Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

Mining · 6 min read

3 Cara Mining Dogecoin Mudah

Mining Dogecoin

Dulu hanya dianggap kripto meme, kini Dogecoin menjelma menjadi aset kripto yang diperhitungkan di kalangan investor. Di 2023 dogecoin telah masuk ke dalam peringkat 10 besar berdasarkan kapitalisasi pasar dan masih bertahan di tengah gempuran bear market yang kejam. 

Ada dua cara utama untuk mendapatkan Doge yakni membelinya langsung di pertukaran atau dengan menambangnya menggunakan sejumlah perangkat keras.

Jika kamu ingin memperoleh Doge dengan mining, maka kamu berada di artikel yang tepat. Artikel ini akan membahas cara mining Doge.

Ilustrasi koin Doge

Ada tiga cara untuk menambang Doge di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Solo Mining 
  2. Mining Pool 
  3. Cloud Mining

Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing cara mining tersebut. 

Solo Mining

Mining Solo artinya kamu akan melakukan sendiri tanpa pihak ketiga, prosesnya bisa jadi lebih rumit dan lama, namun keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar karena tidak membaginya dengan orang lain. 

  • Siapkan perangkat komputer yang memadai untuk mining
  • Beli mining hardware, kamu bisa menggunakan GPU atau ASIC
  • Buat mining rig
  • Install software mining Dogecoin
  • Buat wallet Dogecoin
  • Unduh Dogecoin Core dari situs resmi
  • Masuk ke menu Setting dan Encrypt Wallet untuk menjaga serangan atau pencurian
  • Tunggu proses instalasi
  • Wallet core akan mengunduh semua block yang sudah ada langsung ke CPU kita selama berhari-hari, usahakan komputer tidak mati, sediakan daya listrik yang cukup
  • Tunggu proses mining yang dijalankan secara otomatis oleh perangkat yang telah kamu pilih
  • Semakin kuat dan bagus perangkat yang kamu gunakan maka kesempatan untuk menghasilkan Doge semakin besar.

Mining Pool

Di sini kamu akan bergabung dengan pool atau pihak ketiga yang menyediakan sumber daya dari banyak penambang untuk meningkatkan peluang menyelesaikan blok transaksi. Ketika seorang anggota kumpulan berhasil menambang satu blok, hadiah 10.000 Doge dibagi di antara semua peserta pool. 

Setiap anggota menerima bagian dari hadiah sebanding dengan kekuatan hash yang dikontribusikan. Jadi, seperti halnya solo mining, ada baiknya memiliki rig sekuat mungkin saat bergabung dengan pool.

Kumpulan penambangan mempertahankan persentase kecil dari hadiah, biasanya antara 0,5% dan 4%, untuk menyediakan layanan mereka.

Cara mining via pool hampir mirip seperti solo mining, hanya saja kamu tidak perlu bergabung ke jaringan Dogecoin secara individu, tetapi bergabung di mining pool

Pilih mining pool yang terpercaya dan ketahui risiko serta keuntungannya, kamu bisa langsung bergabung sesuai dengan tata cara yang diberikan mining pool yang dipilih, jika sudah cukup menunggu proses mining otomatis via pool dan mendapatkan Doge. Pendapatan Doge akan bergantung dengan sumber daya yang kamu berikan, semakin besar akan semakin banyak.

Baca juga: 5 Mining Pool Terpercaya dan Terbaik Menambang Multi Kripto

Cloud Mining

Opsi ketiga untuk menambang Dogecoin adalah menggunakan penyedia cloud mining. Di bawah model cloud mining, kamu perlu menyediakan akses internet cepat dan listrik yang memadai, wallet, unduh software, dan memilih opsi cloud mining, kemudian mulai proses penambangan. Kamu juga perlu membayar biaya bulanan atau tahunan ke penyedia layanan yang “menyewa” daya hash komputasi. 

Keuntungan dari cloud mining tidak mengharuskan kamu memiliki peralatan penambangan apa pun, sehingga lebih praktis, namun Doge yang dihasilkan jauh lebih sedikit karena akan dipotong untuk proses penyewaan cloud dan sebagainya. 

Apakah Mining Doge Masih Menguntungkan?


Perkiraan profitabilitas penambangan akan selalu berfluktuasi tergantung para harga, kesulitan mining, hingga spesifikasi rig yang digunakan.

Kesimpulan

Itu dia berbagai cara mining dogecoin, bagi kamu yang ingin mining dogecoin pastikan untuk melakukan riset lebih lanjut agar mengetahui keuntungan dan risikonya.

Baca juga: 5 Mining Pool Terpercaya dan Terbaik Menambang Multi Kripto

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.