggunakan algoritma machine learning, Metahuman dapat belajar untuk meniru gerakan dan ekspresi manusia dengan akurasi yang tinggi. Selain itu, AI juga memungkinkan Metahuman untuk berinteraksi dengan lingkungannya dan merespons stimulus eksternal, mirip dengan bagaimana manusia asli berperilaku.

Baca juga: Mengenal Artificial Intelligence (AI) dan Contohnya

Peran Metahuman

Metahuman memiliki peran dalam berbagai sektor antara lain:

Industri Film

Dalam dunia perfilman, Metahuman memungkinkan pembuatan adegan yang berisiko atau sulit tanpa melibatkan aktor asli, mengurangi biaya produksi dan meningkatkan fleksibilitas. Ini juga memungkinkan sutradara untuk merealisasikan visi mereka tanpa batasan fisik dari aktor manusia.

Video Game

Dalam industri gaming, karakter Metahuman memberikan pengalaman yang lebih mendalam bagi pemain. Dengan tampilan dan perilaku yang realistis, pemain dapat merasa lebih terhubung dengan karakter dan cerita sehingga meningkatkan kualitas gameplay.

Pendidikan dan Pelatihan

Dalam konteks pendidikan, Metahuman dapat digunakan untuk simulasi berbagai jenis pelatihan. Metahuman dapat memberikan situasi yang mendekati kenyataan, memungkinkan peserta didik untuk berlatih dalam lingkungan aman sebelum diterapkan di dunia nyata.

Pemasaran dan Iklan

Metahuman menawarkan peluang baru dalam industri pemasaran. Dengan kemampuan untuk menyesuaikan penampilan dan perilaku, merek dapat menciptakan campaign yang lebih personal dan menargetkan audiens tertentu dengan pesan yang lebih efektif.

Fungsi Metahuman 

Metahuman memiliki berbagai fungsi yang memanfaatkan kecanggihan AI. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari Metahuman:

Representasi Manusia yang Realistis

Salah satu fungsi utama Metahuman adalah menciptakan karakter digital yang menyerupai manusia asli. Dengan AI, mereka dapat menampilkan ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan suara dengan detail yang luar biasa, memberikan realisme yang belum pernah ada sebelumnya.

Kustomisasi yang Cepat

Metahuman memberikan kebebasan untuk mengubah dan menyesuaikan karakter sesuai kebutuhan. Baik itu perubahan fisik, pakaian, atau perilaku, prosesnya cepat dan intuitif dan memungkinkan penciptaan karakter unik dalam waktu singkat.

Penghematan Biaya dan Waktu

Dengan mengurangi kebutuhan aktor asli atau model dalam produksi, Metahuman dapat menghemat biaya dan waktu. Ini terutama berlaku dalam industri film dan periklanan di mana biaya produksi dapat sangat tinggi.

Konsistensi dan Kontrol

Berbeda dengan aktor manusia yang mungkin memiliki keterbatasan atau ketidakkonsistenan dalam penampilan dan perilaku, Metahuman menawarkan konsistensi yang hampir sempurna. Produser memiliki kontrol penuh atas setiap aspek karakter, memastikan hasil yang konsisten setiap saat.

Cara Membuat Metahuman

metahuman
Gambar: Homepage MetaHuman Creator dari Epic Games

Salah satu alat yang paling populer untuk membuat Metahuman adalah MetaHuman Creator dari Epic Games. Berikut langkah-langkah untuk membuat Metahuman menggunakan MetaHuman Creator:

  1. Buka MetaHuman Creator dan pilih template wajah yang Anda inginkan.
  2. Sesuaikan fitur wajah, seperti bentuk mata, hidung, mulut, dan lainnya.
  3. Pilih tekstur kulit, warna mata, dan gaya rambut.
  4. Sesuaikan pakaian dan aksesori sesuai keinginan.
  5. Setelah selesai, Anda dapat mengekspor karakter Metahuman Anda ke Unreal Engine atau platform lainnya.

Metahuman Paling Terkenal di Dunia

Beberapa Metahuman telah mendapatkan popularitas besar di dunia, antara lain:

  • Miquela Sousa (Lil Miquela): Seorang influencer digital yang memiliki 2,8 juta pengikut di Instagram. Meskipun ia adalah karakter digital, Miquela sering berkolaborasi dengan merek-merek terkenal seperti Gucci dan Calvin Klein.
  • CodeMiko: Digital influencer dan juga streamer di Twitch ini adalah karakter digital dengan 128 ribu pengikut di Instagram.
  • Shudu: Karakter digital yang memiliki 241 ribu pengikut di Instagram dan bekerja sama dengan merek-merek terkenal seperti BMW dan Louis Vuitton.
  • Kyra: Karakter digital asal India ini sering menggambarkan diri sebagai orang yang senang travelling dan yoga. Kyra memiliki 252 ribu pengikut di Instagram.

Baca juga: Investasi Venture Capital ke Kripto Turun, Kalah Saing dengan AI!

Kesimpulan

Keberadaan Metahuman menjadi bukti nyata dari kemajuan teknologi AI yang mampu menghadirkan karakter digital dengan kualitas yang hampir menyamai manusia asli.

Metahuman tidak hanya memberikan representasi visual yang realistis, tetapi juga perilaku yang mendekati manusia asli. Dengan berbagai peran dan fungsi yang ditawarkannya, Metahuman telah menemukan tempatnya di berbagai industri mulai dari film, video game, pendidikan, hingga pemasaran.

Alat seperti MetaHuman Creator dari Epic Games memungkinkan individu dan perusahaan untuk menciptakan karakter Metahuman mereka sendiri dengan mudah, memberikan kebebasan kreatif yang belum pernah ada sebelumnya.

Sementara itu, beberapa karakter Metahuman telah berhasil mencuri perhatian publik dan menjadi fenomena di media sosial, menunjukkan potensi besar karakter digital ini di masa depan.

Baca juga: Microsoft akan Pakai Energi Nuklir untuk Latih AI Makin Cerdas

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.