Linkedin Share
twitter Share

DeFi · 6 min read

6 DEX yang Perlu Kamu Ketahui!

Bursa terdesentralisasi atau desentralisasi exchange (DEX) telah muncul sebagai  alternatif untuk pengguna selain menggunakan bursa terpusat. 

DEX adalah salah satu blok bangunan utama ekosistem decentralized finance (DeFi). DEX adalah platform di mana pengguna dapat memperdagangkan cryptocurrency atau mata uang kripto secara langsung satu sama lain, tanpa menggunakan perantara. Semuanya benar-benar berlangsung dengan sistem terdesentralisasi.

Berikut ini ada beberapa desentralisasi exchange dilansir dari Decrypt yang perlu kamu ketahui dan bisa menjadi alternatif jika kamu tertarik menggunakan pertukaran jenis ini.

Uniswap

Uniswap adalah DEX berbasis Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk menukar mata uang digital berbasis token ERC-20. Ini adalah salah satu platform paling populer di ekosistem DeFi, dan bertujuan untuk mengatasi satu masalah yang terkait dengan DEX yakni kurangnya likuiditas.

Dibuat pada tahun 2018 oleh mantan insinyur mesin Siemens, Hayden Adams, bursa ini semakin populer, mencapai volume perdagangan harian rata-rata $337 juta per Juni 2021.

Baca juga: Apa itu DEX? Pertukaran Mata Uang Digital Paling Aman

Proyek ini pun telah meluncurkan V2 di Ethereum, memperkenalkan fitur-fitur baru seperti ramalan harga, flash swap, dan kumpulan likuiditas untuk setiap pasangan token ERC20.

Di Uniswap pengguna dapat membeli  lebih dari 5.500 token yang tersedia bagi penggunanya untuk trading di bursa reguler dan Pro, contohnya adalah AAVE, WBTC, ETH, DAI, dan USDT.

Uniswap membebankan biaya 0,3% untuk menukar token, dengan biaya yang disetorkan ke cadangan likuiditas. Saat ini tidak ada biaya protokol, meskipun ada ketentuan untuk biaya 0,05% yang akan diaktifkan di masa mendatang.

SushiSwap

SushiSwap adalah platform DeFi yang berjalan di blockchain Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk bertukar token secara langsung satu sama lain.

Pemegang token asli platform, SUSHI, dapat mengusulkan perubahan cara operasinya, memberikan suara pada proposal yang diajukan oleh pengguna lain.

Dibuat pada tahun 2020 oleh “Chef Nomi” dengan nama samaran, platform ini dibuat dengan menyalin kode sumber terbuka Uniswap, menjanjikan hadiah token SUSHI kepada pengguna untuk dana yang terkunci.

Namun Chef Nomi membuiat SushiSwap diambang kehancuran karena dana senilai $13 juta dikeluarkan dari kumpulan likuiditas DEX.

Chef Nomi kemudian mengembalikan dana yang dihapus dan menyerahkan kendali DEX kepada Sam Bankman-Fried, kepala perusahaan perdagangan derivatif cryptocurrency bernama Alameda Research. Sekarang, SushiSwap naik tinggi, dengan volume 24 jam hampir $ 180 juta pada Juni 2021.

SushiSwap memiliki sekitar 1.400 token yang tersedia untuk diperdagangkan di platformnya, termasuk sebagian besar token DeFi terkemuka seperti AAVE, BAL, MATIC, dan token DEX saingan UNI.

Baca juga: Mengenal Sushiswap, Saingan Uniswap

Pancake Swap

PancakeSwap adalah klon Uniswap lain yang dibangun di atas kode sumber yang terakhir.

Alih-alih beroperasi di blockchain Ethereum, PancakeSwap didukung oleh Binance Smart Chain, yang memungkinkan pengguna untuk secara langsung memperdagangkan token dan dApps BEP-20.

Ini dioperasikan oleh sekelompok pengembang anonim, tetapi pengguna mengontrol platform dengan memilih menggunakan token tata kelola CAKE.

Baca juga: Apa itu PancakeSwap? Panduan Lengkap untuk Pemula

Dimulai dengan lambat, platform ini melonjak popularitasnya awal tahun ini setelah kenaikan biaya jaringan Ethereum yang tajam. Volume 24 jam PancakeSwap saat ini berada di sekitar $13 juta.

PancakeSwap saat ini memungkinkan pengguna menukar 290 token yang didukung, termasuk BNB, ETH milik Binance, dan token DeFi populer Pancake Bunny (BUNNY) dan SAFEMOON.

Komparasi DEX yang perlu kamu ketahui.

1Inch

1Inch  merupakan agregator pertukaran DEX. Intinya, ini mengikis bursa lain untuk secara otomatis memberikan harga termurah kepada pengguna, mengubah rute perdagangan melalui bursa yang menawarkan harga terbaik dan biaya keseluruhan untuk transaksi yang ingin dilakukan.

Versi dua dari platform diluncurkan pada November 2020, mendukung 21 DEX yang berbeda, termasuk SushiSwap dan AMM 1 inci sendiri, Protokol Likuiditas 1 inci (sebelumnya dikenal sebagai Mooniswap).

Platform 1 Inch mendukung ribuan token, yang tidak mengherankan mengingat platform ini mencari di lebih dari 50 sumber likuiditas di Ethereum, lebih dari 20 di Binance Smart Chain dan lebih dari delapan di Polygon untuk menemukan transaksi terbaik bagi penggunanya.

Salah satu keuntungan menggunakan 1inch adalah sebagai agregator DEX adalah  tidak dikenakan biaya pertukaran, biaya deposit, atau biaya penarikan.

Baca juga: Temukan Harga Termurah di DEX dengan 1inch

dYdX

dYdX adalag agregator DEX yang menyediakan layanan perdagangan untuk produk derivatif aset kripto. dYdX mendukung perdagangan prepetual hingga 12 token DeFi seperti 0x, Aave, Yearn Finance, dan Compound. Pertukaran memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan berjangka abadi dengan leverage hingga 20x.

Perdagangan perpetual di DEX ini terjadi pada lapisan -2 blockchain tetapi menggunakan buku pesanan yang dimodifikasi. Dana pengguna tidak terkunci dalam kontrak pintar dan karenanya pertukarannya cukup aman. Ini mendukung cross-margin, yang berarti akun dapat membuka banyak posisi yang memiliki jaminan yang sama.

Pertukaran memungkinkan pedagang untuk menghubungkan banyak dompet, termasuk MetaMask, imToken, Coinbase Wallet, Trust, Rainbow, Huobi Wallet, Coin98, TokenPocket, WalletConnect, dan dompet berbasis kode QR dan seluler lainnya.

Curve Finance

Curve Finance didirikan oleh Michael Egorov dan diluncurkan pada Januari 2020 dengan tujuan menyediakan pertukaran terdesentralisasi yang dibangun dengan arsitektur automated market maker (AMM). Proyek ini memiliki token utilitas bernama CRV yang berfungsi untuk mempertahankan fungsionalitas dalam protokol itu sendiri.

Hanya beberapa bulan setelah diluncurkan, Curve pernah menjadi pertukaran terdesentralisasi terbesar oleh TVL, mengalahkan nama DEX blue chip seperti Aave (AAVE-USD) dan Compound (COMP-USD).

Curve Finance memungkinkan pengguna menukar sekitar 48 ERC20 melalui kumpulan likuiditas yang disediakan oleh pengguna lain. Pengguna memulai dengan memuat dan menghubungkan dompet aset kripto mereka ke Curve Finance melalui aplikasi web mereka.


Itu dia berbagai DEX populer yang perlu kamu ketahui, DEX ini merupakan bursa yang berjalan otomatis tanpa ada otoritas terpusat. Adanya DEX ini juga sebagai solusi bagi orang-orang yang tidak memiliki bank untuk tetap bisa merasakan layanan keuangan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.