5 Tips Membuat NFT Art Berkualitas

Anisa Giovanny

5th July, 2022

NFT art merupakan jenis NFT populer yang selalu ada di berbagai marketplace NFT. Proses pembuatannya yang mudah menjadikan karya seni digital ini membanjiri pasar NFT.

Karena karya digital jenis ini sangat banyak, maka jika kamu ingin menjual NFT Art kamu perlu membuat karya yang unik, menarik, dan mampu memikat calon pembeli.

Ombelin Rosset, kurator dari Objkt.com pun memberikan tipsnya untuk para kreator yang ingin menciptakan karya seni yang menjual. 

Pilih Ekosistem NFT Art yang Berkualitas 

Pilihlan marketplace atau ekosistem jual beli NFT yang berkualitas baik dari tampilan, blockchain yang digunakan, dan gas fee yang dikeluarkan. Ombeline Roset pun menyoroti jika Tezos merupakan ekosistem NFT yang tepat bagi transaksi karya seni digital. .

“Tezos menggunakan lebih sedikit energi daripada blockchain lainnya, dan ini penting karena perbedaan konsumsi energinya sangat besar,” katanya.

Tezos memiliki konsumsi energi yang lebih rendah dibandingkan Ethereum yang menggunakan sekitar 332 kWh, sementara Tezos hanya menggunakan 200mWh, pengurangan dengan faktor sekitar 1,5 juta.

Ombeline menyoroti bahwa komunitas artistik di ekosistem Tezos juga tidak seperti yang lain di ruang NFT.

Fitur lain yang menarik bagi pembuat konten adalah gas fee yang rendah karena desain bukti kepemilikan dan keuntungan penskalaan yang signifikan melalui jaringan seperti Ethereum.

Baca juga: 10 Proyek NFT Ramah Lingkungan di Blockchain Tezos

Fokus Membuat NFT ART yang Keren

Sebagai satu-satunya kurator Objkt.com, Ombeline menghabiskan banyak waktunya untuk menemukan seniman dan NFT Art yang baru untuk dipamerkan di platform.

Dia mengatakan ada ruang untuk semua jenis gaya seni NFT, tetapi karya paling populer saat ini cenderung menjadi seni generatif yang dibuat dengan kode.  Dia mengatakan gaya lain yang dicari kolektor seni NFT adalah GIF bergambar yang unik. 

Ombeline merekomendasikan para seniman untuk fokus pada pengembangan gaya mereka sendiri, cerita di balik karya seni mereka, dan terhubung dengan kolektor yang tertarik daripada mencoba mengikuti tren seni digital NFT.

“Anda mungkin bisa menjual dengan baik pada awalnya, tetapi mencoba meniru gaya hanya untuk membuat penjualan bukanlah strategi jangka panjang yang bagus, dan itu bisa membingungkan bagi kolektor Anda, “ katanya. 

Jangan Berkecil Hati Jika NFT Belum Terjual

Kesabaran adalah kunci bagi seniman baru di pasar yang ingin mencari nafkah dari membuat dan menjual seni digital NFT.

“Beberapa artis kembali kepada saya setelah tiga hari khawatir bahwa mereka tidak terjual habis, tetapi saya memberi tahu mereka bahwa Anda harus menunggu. Tidak biasa langsung laris kecuali Anda berkolaborasi dengan artis yang sudah memiliki profil tinggi, ”kata Onbeline.

Dia mengatakan harga dipengaruhi oleh pasar secara keseluruhan, keunggulan artis, dan apakah mereka menjual edisi unik satu kali atau beberapa, yang biasanya ditawarkan dengan biaya lebih rendah.

“Untuk artis yang menjadi sukses, faktor terbesar selalu pemasaran dan komunitas yang mereka ciptakan, dengan komunitas yang solid di platform, kamu akan memiliki kolektor yang mendukung karya NFT Anda, “ katanya. 

Isi Semua Detail 

Ombeline mengatakan bahwa sementara Objkt.com cukup intuitif untuk digunakan, dia merekomendasikan untuk belajar tentang minting nft dan bereksperimen dengan prosesnya. 

Dia mengatakan kreator  harus merencanakan setiap detail dalam proses minting, seperti 

persentase royalti, pembagian royalti untuk proyek kolaboratif, hak lisensi yang ingin mereka terapkan pada karya seni mereka dan pastikan karya yang diunggah adalah kaya asli dan bukan duplikasi. 

Aktiflah di komunitas

Membangun kehadiran di kancah seni digital NFT membutuhkan keterlibatan aktif, dan menurut Ombeline, Twitter adalah tempat terbaik untuk membangun kredibilitas dan mengenal karya NFT. 

“Twitter adalah tempat di mana para seniman saling mendukung. Mereka tidak hanya memposting tentang seni mereka tetapi juga berinteraksi dengan seniman lain yang mereka sukai dan merekomendasikan karya. Ini adalah cara termudah untuk mendapatkan eksposur dan memulai kolaborasi dengan seniman mapan di ekosistem Tezos, ”katanya.

Ombeline menambahkan promosi dan aktif di komunitas harus dilakukan dengan baik dan benar buka melakukan spam.


Itu dia lima tips dari kolektor Objkt tersebut bisa coba diterapkan jika kamu ingin membuat karya NFT dan berhasil menjualnya. Sesuai tips dari Ombeline untuk bisa sukses di NFT art kamu perlu membuat karya seni yang unik dan orisinil, kamu juga harus konsisten, dan memasarkan karya mu di media sosial dengan cara yang tepat.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency