Cara Amankan NFT dari Scammer!

Token Non-Fungible (NFT) telah menjadi sangat populer beberapa tahun terakhir. Token ini mirip dengan crypto dan memiliki fitur tambahan yang menjadikannya lebih dari sekedar item virtual lainnya.

Sayangnya, kepopuleran ini berbarengan dengan kejahatan yang terjadi di dalamnya yang membuat para pemilik NFT harus waspada. Berikut ini adalah tipe penipuan yang sering terjadi di industri NFT dan cara amankan NFT agar tidak dicuri oleh penipu.

Hati-hati FOMO NFT

Jenis penipuan ini biasanya menimpa para pengguna NFT yang FOMO dan terjadi pada momentum peluncuran NFT baru yang dilakukan penipu.

Pada peluncuran NFT baru ini penipu akan menjual koleksi mereka dengan harga murah, kemudian pembeli yang FOMO akan terpikat dan memberikan sejumlah uang.

Setelah uang diberikan, penipu itu tidak menyerahkan NFT tetapi menghapus koleksinya dan membuat calon pembeli merugi. Cara amankan NFT dari penipuan jenis ini adalah selalu periksa kembali tautan situs domain web, dan jangan pernah mengklik tautan yang tidak terverifikasi.

Waspada dengan NFT Gratis

Jenis penipuan dengan peniruan identitas ini terjadi ketika penipu mengirim NFT gratis, dengan begitu mereka bisa berinteraksi dengan pemilik wallet, yang kemudian identitasnya akan dicuri untuk dijadikan media penipuan korban berikutnya.

Untuk mencegah hal ini sebaiknya jangan mudah berinteraksi dengan akun NFT drop apa pun kecuali kamu telah memverifikasi asalnya.

Baca juga: Airdrop Hunter Wajib Tahu! Ini Dia Cara Mendapatkan NFT Gratis!

Penipuan NFT ini dengan link palsu ini umumnya terjadi ketika penipu mengirimkan penawaran OpenSea palsu ke email orang, meminta penerima untuk mengklik tombol “See”.

Tautan tersebut sering kali akan membawa kamu ke halaman palsu yang meminta dompet dan frase awal wallet yang harusnya merupakan hal yang rahasia dan tidak bisa diberikan ke siapa pun.

Setelah penipu mendapatkan info, mereka akan mentransfer semua aset NFT korban ke dompet lain dan menjualny dan tidak ada cara untuk menghentikannya.  

Cara untuk menjaga agar aset tetap aman adalah tidak pernah mengklik tautan acak yang dikirim oleh sumber yang tidak dikenal, selalu konfirmasi bahwa web dan pengguna terverifikasi, dan sebelum melakukan jual beli pastikan untuk mengecek kembali koleksi, penjual, kontrak, tautan, dan lain-lain.


Dengan mengetahui jenis penipuan NFT dan mengetahui cara amankan NFT dari para penipu, diharapkan pengguna NFT bisa lebih waspada dan terhindar dari kejahatan yang membawa nama NFT di dalamnya.

Baca juga: 5 Tips Membuat NFT Art Berkualitas

Top exchange
Lihat semua

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin