Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

7 Buku Rekomendasi Buat Kamu yang Mau Belajar Crypto

anisa giovanny     Sunday, January 3 2021

Bitcoin dan crypto masuk ke dalam jajaran ilmu baru yang harus kamu pahami. Pasalnya, perkembangan Bitcoin, mata uang crypto, dan blockchain terus berkembang. Banyak investor dan pengembang teknologi yang berlomba-lomba untuk terus berinovasi dalam industri ini. 

Untuk menjawab pertanyaan terkait perkembangan Bitcoin, crypto, dan Blockchain. Coinvestasi punya 7 buku buat kamu yang mau belajar lebih dalam lagi terkait Bitcoin, crypto, dan blockchain. 

Simak penjelasannya di bawah ini!

1.Blockchain Revolution oleh Don Tapscott dan Alex Tapscott

Buku Blockchain Revolution ini dikarang dan ditulis oleh Don Tapscott dan Alex Tapscott. Mereka berdua merupakan pakar dari teknologi blockchain ini sendiri. Dari bukunya, pembaca dapat menjelajahi perkembangan teknologi blockchain sampai dapat menggebrak dunia dan memengaruhi sistem keuangan global. 

Baca juga: 9 Rekomendasi Film tentang Bitcoin untuk Liburan

Pasangan ayah dan anak ini juga ikut mendirikan Blockchain Research Institute. Institusi ini digunakan dalam meneliti perkembangan blockchain itu sendiri dan didukung perusahaan teknologi besar seperti Microsoft, IBM, FedEx, dan PepsiCo.

Buku ini sendiri dijual di beberapa toko buku di Indonesia, lho! Kamu bisa memesannya secara daring di sini.

2.Mastering Bitcoin oleh Andreas M. Antonopoulos

Buku Mastering Bitcoin diterbitkan pada tahun 2014. Buku ini merupakan panduan yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam belajar tentang konsep mata uang terdesentralisasi yang berbasis di dunia digital untuk pemula. 

Mastering Bitcoin membahas terkait teknologi di balik bitcoin, tujuan mata uang virtual, dan aplikasinya di dunia nyata. Para pembaca akan dapat menemukan cara kerja mata uang, bagaimana transaksi bitcoin diproses, dan bagaimana jaringan dasar dari Bitcoin dan crypto beroperasi. 

Baca juga: Rekomendasi Buku Cryptocurrency Terbaik

Tidak hanya itu, buku ini juga membahas konsep penting di balik bitcoin, seperti blockchain dan dompet bitcoin. 

Kamu bisa membeli buku ini melalui toko daring di sini.

3.Cryptoassets oleh Chris Burniske dan Jack Tatar

Buku ini memadukan dua pemikir terkait crypto Chris Burniske yang merupakan mitra pada perusahaan modal ventura yang berfokus pada kripto, Placeholder Capital, dan Jack Tatar yang merupakan seorang penulis keuangan. 

Keduanya menuliskan buku ini dengan tujuan untuk memberikan pandukan tentang “cara melakukan” investasi dalam Bitcoin dan aset digital lainnya. 

Buku ini diterbitkan pada 2017 dan berfokus kepada pembahasan terkait dengan bagaimana menilai investasi mata uang crypto, kapan harus masuk ke dalam pasar, dan tips dalam menghindari bubble atau spekulasi pasar yang ada. 

4.Cryptocurrency oleh Abraham K.White

Buku yang dirilis pada Oktober 2017 ini mebahas mengenai penambangan, investasi, dan perdagangan mata uang digital selain Bitcoin. 

Tidak terbatas hanya di situ, materi dalam buku ini juga berguna dalam menganalisis dan pemahaman lebih mendalam dari koin dan token yang tidak begitu terkenal seperti Dogecoin, Digibyte, dan lainnya.

5.Digital Gold oleh Nathaniel Popper

Nathaniel Popper, seorang reporter di The New York Times yang meliput keuangan dan teknologi, mencatat sejarah pendukung bitcoin paling awal dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 2015 ini. 

Buku ini juga mencakup kisah para pemain kunci seperti si kembar Winklevoss, Cameron dan Tyler (yang dilaporkan menjadi yang milioner pertama dari Bitcoin ketika nilai Bitcoin berhasil menembus level $10.000). Tidak hanya itu, buku ini juga membahasa sosok misterius pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto.

Kamu bisa membeli buku ini di toko buku daring di sini

6.The Age of Cryptocurrency oleh Paul Vigna dan Michael J. Casey

Dalam buku terbitan tahun 2015 ini, Wartawan Wall Street Journal, Paul Vigna dan Michael J. Casey berusaha menjelaskan bagaimana dunia yang dijalankan dengan uang digital akan berbeda dari sistem kas dunia nyata saat ini.

Misalnya saja, buku ini membahasa mengenai bagaimana seorang perempuan asal Afghanistan yang tidak memiliki rekening bank dapat mengakses sistem keuangan dengan lanca melalui mata uang crypto. 

Kedua penulis tersebut berusaha menunjukan perubahan-perubahan yang dapat diciptakan dari teknologi bitcoin, crypto, dan blockchain ini.

Kamu bisa membeli buku ini di sini.

7.The Internet of Money oleh Andreas Antonopoulos

Buku ini sangat cocok bagi pembaca yang ingin mempelajari lebih lanjut terkait dengan teori dari “Uang di Jaringan Internet”. Di dalam buku ini, pembaca akan menemukan kumpulan diskusi dan ceramah yang diberikan oleh ahli teknologi Andreas Antonopoulos. 

Baca juga: Belajar Crypto dengan 6 Podcast Terbaik

Buku ini juga menjelaskan gambaran besar terkait dengan peralihan mata uang menjadi digital yang terjadi saat ini. 

Kesimpulan

Bagaimana? Menarik bukan? Dengan ke tujuh buku di atas kamu akan bisa menyelami industri dan perkembangan crypto dari beberapa tahun silam. 

Apalagi, perkembangan teknologi Bitcoin, crypto, dan blockchain saat ini terus bertumbuh dan juga selaras dengan pengadopsian yang lebih luas lagi di masyarakat. 

Tertarik dengan investasi Bitcoin? Yuk beli Bitcoin dan crypto pertama-mu sekarang!

Mulai trading Bitcoin di Pintu sekarang 💰