Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

Mining · 5 min read

Cara Kerja Bitcoin Mining

Bagi pemula, mungkin masih sedikit bingung dengan istilah menambang atau mining Bitcoin. Memang terdengar aneh, bagaimana penambangan bisa dilakukan di sebuah mesin komputer.

Tetapi faktanya koin cryptocurrency memang harus ditambang dengan kriteria hardware khusus.

Artikel bisa menjelaskan cara kerja Bitcoin mining yang selama ini dianggap menguntungkan.  

Baca juga: Cara Mining Bitcoin di Android dan Laptop

Cara Kerja Bitcoin Mining
Ilustrasi Bitcoin

Miner Menjalankan Node

Untuk memahami cara kerja mining, kita dapat memulainya dari proses miner Bitcoin yang berinvestasi dalam peralatan komputer khusus untuk melakukan penambangan, biasanya membutuhkan perangkat canggih dengan akses ke sumber energi berbiaya rendah.  Kemudian miner akan menjalankan node dengan cara mengunduh software Bitcoin dan membiarkannya tetap online sepanjangan hari.

Node merupakan komputer yang menjalankan perangkat lunak Bitcoin dan menjaga agar Bitcoin berjalan dalam jaringan. Node ini yang digunakan dalam penambangan untuk menyebarkan transaksi bitcoin seluruh jaringan.

Menyelesaikan Transaksi Bitcoin

Miner Bitcoin selanjutnya akan bertugas untuk menyelesaikan transaksi Bitcoin yang perlu diverifikasi dan dikelompokan bersama, disebut dengan blok. Selanjutnya blok yang disatukan dalam urutan membuat blockchain, seperti tautan dari rantai. 

Perbedaannya di sini adalah bahwa setiap blok membawa informasi tentang dari mana bitcoin berasal dan ke mana arahnya dalam suatu transaksi. Oleh karena itu, integritas dan verifikasi setiap blok sebelum dan sesudah sama pentingnya dengan verifikasi setiap blok yang diberikan.

Verifikasi Hash

Setiap blok dilengkapi dengan seperangkat aturan kriptografi (fungsi matematika yang rumit) yang disebut hash yang harus diverifikasi oleh penambang. Aturan ini juga mempersulit siapa pun untuk memanipulasi atau secara curang menambah atau menghapus blok dari blockchain.

Hash adalah fungsi matematika yang menghasilkan potongan kode unik yang sesuai dengan file. Itu tidak dapat diduplikasi tetapi dapat digunakan untuk mengidentifikasi file, seperti sidik jari. Hash digunakan dalam penambangan bitcoin untuk memastikan bahwa blok tidak dimanipulasi dan rantai transaksi akurat.

Penambang Bitcoin berlomba untuk menyelesaikan fungsi matematika yang menantang untuk menebak hash ini dan memproses transaksi bitcoin.

Miner Mendapatkan Bitcoin

Selanjutnya miner Bitcoin perlu memecahkan masalah matematika tersebut dengan cepat, sebab penambang pertama yang membuktikan bahwa mereka telah melakukan “pekerjaan” memecahkan persamaan yang kompleks mendapatkan hak untuk memproses blok transaksi Bitcoin terbaru.

Penambang yang sukses juga menerima bitcoin sebagai hadiah dan biaya transaksi. Pada Juni 2022, penambang yang sukses akan mendapatkan 6,25 bitcoin sebagai hadiah.

Setelah penambang berhasil memverifikasi blok transaksi baru, blok tersebut didistribusikan ke semua penambang lain dan perangkat lain dengan salinan lengkap dari blockchain Bitcoin.

Banyak komputer di seluruh dunia menyimpan salinan identik dari blockchain, memastikan pembuatan dan pemeliharaan riwayat yang tepercaya dan terverifikasi yang hampir tidak mungkin diretas atau diubah.

Baca juga: Apa itu dan Cara Menjadi Miner Bitcoin

Tingkat Kesulitan dan Keberuntungan Bitcoin Mining

Ada banyak node pertambangan yang bersaing untuk mendapatkan hadiah/reward Bitcoin. Semuanya merupakan keberuntungan dan berdasarkan seberapa besar perangkat komputasi Anda.

Semakin tinggi spesifikasi dan Hash rate yang dikeluarkan, maka semakin besar kesempatan mendapatkan reward lebih cepat.

Reward ini tidak selalu didapatkan, karena dibagi dalam beberapa tahun yang kini nilainya semakin kecil.

Tingkat kesulitan dalam menambang Bitcoin semakin tinggi, membutuhkan waktu rata-rata 10 menit untuk memproses blok.

Waktu ini diperlukan untuk pengembangan Bitcoin hingga total keseluruhan koin berjumlah 21 juta.

Nilai total koin diperkirakan akan tercapai pada tahun 2140, perhitungan ini menggunakan hardware teratas saat ini.

Jadi, tidak ada bedanya dengan penambang emas. Semakin banyak alat berat yang disediakan maka semakin cepat mengeluarkan emas dari dalam tanah.

Proyek pembangunan penambangan koin bisa saja bernilai jutaan dolar, untuk perangkat menambang Bitcoin yang kecil saat ini berkisar 20 juta rupiah. Angka ini berdasarkan tingkat kesulitan menambang bitcoin yang setiap hari semakin tinggi.

Sebelum membuat perangkat mining, hitung dulu tingkat kesulitannya, kemudian siapkan perangkat.

Informasi lebih rinci tentang mining Bitcoin bisa didapatkan di artikel apa itu mining bitcoin

Apakah Mining Masih Dimungkinkan?

Mining masih dimungkinkan, namun karena Bitcoin semakin populer dan terbatas maka proses mining pun semakin sulit. Namun bagi kamu yang tertarik ingin mencoba mining, harap perhatikan kembali risiko agar mining dan dana yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.