Mengenal Dotmoovs, Olahraga Sambil Tanding dan Cuan

Move to Earn adalah sebuah kategori baru di dunia crypto saat ini terutama dengan kondisi pasar yang negatif. 

Akibat kondisi pasar negatif, investor mulai keluar dari hanya jual beli crypto dan menuju cara lain untuk menghasilkan uang di dunia crypto. 

Salah satu proyek yang kemungkinan akan menjadi tujuan untuk investor menghasilkan dana dengan cara yang lebih menyenangkan dalam bear market adalah Dotmoovs.

Yuk simak artikel ini untuk penjelasan mengenai Dotmoovs!

Apa Itu Dotmoovs

Dotmoovs (MOOV) adalah sebuah proyek dalam kategori Move to Earn yang memberikan cara untuk pengguna menghasilkan uang dengan cara berolahraga. 

Saat ini beberapa proyek Move to Earn meminta pengguna untuk bergerak terutama dengan jalan atau lari untuk kemudian dilacak langkahnya dan menghasilkan uang berdasarkan langkahnya. 

Salah satu contoh proyek yang menggunakan mekanisme ini adalah STEPN (GMT) yang berhasil menarik perhatian walau dalam kondisi bear market. 

Dotmoovs ingin memberi cara lain untuk menghasilkan uang dalam kategori Move to Earn dimana Dotmoovs ingin memberi cara menghasilkan uang dengan adanya kompetisi saat berolahraga. 

Proyek ini didirikan pada Tahun 2021 dengan perencanaannya yang dimulai di awal tahun. Dotmoovs sendiri adalah proyek yang berbasis aplikasi pada smartphone sehingga pengguna wajib memiliki smartphone dengan kamera. 

Proyek ini memiliki ekosistem yang luas yang berisi Non Fungible Token untuk berpartisipasi dan Token bernama MOOV untuk imbalan dan transaksi. 

Token dari proyek ini didirikan pada Ethereum namun saat ini telah tersedia pada Ethereum dan Binance Smart Chain. 

Mengenal Dotmoovs, Olahraga Sambil Tanding dan Cuan
Tim Inti Dotmoovs

Pemimpin dan pendiri dari proyek ini adalah Pedro Rente Lourenço seorang pakar di dunia Artificial Intelligence atau AI. 

Latar belakangnya di dunia AI membuat Dotmoovs menjadi satu-satunya proyek yang mengandalkan AI sebagai fitur utama dalam proyeknya. 

Ia dibantu oleh dua individu lain yaitu Salomé Azevedo, seorang ahli di bidang Biomedical yang membuatnya cocok dalam menganalisis pergerakan atlit dan menerapkannya dalam proyek ini. 

Satu individu lainnya adalah Ricardo Martins Costa, seseorang yang berpengalaman di dunia pemasaran. 

Dilihat dari timnya, Dotmoovs memiliki gabungan yang lengkap antara teknologi, pemasaran, dan medis yang membuatnya cocok untuk membuat aplikasi terkait dengan olahraga. 

Mengenal Dotmoovs, Olahraga Sambil Tanding dan Cuan
Atlit Pendukung Dotmoovs

Saat ini Dotmoovs juga sudah memiliki tiga altit yang cukup dikenal di dunia sepak bola, salah satunya adalah Luis Figo. 

Kedepannya Dotmoovs akan memiliki lebih banyak atlit yang mendukung dengan semakin luasnya olahraga yang diterapkan dalam aplikasinya.  

Cara Kerja Aplikasi Dotmoovs

Dotmoovs adalah aplikasi yang memberikan pengguna kesempatan untuk menghasilkan uang dengan cara mengikuti kompetisi dengan pengguna lain. 

Kompetisi tersebut adalah olahraga, dimana olahraga yang disediakan adalah beberapa jenis olahraga mulai dari yang bergerak dan yang diam di tempat. 

Untuk saat ini yang tersedia untuk digunakan adalah dua olahraga yaitu tari modern atau modern dance dan gaya bebas dalam sepakbola atau freestyle soccer. 

Mengenal Dotmoovs, Olahraga Sambil Tanding dan Cuan
Tampilan Aplikasi Dotmoovs

Untuk modern dance, pengguna akan diberikan sebuah koreografi dan diminta untuk mempelajarinya kemudian memberikan tarian bebas untuk melengkapi tarian tersebut. 

Pengguna akan disandingkan dengan pengguna lain untuk berkompetisi mengikuti koreografi tersebut dan memberikan tarian terbaiknya. 

Untuk freestyle soccer, pengguna akan diminta untuk menjaga bola di udara dengan seluruh bagian tubuh atau biasa disebut juggling dalam istilah sepak bola. 

Nantinya pengguna akan disandingkan dengan pengguna lain untuk berkompetisi dan pengguna yang paling banyak melakukan juggling dan paling banyak menggunakan bagian tubuh lain serta kreatif, akan menang. 

Pengguna akan dinilai oleh aplikasi, dimana aplikasi membuat sebuah algoritma AI atau Artificial Intelligence yang menilai pengguna saat berkompetisi. 

Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna membutuhkan smartphone iOS atau Android namun wajib memiliki kamera. 

Nantinya seluruh gerakan pengguna akan dilihat aplikasi menggunakan kamera dan pengguna juga bisa melihat pesaing lain melalui kamera. 

Untuk mulai bermain, pengguna harus memiliki NFT yang terikat dengan Dotmoovs yang tersedia dalam komunitasnya bernama Moovclub. 

Pengguna wajib membeli NFT ini untuk mulai menggunakan aplikasinya, dimana nantinya NFT tersebut bisa digunakan sendiri atau disewakan ke pengguna lain untuk mendapat keuntungan. 

Mengenal Dotmoovs, Olahraga Sambil Tanding dan Cuan
Cara Menggunakan Dotmoovs

Setelah memiliki NFT pengguna bisa bermain dan kemudian mencari lawan untuk berkompetisi. Jika menang, maka pengguna akan mendapatkan imbalan berupa Token MOOV. 

Terdapat enam cara menghasilkan dalam aplikasi ini, pertama adalah pertandingan biasa dimana pengguna bisa langsung mencari lawan dan berolahraga.  

Kedua adalah mengikuti liga dimana pengguna akan melawan beberapa pengguna lain dalam kompetisi sejenis turnamen.

Ketiga adalah imbalan saat sering menggunakan aplikasi ini, namun imbalan ini lebih kecil. 

Keempat adalah imbalan spesial saat mencapai tahap level tertentu, dimana semakin sering menang, maka level akan meningkat. 

Kelima dan Keenam adalah melakukan staking atau farming untuk menjaga perputaran dan likuiditas MOOV. 

Secara keseluruhan Dotmoovs sangat mudah untuk digunakan, namun karena baru berdiri di 2021, maka olahraga yang tersedia masih sangat sedikit yaitu hanya dua. 

Tapi kedepannya, pengguna akan memiliki pilihan lain tapi belum dipublikasi apa lagi olahraga yang akan tersedia. 

Kemungkinan besar Dotmoovs masih mengembangkan juri AI untuk menilai kompetisi olahraga baru tersebut. 

Mengenal Dotmoovs, Olahraga Sambil Tanding dan Cuan
Roadmap Dotmoovs

Menurut roadmapnya, olahraga baru tersebut kemungkinan besar akan dipublikasi pada akhir Tahun 2022 ini. 

Keunggulan Dotmoovs

Jika dibandingkan dengan beberapa proyek aplikasi olahraga lainnya, Dotmoovs memiliki beberapa keunggulan. 

Mengenal Dotmoovs, Olahraga Sambil Tanding dan Cuan
Perbandingan dengan Aplikasi Olahraga Lain

Pertama, Dotmoovs memberikan akses kepada pengguna untuk bertanding melawan pengguna lainnya. Selain itu, nantinya Dotmoovs juga akan memberikan akses agar pengguna bisa memainkan olahraga lainnya. 

Mayoritas platform olahraga akan terbatas pada satu atau dua olahraga saja, tapi Dotmoovs ingin terus berkembang. 

Selain itu yang inovatif adalah adanya juri berbasis Artificial Intelligence, jadinya kemungkinan untuk manipulasi atau curang menjadi sangat kecil. 

Keunggulan lainnya adalah adanya implementasi teknologi blockchain untuk penyimpanan data dan penerbitan token serta NFT. 

Terakhir adalah kemudahannya yang hanya membutuhkan smartphone dengan fitur kamera sehingga hampir semua orang bisa menggunakannya. 

Mengenal Dotmoovs, Olahraga Sambil Tanding dan Cuan
Perbandingan dengan Move to Earn Lain

Jika dibandingkan dengan dua proyek Move to Earn yang besar, yaitu STEPN dan Wirtual, Dotmoovs juga memiliki keunggulan sendiri. 

Salah satu keunggulan terbesarnya adalah fitur kompetisi yang diterapkan dalam aplikasi Dotmoovs. Hingga saat ini belum ada lagi aplikasi Move to Earn yang menerapkan mekanisme kompetisi. 

Selain itu keunggulan utamanya adalah penggunaan AI karena mayoritas aplikasi Move to Earn saat ini hanya menggunakan Pelacak GPS untuk menghitung imbalan. 

Terakhir adalah fitur penyewaan NFT jadi untuk pengguna yang hanya ingin membeli tapi tidak menggunakannya, tetap dapat keuntungan melalui penyewaan NFT untuk digunakan pengguna lain. 

Token Dotmoovs

Perlu diingat bahwa Dotmoovs memiliki satu token bernama MOOV yang digunakan sebagai imbalan. 

MOOV tidak digunakan sebagai Governance, jadi pemilik token tidak dapat memberi suara untuk menolak atau menyetujui pembaruan. 

Melihat nasib token imbalan yang sebelumnya di proyek Move to Earn atau Play to Earn lain, kemungkinan apresiasi harganya akan sangat kecil. 

Karena jika terlalu mahal pemilik proyek akan membutuhkan likuiditas yang tinggi serta untuk membelinya pengguna juga butuh modal yang besar untuk transaksi NFT di aplikasi ini. 

Tapi jika mengacu pada GMT apresiasi harga tetap menjadi hal yang mungkin. Meski begitu, jika mengacu pada SLP, dapat diketahui bahwa setiap apresiasi harga pasti akan berakhir untuk token imbalan. 

Mengenal Dotmoovs, Olahraga Sambil Tanding dan Cuan
Tokeneconomivs MOOV

MOOV sendiri memiliki persediaan terbatas pada 1 Miliar MOOV dimana saat ini yang beredar di pasar adalah 50% dari seluruh MOOV. 

Alokasi yang diberikan kepada tim dan penasihat hanya sekitar 10% yang merupakan alokasi kecil. Sehingga kemungkinan manipulasi harga akan sangat kecil.  

Harga MOOV saat ini berada di $0.0116 yaitu harga yang sama saat MOOV baru saja diterbitkan ke pasar. 

Jadi melihat saat ini sedang bear market, kemungkinan besar potensi apresiasinya masih sangat kecil. 

Secara keseluruhan, proyek ini adalah salah satu yang menarik dan layak untuk dicoba. Tapi untuk tokennya sendiri, potensi apresiasinya masih sangat kecil, terutama karena kondisi pasar. 

Top exchange
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin