Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Mengenal Meme Coin dan Cara Kerjanya

Kala market crypto bullish atau terus bergerak positif banyak meme coin yang bermunculan untuk memanfaatkan momentum dan jadi ajang mendapatkan keuntungan.

Ada banyak meme coin yang tersebar di pasaran dari yang legit sampai scam! Apa itu meme coin, cara kerja, dan pilihan meme coin terkenal yang ada di crypto? Selengkapnya akan diulas di artikel berikut. 

Pengertian Meme Coin

Koin meme atau meme coin adalah aset kripto yang terinspirasi dari meme dan gambar online viral lainnya. Meskipun mereka beroperasi mirip dengan cryptocurrency lainnya, mereka sering kali hadir hanya untuk memanfaatkan momentum dan tidak memiliki tujuan jelas, harganya cenderung tidak stabil dan keberhasilannya sering ditentukan oleh keviralan dan dukungan komunitas online.

Contoh koin meme yang populer dan disinyalir jadi pelopor meme coin lainnya adalah Dogecoin, yang merupakan mata uang kripto yang menampilkan gambar anjing Shiba Inu yang menjadi viral sebagai meme internet. Anjing dalam meme itu disebut sebagai “Doge,” yang menjadi inspirasi untuk nama Dogecoin.

Insight dan Networking Bersama Crypto Enthusiast

Cara Kerja Koin Meme

Koin meme berfungsi seperti mata uang kripto lainnya, memanfaatkan sepenuhnya blockchain dan teknologi terkait. Secara khusus, mereka telah muncul di blockchain yang menggunakan kontrak pintar seperti Ethereum dan Solana.

Saat ini, ada lebih dari 200 koin meme yang beredar di blockchain ini. Koin meme dapat dibeli, dijual, dan diperdagangkan seperti jenis cryptocurrency lainnya.

Cukup kunjungi bursa yang menjual meme coin, lakukan deposit, dan pembelian maka kamu sudah memiliki meme coin. 

Baca juga: Cara Melakukan Dyor di Crypto 

Karakteristik Koin Meme

Secara umum karakteristik meme coin adalah memiliki persediaan yang sangat tinggi atau tidak terbatas. Tidak seperti Bitcoin, yang diprogram untuk memiliki jumlah unit terbatas yang tersedia untuk ditambang, koin meme seringkali memiliki miliaran unit yang beredar. 

Koin meme juga biasanya tidak memiliki mekanisme burning yang bisa menghapus token dari peredaran agar tidak terjadi suplai berlebih atau menghapusnya dari peredaran secara permanen, sehingga jumlahnya terus meningkat.

Karena itu, nilai mereka per unit biasanya sangat rendah, karena itu dengan modal sedikit umumnya jumlah koin meme yang didapatkan sangat banyak. 

Risiko Investasi di Meme Koin

Harga koin meme sangat fluktuatif karena pergerakannya sangat dipengaruhi 

sentimen komunitas seperti tweet selebriti.  Beberapa orang juga telah menciptakan mata uang kripto yang viral untuk menipu orang agar kehabisan uang.

Contoh penipuan terkenal terkait koin meme adalah token Squid Game yang nilainya naik hingga  $2.000 USD per koin sebelum pencipta menjual unit mereka dan mengambil uang investor. 

Banyak koin meme juga tidak didukung oleh teknologi yang sama dengan cryptocurrency mapan seperti Bitcoin, juga tidak memiliki ekosistem yang mapan untuk mendukungnya.

Dari koin meme yang saat ini populer, hanya dua yang menggunakan blockchain yang diuji: protokol Dogecoin didasarkan pada Litecoin, dan Shiba Inu dibangun di atas blockchain Ethereum.

Sebagian besar dari mereka juga sebagian besar tidak berharga di luar dunia cryptocurrency, karena sifatnya yang topikal, kecil kemungkinan sebagian besar koin meme yang dibuat akan tetap ada dalam beberapa tahun. 

Baca juga: Cara Investasi Cryptocurrency, Strategi, Risiko dan Manfaatnya

Beda Koin Meme dengan Cryptocurrency Lain 

Cryptocurrency arus utama seperti Bitcoin telah dibuat dengan teknologi khusus untuk meningkatkan perdagangan dan transaksi di pasar crypto sementara koin meme belum dibuat dengan penggunaan khusus atau nilai bawaan.

“Koin meme tidak memiliki dasar. Mereka lebih merupakan fenomena yang digerakkan oleh komunitas, suatu bentuk ekspresi untuk generasi milenial dan Gen Z. Ini memiliki semua ciri khas perjudian sembrono jika kamu mau melakukannya,” kata Sharat Chandra, seorang pemerhati blockchain dan tech evangelist.

Daftar Meme Coin Populer

Berikut ini adalah daftar meme coin populer dilansir dari Coinmarketcap. 

Dogecoin (DOGE) 

Pertama adalah dogecoin, ia dulu diremehkan namun kini dipertimbangkan di industri crypto, bahkan ia berhasil masuk ke dalam 10 besar market kripto terbesar saat ini.  Dogecoin (DOGE) didasarkan pada meme internet “doge” yang populer dan menampilkan Shiba Inu pada logonya. 

Aset ini dibuat oleh Billy Markus dari Portland, Oregon dan Jackson Palmer dari Sydney, Australia, dan merupakan hasil fork dari Litecoin pada Desember 2013. Nama doge semakin tenar karena salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk menunjukan dukungannya pada aset ini melalui media sosial. 

Shiba Inu

Shiba Inu (SHIB) adalah saingan DOGE dan sering disebut sebagai “Dogecoin killer”. SHIB juga dinamai dari jenis anjing Jepang. Aset ini dibuat oleh seorang anonim bernama Ryoshi pada Agustus 2020.

Perbedaan utama antara DOGE dan SHIB adalah bahwa yang terakhir memiliki persediaan terbatas 1 kuadriliun token, di mana 50% dibakar dan disumbangkan untuk amal. Ekosistem SHIB juga mencakup pertukaran terdesentralisasi, inkubator seni NFT, NFT, dan game NFT.

Dogelon Mars 

Coin meme selanjutnya adalah dogelon mars yang bertema anjing dan bekerja di jaringa Ethereum dan Polygon. Nama token ini campuran dari Dogecoin dan Elon Musk, di luar namanya aset ini telah memiliki lebih dari 300.000 pengikut di twitter dan lebih dari 84.000 anggota komunitas di telegram. Per 25 Juli 2022, Dogelon mars berada di urutan 138 berdasarkan kapitalisasi pasar. 

Baby Doge

Baby doge adalah meme coin yang berharap bisa mengikuti pendahulunya yakni Dogecoin. Token ini sedang mencari cara untuk memperluas fitur dan kemampuan meme mereka untuk bisa memperoleh investor.

Baby Doge memiliki enam tahapan dalam peta jalannya, salah satunya adalah meningkatkan harga, memberikan lebih banyak keamanan pada komunitas, mempromosikan nilai-nilai transparansi, dan lain sebagainya.

Coin meme ini pun telah melakukan audit dari pihak ketiga untuk menghilangkan kekhawatiran rug pull. 

Samoyedcoin 

SAMO lahir karena terinspirasi dari Sam Bankman Fried dan pendiri Solana 

Anatoly Yakovenko. SAMO ingin menjadi koin komunitas terkonsentrasi untuk membangun komunitas dan berorientasi pada pengguna Solana, mendidik pelaku pasar, membuat koneksi pribadi, dan membantu satu sama lain menavigasi kehidupan.

Koin meme ini juga mengklaim sebagai meme coin anjing tercepat, paling efisien, dan paling ramah lingkungan dalam jenis meme coin. 


Itu dia penjelasan seputar meme coin dari mulai pengertian, cara kerja, beda dengan crypto lain dan jenis meme coin yang populer.

Perlu diperhatikan umumnya coin jenis ini ada karena viral semata dan bukan merupakan proyek yang berkelanjutan dan tidak semua meme coin akan memiliki nasib dan komunitas yang kuat layaknya Doge dan Shiba.

Karena itu bagi pembaca yang ingin membeli meme coin harap perhatikan risikonya dan gunakan uang dingin sewajarnya.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin