Linkedin Share
twitter Share

Trading · 6 min read

Likuiditas – Yang Perlu Diperhatikan Agar Aset Tidak Nyangkut

Likuiditas Yang Perlu Diperhatikan Agar Aset Tidak Nyangkut

Bagaimana cara memilih exchange yang aman? Salah satunya adalah cari exchange dengan likuiditas yang tinggi. Selain likuiditas, apa saja faktor yang harus diperhatikan untuk memilih exchange? Semua akan dibahas dalam artikel ini.

Likuiditas dalam Aset Kripto

Likuiditas mengacu pada efisiensi atau kemudahan aset atau sekuritas dapat dikonversi menjadi uang tunai tanpa mempengaruhi harga pasarnya, uang tunai sendiri merupakan aset yang paling likuid.

Dalam konteks aset kripto, likuiditas dapat didefinisikan sebagai kemampuan koin untuk dikonversi menjadi uang tunai atau koin lainnya dengan mudah tanpa mengganggu harga.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi likuiditas kripto, di antaranya popularitas, kegunaan, jumlah pengguna, dan lain-lain.

Likuiditas tinggi selalu lebih disukai, karena merupakan indikasi pasar yang dinamis dan stabil. Di pasar yang sangat likuid, peserta dapat berdagang dengan mudah, cepat dan dengan harga yang wajar.

Baca juga: Circulating Supply Crypto dan Bedanya dengan Total Supply

Jenis Likuiditas

Market Liquidity 

Likuiditas pasar atau market liquidity adalah sejauh mana pasar memberikan kemudahan pada aset untuk dibeli dan dijual pada harga yang wajar. Maksud dari harga wajar adalah harga yang paling dekat dengan nilai intrinsik aset. 

Dalam aset kripto, nilai intrinsik ini mengacu pada harga terendah yang bersedia dijual penjual (ask) mendekati harga tertinggi yang tersedia untuk dibeli (bid). Selisih antara keduanya disebut sebagai spread bid-ask.

Accounting Liquidity

Likuiditas akuntansi mengukur kemudahan individu atau perusahaan dapat memenuhi kewajiban keuangannya dengan aset likuid yang tersedia bagi mereka, kemampuan untuk melunasi utang saat jatuh tempo, ini akan berkaitan dengan kesehatan keuangan perusahaan. Jenis likuiditas ini jarang ditemui dalam aset kripto. 

Berikut ini beberapa alasan mengapa likuiditas di aset kripto itu penting. 

Mencegah Manipulasi Harga 

Likuiditas dalam cryptocurrency membuatnya kurang rentan terhadap manipulasi pasar oleh aktor atau kelompok aktor yang tidak jujur.

Semakin besar likuiditas sebuah aset, akan semakin sulit untuk dimanipulasi. Contohnya adalah Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) yang memimpin pasar kripto, kedua harga aset itu cenderung sulit untuk diatur oleh segelintir pihak. 

Stabilitas Harga dan Volatilitas 

Likuiditas dalam cryptocurrency menawarkan stabilitas harga dan lebih sedikit volatilitas

Pasar yang likuid dianggap lebih stabil dan tidak terlalu bergejolak karena pasar yang berkembang pesat dengan aktivitas perdagangan yang cukup besar dapat membuat kekuatan pasar beli dan jual menjadi harmonis.

Analisis Perilaku Investor 

Likuiditas dalam cryptocurrency ditentukan oleh jumlah pembeli dan penjual. Peningkatan partisipasi pasar berarti peningkatan likuiditas, yang dapat menjadi sinyal peningkatan jumlah investor yang terlibat dan pada akhirnya dapat menjadi data untuk melakukan analisis perilaku investor.

Dengan begitu, investor juga dapat apat menganalisis pasar dengan lebih baik, membuat prediksi yang akurat, dan sebagai hasilnya membuat keputusan yang tepat.

Baca juga: Cara Analisis Teknikal Aset Crypto

Mengukur Likuiditas dalam Aset Kripto


Likuiditas, tidak seperti indikator analisis perdagangan lainnya, tidak memiliki nilai tetap. Akibatnya, sulit untuk menghitung likuiditas yang tepat dari pertukaran atau pasar. Namun, ada tanda-tanda lain yang dapat digunakan sebagai proksi likuiditas dalam mata uang kripto.

Spread Bid-Ask

Perbedaan antara harga bid (jual) tertinggi dan harga ask (pembelian) terendah dalam order book dikenal sebagai bid-ask spread. Semakin sempit penyebarannya, dikatakan semakin likuid sebuah aset kripto.

Jika pasar untuk aset digital tidak likuid, investor dan spekulan akan melihat spread bid-ask yang lebih luas, membuatnya lebih mahal untuk bertransaksi di aset digital tersebut.

Baca juga: Pengertian Spread Crypto dan Cara Kerjanya

Volume Perdagangan

Volume perdagangan merupakan faktor penting dalam menentukan likuiditas di pasar cryptocurrency. Ini mengacu pada jumlah total aset digital yang dipertukarkan pada pertukaran aset kripto selama periode tertentu.

Indikator memengaruhi arah dan perilaku pelaku pasar. Nilai perdagangan yang lebih tinggi menunjukkan lebih banyak aktivitas perdagangan (pembelian dan penjualan), menyiratkan likuiditas dan efisiensi pasar yang lebih besar. Volume perdagangan yang lebih rendah berarti lebih sedikit aktivitas dan likuiditas rendah.

Ukuran pasar

Saat ini, ukuran pasar cryptocurrency secara keseluruhan, termasuk Bitcoin, masih cukup kecil. Misalnya, berdasarkan harga tinggi historis yang telah dicapai Bitcoin masing-masing sekitar $68.000 USD dan sekitar 19 juta BTC ditambang.

Total kapitalisasi pasarnya adalah sekitar US$1,3 triliun, di mana kapitalisasi pasar dihitung sebagai jumlah aset yang beredar dikalikan dengan harga masing-masing aset itu.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.