Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Awas Rugi! Ini Perbedaan Traditional dan Binary Options Trading

Akhir-akhir ini Indonesia diramaikan dengan fenomena binary options trading yang dianggap sebagai penipuan.

Mulai dari kasus Binomo, saat ini masyarakat Indonesia menjadi semakin skeptis terhadap options trading.

Sayangnya banyak yang menghakimi bahwa options trading adalah penipuan tanpa mendalami apa saja jenis yang aman dan tidak.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai options trading serta jenisnya dan bagaimana cara menghindari penipuan terkait jenis transaksi ini.

Memahami Options Trading

Options adalah kontrak derivatif yang merepresentasikan hak atau pilihan untuk membeli atau menjual suatu aset keuangan.

Kontrak tersebut dapat merepresentasikan aset apa pun seperti saham, crypto, emas hingga komoditas lainnya.

Kontrak Options memiliki waktu kedaluwarsa sehingga hak untuk menjual atau membeli juga memiliki batas waktu. Saat kedaluwarsa, kontrak tersebut tidak akan memiliki nilai.

Dalam dunia options, terdapat dua jenis kontrak dari sisi transaksinya yaitu kontrak call atau beli dan put atau jual.

Kontrak call memberikan pemilik kontrak tersebut hak untuk membeli suatu aset keuangan dalam kurun waktu tertentu.

Kontrak put memberikan pemilik kontrak tersebut hak untuk menjual suatu aset keuangan dalam kurun waktu tertentu.

Seseorang dapat memiliki kedua jenis kontrak tersebut, dengan membayar biaya yaitu premium.

Premium sendiri dihitung berdasarkan nilai intrinsik dan nilai waktu. Nilai intrinsik diambil dari dua hal yaitu strike price dan harga aset yang mendasarinya.

Strike price adalah harga saat transaksi pembelian kontrak terjadi dan harga yang digunakan untuk pencairan transaksi aset saat kedaluwarsa.

Untuk kontrak put, nilai intrinsik dihitung dengan rumus strike price dikurangi harga aset. Sebaliknya, kontrak call dihitung dengan rumus harga aset dikurangi strike price.

Nilai intrinsik ini kemudian ditambah dengan nilai waktu untuk mendapatkan nilai premium.

Nilai waktu umumnya bervariasi bergantung pada waktu kedaluwarsa yang ditetapkan penjual kontrak.

Transaksi di dunia options berbeda dengan futures. Dalam futures transaksi long dilakukan untuk membeli dan short untuk menjual.

Dalam options, kontrak call dapat dijual dan dibeli serta kontrak put dapat dijual dan dibeli.

Options Trading Crypto

Terdapat beberapa perbedaan antara options di pasar lain dan di dunia crypto.

Pertama, adalah waktu transaksi dimana di crypto transaksi options terus berjalan 24 jam dalam seminggu.

Perbedaan juga terlihat dari mekanisme keuntungan. Saat menjual sebuah kontrak options, penjual akan mendapatkan keuntungan dari premium.

Saat membeli kontrak options, pembeli akan mendapat keuntungan jika pada waktu kedaluwarsa harga strike berada di atas harga aset untuk kontrak put dan saat harga strike di bawah harga aset untuk kontrak call.

Perbedaan dalam kontrak options crypto, keuntungan itu dapat dibayar dalam crypto atau fiat.

Kontrak options crypto umum digunakan untuk hedging dan spekulasi dengan biaya yang relatif lebih rendah dibandingkan futures.

Terdapat dua jenis kontrak options di dunia crypto. Pertama adalah jenis Amerika dimana pemilik kontrak dapat menggunakan haknya untuk membeli atau menjual aset kapan pun dalam kurun waktu sebelum kedaluwarsa.

Kedua adalah jenis Eropa dimana pemilik kontrak dapat menggunakan haknya untuk membeli atau menjual aset hanya saat kontrak kedaluwarsa.

Dalam kontrak options terdapat tiga istilah yang mencerminkan kondisi antara strike price dan harga aset yang mendasari kontrak.

Pertama adalah “In the money” (ITM) yaitu saat strike price lebih rendah dari harga aset untuk kontrak call, dan saat strike price lebih tinggi dari harga aset untuk kontrak put.

Kedua adalah “At the money” (ATM) yaitu saat strike price sama dengan harga aset untuk kontrak call atau put.

Ketiga adalah “Out of the money” (OTM): yaitu saat strike price lebih tinggi dari harga aset untuk call, dan saat strike price lebih rendah dari harga aset untuk put.

Jika mengacu pada penjelasan sebelumnya, untuk keuntungan kecil dan mendekati kedaluwarsa, ITM dan ATM lebih baik dan memiliki risiko lebih kecil.

Untuk keuntungan jangka panjang, OTM umumnya lebih baik namun memiliki risiko yang lebih tinggi.

Beberapa exchange yang menyediakan transaksi crypto adalah FTX, OKEx, dan Deribit.

Perbedaan Tradisional dan Binary Options

Walau pasar options memiliki jenis yang beragam, mayoritas investor awam di Indonesia masih mengeneralisir options sebagai Binary Options.

Binary options adalah salah satu jenis dari kontrak options namun tidak masuk ke dalam kategori kontrak options tradisional, melainkan ke dalam kategori kontrak options eksotis.

Binary options adalah produk keuangan dimana pihak yang melakukan transaksi hanya memprediksi harga saat kontrak tersebut kedaluwarsa.

Hanya terdapat dua pilihan yaitu harga akan naik atau harga akan turun, yang membuatnya disebut sebagai Binary atau berdasarkan dua hasil.

Pihak yang bertransaksi atau pemilik kontrak akan melakukan prediksi pada strike price.

Harapannya adalah pihak tersebut memprediksi benar sehingga terjadi kondisi “In the money” dan akan mendapatkan kerugian jika prediksinya salah atau pada kondisi “Out of the money”.

Berbeda dengan kontrak options tradisional, dalam binary options, pemilik kontrak tidak memiliki hak untuk menjual atau membeli aset yang mendasarinya.

Selain itu, berbeda dengan kontrak options tradisional, binary options memiliki jumlah keuntungan maksimal dan kerugian yang tetap.

Jadi, pergerakan aset yang mendasarinya tidak mempengaruhi persentase keuntungan atau kerugian tapi hanya mempengaruhi dalam sisi arah prediksinya benar atau tidak.

Sistem binary options umumnya dianggap sebagai penipuan akibat besarnya potensi manipulasi oleh pihak yang menjalani sistemnya.

Dunia mengkategorikan dua jenis binary options, yaitu yang diregulasi Amerika yang umumnya aman dari manipulasi, dan yang diregulasi oleh negara lain yang dianggap kurang aman.

Suatu transaksi binary options dianggap kurang aman jika dilakukan hanya pada satu broker dan tidak terikat dengan exchange atau bursa apa pun.

Hal tersebut dianggap kurang aman sebab adanya potensi manipulasi dari pihak broker akibat hanya satu yang mengendalikan.

Makin parahnya lagi adalah jika suatu broker mengaku melakukan transaksi namun hanya mengambil uang pengguna dan memanipulasi grafik hingga tidak ada transaksi apa pun yang terjadi.

Jenis Options Trading Lainnya

Seperti yang dikatakan sebelumnya, di luar kontrak options tradisional, terdapat jenis kontrak options eksotis.

Selain binary options, terdapat 12 jenis kontrak options eksotis lainnya yang memiliki sifat berbeda-beda.

  • Chooser Options

Chooser digunakan dengan memprediksi apakah sebuah kontrak options akan lebih banyak kontrak put atau call di masa volatilitas.

  • Compound Options

Compound digunakan untuk memiliki hak, namun bukan kewajiban, untuk membeli options lain dalam kurun waktu dan harga yang ditetapkan.

  • Barrier Options

Barrier digunakan seperti kontrak options tradisional namun hanya dapat digunakan saat aset yag mendasarinya mencapai harga yang sebelumnya ditentukan.

  • Bermuda Options

Bermuda memberikan hak untuk menggunakan kontrak options tradisional saat tanggal kedaluwarsa atau tanggal yang sebelumnya disetujui.

  • Quantity-Adjusting Options

Quantity-Adjusting atau “quanto-options” adalah jenis kontrak options yang didasari oleh aset dari luar negara pembeli kontrak.

Namun pelengkapnya, transaksi dilakukan dengan nilai tukar yang ditetapkan berdasarkan mata uang negara pemilik kontrak.

  • Look-Back Options

Look-back adalah jenis kontrak options dimana strike price dapat berubah menyesuaikan dengan harga terbaik dari aset.

  • Asian Options

Kontrak options jenis Asia menggunakan harga rata-rata aset yang dibandingkan dengan strike price untuk menentukan kondisi In the money atau Out of the money.

  • Basket Options

Basket adalah jenis kontrak options yang didasari oleh beberapa aset namun bersifat sama seperti kontrak options tradisional.

  • Extendible Options

Extendible adalah sebuah kontrak options yang dapat diperpanjang dalam masa berlakunya walau telah mencapai kedaluwarsa.

  • Spread Options

Spread adalah jenis options yang didasari oleh perbedaan harga dari dua aset untuk menentukan harga kontraknya.

  • Shout Options

Shout adalah jenis options dimana pemilik dapat mengunci keuntungan yang sudah didapatkan dan menunggu kedaluwarsa untuk potensi keuntungan lebih tinggi.

  • Range Options

Range adalah jenis options yang harganya ditentukan dari selisih antara harga tertinggi dan harga terendah dari aset yang mendasarinya.

Tips Mengindari Penipuan Binary Options

Melihat banyaknya jenis options, layaknya jasa keuangan lain, ruang untuk melakukan penipuan menjadi semakin besar.

Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperlihatkan bahwa di Indonesia, penipuan di jasa keuangan telah mencapai sekitar Rp117 Triliun.

Oleh karena itu, untuk menghindari penipuan, terutama di dunia options trading, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan.

  • Pertama adalah memastikan legalitas platform yang digunakan untuk transaksi apakah sudah terdaftar di Indonesia antara di Bappebti atau OJK. Jika platform tersebut adalah platform internasional, pastikan terdaftar di pemerintah yang kredibel seperti Amerika.
  • Kedua adalah menghindari pernyataan potensi keuntungan tinggi dalam waktu yang cepat karena umumnya banyak manipulasi. Selain itu keuntungan tinggi yang konsisten umumnya juga membutuhkan waktu yang relatif panjang.
  • Ketiga adalah menghindari jumlah deposit minimal yang terlalu besar akibat ada potensi sulitnya penarikan dana atau pencurian yang membuat uang hilang.
  • Keempat adalah menghindari platform yang bertajuk “tanpa risiko” karena seluruh kegiatan investasi atau trading memiliki risiko. Dalam potensi keuntungan selalu ada potensi kerugian.
  • Kelima adalah memeriksa operasional perangkat lunak platform karena dengan melakukan hal tersebut dapat dilihat apakah transaksi benar terjadi atau hanya manipulasi grafik atau manipulasi platform.

Dengan memahami options trading, investor harus lebih paham dan lebih waspada saat ingin investasi atau trading.

Top exchange
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin