Apa Itu Gamium? Platform Jembatan Antar Metaverse

Fenomena metaverse saat ini terlihat terus berkembang terutama dengan adanya beberapa pemerintah negara yang mulai mengadopsinya, termasuk Indonesia. 

Mulai dari Meta yang memberikan metaverse secara tersentralisasi hingga Decentraland yang memberi metaverse secara terdesentralisasi, fenomena ini terus menarik perhatian banyak individu. 

Dengan banyaknya metaverse, individu seringkali kebingungan dengan banyaknya identitas yang harus dibentuk untuk masuk ke masing-masing metaverse tersebut. 

Kabar baiknya permasalahan ini ditanggapi oleh salah satu proyek crypto terbaru bernama Gamium (GMM). 

Apa Itu Gamium?

Gamium adalah sebuah proyek yang berdiri di atas Binance Smart Chain dengan tujuan untuk memberikan jembatan antara metaverse. 

Proyek ini diluncurkan di Tahun 2022 dengan perencanaan yang telah berjalan sejak awal Tahun 2021. 

Tujuan dari proyek ini adalah untuk memberikan satu identitas kepada individu agar bisa digunakan di berbagai metaverse dan aplikasi berbasis Web 3.0 lainnya. 

Ia juga memiliki platform metaversenya sendiri yang dapat digunakan untuk bersosialisasi dan menghasilkan uang melalui sosialisasi yang dilakukan tersebut. 

Apa Itu Gamium? Platform Jembatan Antar Metaverse
Gamium Logo

Di luar dunianya ia juga memiliki marketplace atau platform perdagangan sendiri dimana ia memperdagangkan avatar untuk karakter individu, aksesoris untuk karakter individu, dan NFT spesial untuk metaverse. 

Selain itu ia juga memiliki platform pencarian kerja layaknya Linkedin namun untuk pekerjaan hanya di Metaverse secara umum. 

Ia juga memiliki platform DeFi untuk memberikan pinjaman saat individu ingin memberi atau meminta pinjaman untuk membeli atau membayar sewa tanah atau rumah digital di metaverse. 

Terakhir ia juga memiliki platform untuk sebuah proyek meluncurkan proyeknya sendiri atau Launchpad untuk IMO atau Initial Metaverse Offering. 

Proyek ini memiliki dua token yang digunakan sebagai alat tukar utama yaitu GMM dan MST. 

GMM akan digunakan sebagai token utama yaitu governance atau pemungutan suara terkait perubahan yang terjadi. MST akan digunakan sebagai imbalan untuk diberi kepada individu yang bersosialisasi di metaverse Gamium. 

Pendiri Gamium 

Gamium didirikan oleh 11 orang dimana pemimpinnya adalah dua bersaudara bernama Alejandro Rosas dan Alberto Rosas. 

Keduanya adalah individu yang telah berkecimpung di dunia crypto dan teknologi sejak Tahun 2016 dengan pengalaman yang tinggi. 

Mereka memiliki latar. Belakang di dunia data, matematika, dan pemrograman dengan pengalaman di beberapa perusahaan teknologi besar dalam kategori Silicon Valley. 

Silicon Valley sendiri adalah tempat dimana perusahaan-perusahaan teknologi berbasis start-up berkumpul dan umumnya memiliki valuasi yang cukup tinggi. 

Keduanya juga telah berkecimpung di dunia blockchain akibat beberapa perusahaannya memiliki produk salah satunya adalah blockchain yang terdesentralisasi dan tersentralisasi. 

Apa Itu Gamium? Platform Jembatan Antar Metaverse
Pendiri Gamium

11 orang lainnya memiliki latar belakang yang juga mengesankan sesuai ranahnya masing-masing mulai dari pengalaman di dunia metaverse, keuangan, hingga pemasaran. 

Gamium juga memiliki CMO atau Chief Metaverse Officer bernama Roberto de Arquer, Ia memiliki latar belakang juga di bidang pemrograman, matematika, dan metaverse. 

Melihat individu yang ada dibalik proyek ini, kemungkinan besar Gamium akan menjadi salah satu proyek yang sukses jika fenomena metaverse terus berlanjut. 

Cara Kerja Jembatan Metaverse Gamium

Gamium ingin membentuk jembatan antar seluruh metaverse yang ada di dunia saat ini. Nantinya jembatan ini dapat digunakan untuk memindahkan NFT berupa karakter, avatar, bahkan aksesoris dari satu metaverse ke metaverse lain. 

Dikatakan juga jembatan ini dapat menyambungkan data dari blockchain dan di luar blockchain agar bisa digunakan di mana saja. 

Jadi nantinya jika ingin menggunakan aplikasi berbasis blockchain atau Web 3.0, identitas dari metaverse tersebut juga dapat digunakan. 

Cara menggunakannya masih belum dirincikan, namun menurut publikasinya, nantinya individu akan membuat identitas langsung di platform Gamium. Nantinya identitas tersebut akan digunakan untuk menjelajahi beberapa metaverse yang terikat. 

