5 Kegunaan Teknologi Blockchain Dalam Layanan Keuangan

By Aulia Medina     Sunday, February 3 2019

Teknologi blockchain saat ini menjadi salah satu topik yang paling banyak dibahas. Namun, apa sebenarnya blockchain itu? Dan bagaimana implementasinya dalam dunia bisnis? Artikel ini akan menjelaskan 5 hal yang berhubungan dengan teknologi blockchain, seperti smart contract, manajemen identifikasi, dan penjualan saham. Dengan penjelasan di bawah ini, diharapkan kalian dapat lebih memahami apa sih sebenarnya kegunaan teknologi blockchain itu.

Apa itu teknologi blockchain?

Banyak orang keuangan sudah mengerti dan paham konsep dari bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Blockchain adalah sebuah tekonologi berbentuk buku digital (ledger) yang mencatat semua riwayat transaksi yang terjadi di dalam sebuah jaringan. Catatan transaksi ini dienkripsi dalam sebuah kriptografi yang terdiri dari deretan alfanumerik dan kemudian ditambahkan dengan sendirinya ke dalam riwayat transaksi tersebut. Lebih lengkapnya, Anda dapat membaca artikel Apa Itu Blockchain?. Lalu apa sebenarnya kegunaan teknologi blockchain?

Teknologi blockchain mempercepat dan mempermudah pembayaran lintas batas

Mahalnya nilai transfer dan proses yang lambat membuat penggunaan teknologi blockchain menjadi metode pembayaran alternatif  yang dianggap lebih mudah dan cepat. Selain itu penggunaan blockchain juga dapat mengurangi biaya secara signifikan.

Baca juga: Putaran Dana $20 Juta di Perusahaan Blockchain Symbiont

Teknologi blockchain permudah perdagangan saham di masa depan

Teknologi blockchain akan memiliki dampak terhadap perdagangan saham. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain memungkinkan akurasi perdagangan yang lebih luas dan proses penyelesaian yang lebih cepat.

Manfaat smart contract dari teknologi blockchain

Smart contract adalah salah satu hal yang paling menjanjikan dalam teknologi blockchain. Smart contract dapat menjalankan transaksi komersial dan melakukan persetujuan secara otomatis dan juga dapat menegakan  kewajiban semua pihak dalam sebuah kontrak tanpa perantara.

Teknologi blockchain meningkatkan manajemen identitas online

Cara kerja manajemen identitas dalam blockchain cukup mudah. Pengguna dapat mengidentifikasi diri mereka sendiri dan siapa yang akan diberitahukan. Mungkin pengguna masih harus mengidentifikasi diri sendiri di blockchain tetapi setelahnya mereka dapat menggunakan identifikasi tersebut untuk layanan lain.

Keuntungan dan loyalitas teknologi blockchain

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan, termasuk transparansi dan pelacakan transaksi. Hal ini akan membantu pihak bank dan perusahaan asuransi untuk menciptakan lebih banyak loyalitas dan program reward yang cocok dengan kinerja manajemen 24/7.

Sumber