Apa Itu Gamium? Platform Jembatan Antar Metaverse
Gamium Metaverse

Tujuan Gamium adalah ingin menyambungkan seluruh metaverse yang ada mulai dari yang tersentralisasi seperti Meta hingga terdesentralisasi seperti Decentraland. 

Untuk pemindahan NFT lain selain identitas, menurut whitepaper Gamium mekanismenya akan sama seperti bridge yang digunakan untuk transfer antar blockchain namun untuk NFT di metaverse. 

Pastinya akan ada beberapa metode tambahan lain dari hanya sekedar perpindahan token yang diterapkan secara teknikal yang akan membuat NFT bisa digunakan di metaverse mana saja. 

Jembatan ini nantinya juga akan terikat dengan metaverse Gamium sendiri dimana Gamium ingin memiliki dunia untuk bersosialisasi dan menghasilkan crypto untuk pengguna. 

Metode ini adalah kategori baru di dunia crypto yaitu Socialize to Earn yang berarti bersosialisasi untuk menghasilkan uang. 

Nantinya para pencipta konten dapat menghasilkan crypto dan akan dinilai berdasarkan tiga hal yaitu tema, kualitas, dan interaksi kontennya dengan penonton. 

Penonton juga dapat menghasilkan uang dengan menekan like, memberi komentar, dan memberi beberapa saran perubahan terhadap platformnya. 

Platform ini bukan seperti Youtube atau Facebook namun dikabarkan akan berbentuk seperti metaverse dimana avatar yang digunakan akan bisa berinteraksi dan menonton konten namun di metaverse layaknya menonton bioskp. 

Di metaverse tersebut juga nantinya penonton dapat berinteraksi dengan pencipta konten untuk meningkatkan interaksinya.  

Apa Itu Gamium? Platform Jembatan Antar Metaverse
Wreck It Ralph 2

Gambarannya hampir mirip dengan film Wreck It Ralph 2 dimana karakternya dapat berinteraksi dan membuat konten di satu platform. 

Keunggulan Gamium

Gamium adalah salah satu proyek yang memiliki keunggulan tinggi akibat belum adanya jembatan antar metaverse yang sukses menarik perhatian pasar. 

Walau masih dalam tahap perkembangan, rencananya terlihat telah menggiurkan banyak investor untuk membeli GMM. 

Dikabarkan bahwa menurut roadmapnya, secara resmi proyek ini akan diluncurkan pada akhir Tahun 2022 untuk seluruh investor.

Nantinya dalam peluncuran tersebut, developer juga akan memiliki SDK atau software developer tools untuk membangun apa pun di metaverse gamium. 

Selain itu yang membuat Gamium unggul adalah konsepnya yang mengayomi ekosistem metaverse secara menyeluruh. 

Mulai dari potensi adanya DAO atau Decentralized Autonomous Organization, Metaversenya sendiri, platform untuk mencari kerja di metaverse, platform untuk pinjaman rumah layaknya di dunia nyata, hingga integrasi antara dunia nyata dan metaverse untuk acara besar, Gamium menjadi ekosistem yang besar dan menarik. 

Dari sisi investor, terdapat banyak token yang bisa dimanfaatkan, mulai dari GMM hingga MST.

Apa Itu Gamium? Platform Jembatan Antar Metaverse
Gamium DAO

GMM bisa dimanfaatkan untuk DAO dan untuk staking yang kemungkinan besar akan tersedia di beberapa platform. MST bisa ditukarkan dengan uang fiat setelah berhasil mendapatkannya di metaverse Gamium. 

Kemungkinan besar inovasi ini akan mengalahkan internet yang ada sekarang karena memiliki ruang pertumbuhan dan inovasi yang besar. 

Jika masih belum terbayang, investor sangat disarankan untuk menonton Wreck It Ralph 2 karena kesamaannya sangat tinggi. 

Membedah Token GMM

Dari sisi tokennya sendiri, nampaknya yang layak untuk menjadi aset investasi adalah GMM. Hal ini disebabkan kegunaannya yang membuat kemungkinan harganya turun menjadi semakin kecil.

Apa Itu Gamium? Platform Jembatan Antar Metaverse
Gamium Token Economics

Dari sisi persediaannya, saat ini GMM memiliki persediaan pada pada 50 Miliar GMM dan jumlahnya terbatas tidak akan bertambah. 

Alokasi untuk tim terlihat kecil yaitu 19% yang terkunci selama 1 tahun hingga 2 tahun sehingga kemungkinan manipulasi harganya sangat kecil yang membuatnya aman. 

Saat pertama kali dijual, harganya berada di $0.0003 dan saat ini harganya sudah bergerak naik berada di $0.0072, apresiasi sekitar 2400% hanya dalam dua bulan. 

Melihat fundamentalnya, kemungkinan besar proyek ini jadi salah satu proyek yang memiliki potensi baik di masa depan. 

*Disclaimer 

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Top exchange
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin